Siaga Arus Balik, Polres Tabanan Fokus di Dua Titik Pengamanan

Arus balik diperkirakan mulai pada hari ini

Tabanan, IDN Times - Arus balik para pemudik lebaran Idul Fitri 1444 Hijriyah diprediksi akan dimulai pada Senin (24/4/2023).  Untuk ini, Polres Tabanan sudah bersiap mengamankan jalannya arus balik tersebut.

Ada dua titik pengamanan yang menjadi fokus utama pihak Polres Tabanan. Dalam menjaga keamanan arus balik ini,  sebanyak 208 personel diterjunkan.

Baca Juga: Kapolda Bali Cek Kesiapan Pos Pelayanan Terpadu Desa Selabih

1. Mekanisme pengamanan sama dengan lebaran tahun lalu

Siaga Arus Balik, Polres Tabanan Fokus di Dua Titik PengamananPengamanan arus lalu lintas oleh Polres Tabanan (instagram.com/polres_tabanan)

Kasat Lantas Polres Tabanan AKP Kanisius Franata mengatakan, mekanisme pengamanan arus balik tahun 2023 ini sama dengan arus mudik di Tabanan tahun sebelumnya. Setidaknya ada dua titik pengamanan yang menjadi fokus utama, yaitu pos terpadu Selabih Kecamatan Selemadeg Barat dan pos Masjid Kecamatan Kediri.

Sementara itu, lima pos stand by dijalankan untuk menjaga aktivitas arus balik lebaran, yaitu:

1. Pos pelayanan Ulun Danu Jalan Denpasar-Singaraja
2. Pos pelayanan di Selabih Jalan Denpasar-Gilimanuk
3. Pos pelayanan Adipura di Jalan Ir Soekarno, Kecamatan Tabanan
4. Pos PAM Masjid Kediri Jalan Ahmad Yani Abiantuwung, Kecamatan Kediri
5. Pos PAM Tanah Lot, Kecamatan Kediri.

2. Jalur utama dijaga setiap dua jam

Siaga Arus Balik, Polres Tabanan Fokus di Dua Titik PengamananPengamanan arus lalu lintas oleh Polres Tabanan (instagram.com/polres_tabanan)

Franata melanjutkan kedatangan orang, barang, dan kendaraan dari arah Gilimanuk menuju Denpasar menjadi perhatian utama. Oleh karena itu, Polres Tabanan terus melakukan patroli di tempat atau objek wisata, serta menjaga jalur utama setiap dua jam untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat.

"Kami juga sudah menyiapkan rekayasa lalu lintas apabila terjadi kemacetan. Menggelar patroli ke daerah rawan kecelakaan, dan pengawalan bagi masyarakat yang mudik bersama. Diharapkan langkah ini bisa mengurangi jumlah kecelakaan di wilayah Polres Tabanan," ujarnya, Senin (24/4/2023)

3. Pelanggaran lalu lintas diharapkan menurun tahun 2023 ini

Siaga Arus Balik, Polres Tabanan Fokus di Dua Titik PengamananIlustrasi kecelakaan (IDN Times/Sukma Shakti)

Berdasarkan data pada tahun 2021 terdapat 1 korban meninggal dunia pada saat arus mudik, sementara pada tahun 2022 terjadi 15 kejadian lakalantas dengan 21 orang luka ringan.  Total pelanggaran juga meningkat dari 408 pada tahun 2021 menjadi 597 pada tahun 2022.

Dengan upaya-upaya yang dilakukan Polres Tabanan tahun 2023 ini, dia berharap pelanggaran lalu lintas pada momen arus balik bisa menurun dibandingkan tahun sebelumnya. "Polres Tabanan  tetap memusatkan perhatian pada pos Masjid Kediri dan tanjakan Sam-sam yang menjadi daerah rawan kecelakaan," ujar Franata.

Dalam menjaga arus balik tetap aman, Polres Tabanan juga berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan dan PU terkait penggunaan Rest Area. Namun, Polres Tabanan mengimbau masyarakat, yang akan arus balik untuk memperhatikan kondisi kendaraan sebelum kembali ke Bali, menjaga kondisi tubuh masing-masing, dan mengetahui informasi darurat selama melaksanakan perjalanan. 

Baca Juga: Daftar 12 Ruas Tol yang Beri Diskon 20 Persen saat Arus Balik Lebaran

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya