Comscore Tracker

Cak Imin Usulkan 10 Menteri ke Jokowi, Siapa Saja Mereka?

Tak lama lagi Muktamar PKB akan diselenggarakan di Bali

Denpasar, IDN Times - Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar, disebut mengusulkan 10 nama calon menteri kepada Presiden terpilih, Joko Widodo atau yang akrab disapa Jokowi. Menanggapi usulan itu, Cak Imin tak menentukan target berapa yang akan dipilih Jokowi sebagai menteri nantinya.

1. Tidak ada target berapa nama yang akan dipilih oleh Jokowi

Cak Imin Usulkan 10 Menteri ke Jokowi, Siapa Saja Mereka?IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Muhaimin mengaku tidak ada target khusus berapa menteri yang akan dipilih oleh Jokowi dari usulannya. Tapi yang jelas, katanya, ia mengusulkan kandidat terbaik dari kader dan non kader.

"Kita tak ada target, kita usulkan terbaik baik kader dan non kader. Misi utamanya yang terbaik untuk membangun bangsa," kata dia usai bertemu Gubernur Bali, I Wayan Koster, Kamis (11/7).

2. SDM yang di-supply dari partai maupun non partai harus berkapasitas membanggakan dan unggul

Cak Imin Usulkan 10 Menteri ke Jokowi, Siapa Saja Mereka?IDN Times/Imam Rosidin

Cak Imin juga mengakui calon-calon menteri yang akan dipilih Jokowi nanti berasal dari kandidat yang terbaik. Sumber rekrutmen juga diharapkan menyiapkan yang terbaik untuk menyukseskan pembangunan bersama Jokowi.

"Belum tahu, harapannya semua sumber rekrutmen menyiapkan yang terbaik untuk kerja menyukseskan pembangunan di bawah kepemimpinan Jokowi," ujarnya.

"Sumber Daya Manusia (SDM) yang di-supply baik dari partai dan non partai harus berkapasitas membanggakan dan unggul," imbuhnya.

3. Apakah menyiapkan menteri dari kalangan millennial?

Cak Imin Usulkan 10 Menteri ke Jokowi, Siapa Saja Mereka?IDN Times/Daruwaskita

Selain itu, ia saat ini juga sedang menginventaris siapa saja nama-nama yang akan diusulkan dari kandidat kalangan pemuda atau millennial.

"Kita sedang inventaris kebutuhan yang terbaik," katanya saat ditanya apakah sudah menyiapkan menteri dari kalangan millennial.

Sebagaimana diketahui, Cak Imin beserta rombongan pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKB datang ke Bali untuk menemui Gubernur Bali, I Wayan Koster. Turut hadir dalam pertemuan tersebut adalah Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir; Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri; serta Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo.

Terkait hal tersebut, Koster mengaku pertemuan itu hanya sebatas membahas dukungan saat digelarnya Muktamar PKB ke-IV di Bali pada 20 Agustus mendatang. Ia berujar tidak membahas secara khusus terkait kabinet kerja pada pemerintahan Jokowi mendatang.

"Kita intens (Komunikasi dengan PKB). Kita tak menyinggung kabinet kerja. Hanya muktamar," kata Koster.

Baca Juga: PKB Muktamar di Bali, Cak Imin Minta Dukungan Gubernur Koster

Topic:

  • Irma Yudistirani

Just For You