Comscore Tracker

Anggota Polda Bali Jalani Vaksinasi COVID-19, Ini Tahapannya

Yuk, bisa yuk. Semangat Pak dan Ibu polisi!

Denpasar, IDN Times – Anggota Kepolisian Daerah (Polda) Bali akhirnya mendapatkan suntikan vaksin COVID-19, pada Senin (1/3/2021). Vaksinasi ini dilakukan di dua lokasi yaitu Gedung Perkasa Raga Garwita (PRG), dan Rumah Sakit Bhayangkara Polda Bali. Kapolda Bali, Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra, menyampaikan pihaknya menerima jatah vaksin COVID-19 sebanyak lima ribu vial untuk 2.500 personel.

“Kita tahu bahwa anggota Polri Polda Bali jumlahnya 13.306 orang. Ini akan terus bertahap sesuai dengan pengiriman vaksin yang akan datang secara bertahap ke Provinsi Bali,” jelasnya, Senin (1/3/2021).

Baca Juga: Pengalaman Vaksinasi Jurnalis IDN Times Bali, Jujur Takut Jarum Suntik

1. Sebanyak 1.726 personel Bhabinkamtibmas jadi target pertama vaksinasi

Anggota Polda Bali Jalani Vaksinasi COVID-19, Ini TahapannyaAnggota Polda Bali yang menerima vaksinasi COVID-19 (Dok.IDN Times/Humas Polda Bali)

Jayan Danu menjelaskan, sebanyak 1.726 personel Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) menjalani vaksinasi pertama. Mereka akan divaksinasi secara bertahap. Yaitu 200 orang per hari. Setelah mereka, sisanya adalah lingkungan Polda Bali seperti para pejabat utama. Baru setelah itu adalah personel yang melayani masyarakat seperti Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) hingga pelayanan Surat Izin Mengemudi (SIM).

“Untuk tahap pertama ini seluruh Bhabinkamtibmas. Seluruh Bhabinkamtibmas. Memang Bhabinkamtibmas kita ini berdasarkan desa yang ada sekitar 1.726 para Bhabinkamtibmas akan kita beri pelayanan dulu,” terangnya.

2. Targetnya 200 personel per hari yang divaksinasi

Anggota Polda Bali Jalani Vaksinasi COVID-19, Ini TahapannyaDir Reskrimum Polda Bali yang menerima vaksinasi COVID-19 (Dok.IDN Times/Humas Polda Bali)

Jumlah target yang terlayani nantinya akan dievaluasi lagi sesuai dengan kecepatan vaksinasi per hari dan jatah kiriman vaksin COVID-19. Jika temponya memungkinkan lebih cepat dan bisa di atas 200 personel per hari, maka jumlah target terlayani bisa ditingkatkan.

“Saya tekankan kepada anggota kita walaupun sudah divaksin tetap mematuhi protokol kesehatan. Tetap juga melaksanakan tugas khususnya dalam rangka pelaksanaan PPKM skala mikro ini, yang menjadi tumpuan kita agar masyarakat di Pulau Bali ini segera bisa mengatasi pandemik,” ungkap Jayan Danu.

3. TNI/Polri termasuk garda terdepan bersama nakes lainnya

Anggota Polda Bali Jalani Vaksinasi COVID-19, Ini TahapannyaAnggota Polda Bali yang menerima vaksinasi COVID-19 (Dok.IDN Times/Humas Polda Bali)

Pencanangan vaksinasi COVID-19 di Provinsi Bali telah berjalan sejak 13 Januari 2021 lalu. Sasaran utamanya adalah tenaga kesehatan (Nakes) yang tercatat 64.353 orang yang selesai menjalani vaksinasi. Berikutnya adalah TNI/Polri sebagai garda terdepan dalam mendukung penanganan COVID-19.

“Terlebih lagi dalam pelaksanaan PPKM berskala mikro di tingkat desa dengan menerapkan 3T (Testing, Tracing, dan Treatment) bersama petugas kesehatan,” ungkap Jayan Danu.

Baca Juga: Penerima Vaksinasi Harus Menjawab 16 Pertanyaan Tentang Komorbid

Topic:

  • Ayu Afria Ulita Ermalia
  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya