8 Rumah Dilaporkan Rusak Pascagempa Karangasem

Total terjadi 17 kali gempa susulan di Karangasem

Karangasem, IDN Times - Gempa beruntun mengguncang Kabupaten Karangasem, Selasa (13/12/2022) sore. Gempa magnitudo 5,2 tersebut terjadi sekitar pukul 18.38 Wita. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karangasem menyebutkan, warga di Kecamatan Kubu dan Kecamatan Manggis merasakan gempa.

Intensitas sedang dirasakan warga setempat dengan durasi 1 sampai 3 detik. Guncangan itu membuat panik warga hingga keluar rumah. Kepanikan juga terpantau di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Karangasem dan Rumah Sakit Balimed Karangasem.

Baca Juga: [BREAKING] Gempa di Bali Akibat Aktivitas Sesar Naik Flores

1. Delapan unit rumah mengalami kerusakan pascagempa

8 Rumah Dilaporkan Rusak Pascagempa KarangasemSuasana RS Bali Med Karangasem pascagempa (Dok.IDN Times/RS Bali Med Karangasem)

Pelaksana Tugas Plt) Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, menerima laporan sementara dari Pusat Pengendalian Operasi BNPB bahwa 8 unit rumah warga dan 1 balai banjar mengalami kerusakan.

Tim Reaksi Cepat BPBD Karangasem berada di lokasi untuk melakukan kaji cepat pascagempa. Pihaknya juga berkoordinasi dengan kecamatan untuk membantu pengecekan di lokasi terdampak.

Untuk mengantisipasi adanya evakuasi warga, BPBD dan instansi lainnya mendirikan 3 tenda pengungsian di RSUD Karangasem. Seorang warga juga dilarikan ke RSUD Karangasem karena mengalami luka ringan pascagempa.

2. Sempat beredar hoaks RS Balimed Karangasem mengalami kerusakan

8 Rumah Dilaporkan Rusak Pascagempa KarangasemIlustrasi Gempa (IDN Times/Arief Rahmat)

BPBD Karangasem juga melakukan pengecekan langsung ke Rumah Sakit Balimed Karangasem akibat beredarnya video yang menyebutkan bahwa lantai tiga rumah sakit tersebut jebol.

Namun dari peninjauan langsung di lokasi, tidak ada kerusakan. Hanya pasien, penunggu pasien, dan para staf RS panik berhamburan keluar.

"BPBD Kabupaten Karangasem memberikan informasi adanya hoaks atau berita palsu yang menyebutkan kerusakan di RS Balimed," ungkap Abdul Muhari melalui rilis resmi yang diterima IDN Times Bali.

Warga diharapkan tidak terpancing berita hoaks dan memonitor informasi dari sumber resmi seperti BNPB, BMKG maupun BPBD setempat.

3. Total terjadi 17 gempa susulan

8 Rumah Dilaporkan Rusak Pascagempa KarangasemIlustrasi gempa (IDN Times/Arief Rahmat)

Gempa yang berada di laut 23 kilometer Timur Laut Karangasem dengan kedalaman 10 kilometer dirasakan warga di berbagai wilayah. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis intensitas kekuatan gempa dengan skala Modified Mercalli Intensity (MMI) di wilayah Karangasem III – IV MMI, Mataram, Lombok Utara, Lombok Tengah dan Lombok Barat III MMI, Tabanan, Kuta, Buleleng dan Lombok Timur II MMI.

Berdasarkan pemodelan BMKG, gempa ini tidak berpotensi tsunami. Total terjadi gempa susulan sebanyak 17 kali yang tercatat alat WRS Inatews di Kantor BPBD Karangasem.

BPBD Karangasem melakukan pemasangan dua unit Tenda Pengungsi di RSUD Karangasem untuk para pasien yang trauma akibat gempa susulan.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya