Perjalanan Ahok Keluar dari Penjara, Hingga Pendukung Rela Tidak Tidur

Kini Ahok sudah meninggalkan Mako Brimob

Jakarta, IDN Times - Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dikabarkan sudah keluar dari Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat sekitar pukul 07.30 WIB.

Menurut staf pribadi Ahok yang juga caleg DPRD DKI dari PDIP, Ima Mahdiah, Ahok yang kini meminta dipanggil BTP, diketahui dijemput putra sulungnya, Nicholas Sean, dan perwakilan dari tim BTP langsung menuju kediaman.

Sementara di kediaman Ahok, Perumahan Pantai Mutiara Pluit, Jakarta Utara, kondisinya masih normal. Belum terlihat warga ataupun pendukung Ahok yang memadati sekitar perumahan tersebut.

Pantauan IDN Times sejak pukul 08.00 WIB, tidak terlihat pengamanan ketat di perumahan tersebut. Hanya ada sekitar enam petugas keamanan kompleks yang berjaga.

1. Kalapas menyebut jika Ahok sudah meninggalkan Mako Brimob

Perjalanan Ahok Keluar dari Penjara, Hingga Pendukung Rela Tidak TidurIDN Times/Irfan Fathurohman

Kepala Lembaga Pemasyarakatan Klas 1 Cipinang, Andika Dwi Prasetya, memastikan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok sudah meninggalkan Mako Brimob, Kamis (24/1) pagi. Ia bebas murni mulai hari ini. 

Kepada wartawan di Lapas Cipinang, Andika mengungkapkan Ahok keluar Mako Brimob sekitar pukul 07.00 WIB.

2. Surat lepas sebagai bujti sah bebas sudah diterima Ahok

Perjalanan Ahok Keluar dari Penjara, Hingga Pendukung Rela Tidak TidurIDN Times/Irfan Fathurohman

Andika melanjutkan, Ahok langsung kembali ke keluarganya. Dia juga sudah mengurus semua berkas kebebasannya. Mantan Bupati Belitung Timur itu juga sudah menerima surat lepas sebagai bukti sah dia bebas dari tahanan.

"Administrasinya kami siapkan di (Lapas) Cipinang, pelaksanaannya di Mako Brimob. Hanya penyelesaian seperti penyerahan surat lepas, pencatatan buku keluar, pengambilan sidik jari," ujarnya.

3. Pendukung Ahok rela menginap di Mako Brimob demi menyaksikan Ahok bebas dari penjara

Perjalanan Ahok Keluar dari Penjara, Hingga Pendukung Rela Tidak TidurIDN Times/Irfan Fathurohman

Bebasnya mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, mendatangkan kebahagiaan tidak hanya bagi keluarga tapi juga pendukungnya. 

Seorang pendukung Ahok atau Ahoker, sengaja menginap di Mako Brimob, demi bisa menyaksikan detik-detik Ahok bebas dari penjara Mako Brimob, Depok, Jawa Barat hari ini, Kamis (24/1).

Ahokers bernama Ramjan (49) ini mengaku datang dari Jatinegara, Jakarta Timur, sejak Rabu (23/1) sore kemarin pukul 18.00 WIB. Ahoker yang duduk di kursi roda ini mengaku sengaja datang untuk melihat Ahok keluar dari Mako Brimob.

"Aku kagum sama Beliau, banyak kenanganku sama Beliau. Aku punya foto sama Beliau,” ujar Ramjan sambil memperlihatkan fotonya bersama Ahok di Balai Kota DKI Jakarta.

Sebagai warga Jakarta, Ramjan pernah merasakan kepemimpinan Ahok selama menjadi Gubernur DKI Jakarta. Menurutnya, Ahok adalah sosok pemimpin yang tegas tapi juga merakyat.

“Aku penyandang disabilitas, selama Ahok menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta aku pernah diterima cuma-cuma ketika datang ke sana, welcome sekali Pak Ahok,” ucap pria kelahiran Manado itu.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya