Comscore Tracker

Kuliner Serombotan Khas Klungkung Bakal Jadi Warisan Budaya

Wah, mimin pernah makan ini. Enak banget. Pedas gimana gitu

Klungkung, IDN Times - Kamu pernah makan serombotan gak? Kuliner khas Klungkung ini rencananya akan didaftarkan sebagai warisan budaya tak benda lho. Pengusulan kuliner yang identik dengan rasa pedas ini akan diberlakukan tahun 2020 mendatang.

Serombotan sendiri berisi sayur-sayuran. Biasanya terdiri dari kecambah, kacang panjang, bayam, kangkung, buncis, pare, dan terung bulat. Sayuran tersebut direbus kemudian beberapa di antaranya dipotong-potong agar mudah disantap. Namun sayuran itu terkadang bisa berganti-ganti sesuai selera.

Bagaimana dengan bumbunya? Sayur-sayuran tersebut kadang-kadang disiram dengan bumbu seperti sambal kelapa parut; atau bumbu kacang; atau bumbu cabai, garam, terasi, dan perasan buah jeruk purut.

1. Serombotan merupakan kuliner khas Klungkung dan berkembang ke wilayah lain

Kuliner Serombotan Khas Klungkung Bakal Jadi Warisan BudayaIDN Times/Wayan Antara

Kepala Dinas (Kadis) Kebudayaan, Pemuda dan Olah Raga Klungkung, I Nengah Sudiarta, menjelaskan pengusulan serombotan sebagai warisan budaya karena merupakan kuliner asli dan khas dari Kabupaten Klungkung, yang berkembang ke berbagai daerah lain di Bali.

"Tahun depan kami akan usulkan serombotan sebagai warisan budaya tak benda asal Klungkung," ujar Nengah Sudiarta, Selasa (22/10).

2. Kumpulkan berbagai referensi terkait sejarah kuliner serombotan

Kuliner Serombotan Khas Klungkung Bakal Jadi Warisan BudayaIDN Times/Wayan Antara

Mulai saat ini, Dinas Kebudayaan sedang mengumpulkan berbagai referensi terkait berkembangnya kuliner serombotan. Seperti bagaimana sejarah kuliner serombotan, hingga filosofi di balik kuliner dengan bahan dasar sayur-sayuran ini.

"Nanti usulan itu, akan disertai dengan referensi. Kami sekarang tengah mencari tokoh yang mengetahui dan berkompeten untuk memberikan segala informasi tentang serombotan ini," ungkap Sudiarta.

3. Tahun Ini Tari Baris Jangkang jadi warisan budaya

Kuliner Serombotan Khas Klungkung Bakal Jadi Warisan BudayaIDN Times/Wayan Antara

Pengusulan serombotan sebagai warisan budaya, sebenarnya sudah diupayakan tahun ini. Hanya saja, tahun ini Kementerian Kebudayaan telah menobatkan Tari Baris Jangkang asal Banjar Pelilit, Nusa Penida sebagai warisan budaya.

"Tahun ini Tari Baris Jangkang sudah dinobatkan sebagai warisan budaya tak benda. Setelah menjadi warisan budaya, nanti Pemkab mendapat dana pelestarian dari Kementerian," jelas Sudiarta.

Baca Juga: Bangga! 13 Tradisi Bali Masuk Warisan Budaya Tak Benda Indonesia 2018

Topic:

  • Irma Yudistirani

Just For You