Satpam di Bali Diminta Bisa Cepat Melapor ke Satgas COVID-19

Mereka bertugas mengawasi penerapan aplikasi PeduliLindungi

Badung, IDN Times – Polda Bali mengapelkan puluhan Satuan Pengamanan (Satpam) di Pantai Kuta, Kabupaten Badung, pada Senin (20/9/2021) pukul 09.00 Wita. Kegiatan apel ini disebut dalam rangka pembentukan Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 Satuan Pengamanan Wilayah Bali. 

Baca Juga: Isi Peraturan Ganjil Genap di Kuta dan Sanur Bali, Catat Ya! 

1. Satpam disebut binaan Polri yang memiliki kesamaan tugas pengamanan

Satpam di Bali Diminta Bisa Cepat Melapor ke Satgas COVID-19Apel Satpam pengawas Peduli Lindungi di Bali. (IDN Times/Ayu Afria)

Usai apel, Kapolda Bali, Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra, menyampaikan bahwa para Satpam ini merupakan binaan Polri yang memiliki kesamaan tugas pengamanan. Dengan adanya penerapan aplikasi PeduliLindungi di tempat kerja, perkantoran, mall, dan tempat umum lainnya, peranan Satpam dalam pengawasan sangat diperlukan.

“Bagian dari Pam Swakarsa yang memang di bawah binaan Polri. Mereka tugas-tugasnya adalah mirip dengan tugas kami, melaksanakan pengamanan dan tugas-tugas yang berkaitan dengan penanganan COVID-19,” jelasnya.

2. Mereka yang yang terlibat merupakan satpam di seluruh Bali

Satpam di Bali Diminta Bisa Cepat Melapor ke Satgas COVID-19Apel Satpam pengawas Peduli Lindungi di Bali. (IDN Times/Ayu Afria)

Putu Jayan Danu mengungkapkan para Satpam ini dikoordinir dan diberikan pemahaman. Harapannya, apabila nanti dalam melaksanakan pengawasan PeduliLindungi menemukan warna hitam, mereka akan terbiasa melakukan pelaporan ke Satgas COVID-19. Warna hitam pada aplikasi PeduliLindungi menandakan pengguna aplikasi tersebut terkonfirmasi positif COVID-19 atau memiliki riwayat kontak erat dengan pasien COVID-19.

“Bisa mengomunikasikan dengan baik. Jadi tidak kemudian kalau ditemukan, orang ini tidak dibiarkan saja. Tapi karena kita merupakan satu kesatuan tugas penanggulangan COVID-19 Provinsi Bali, kami mulai dari sekarang lebih optimal lagi,” ungkapnya.

Satpam yang terlibat ini merupakan satpam di seluruh Bali yang terbentuk di lingkungan kerjanya masing-masing yang menggunakan jasa satpam.

3. Peran Satpam tetap sesuai dengan fungsi dan tugasnya

Satpam di Bali Diminta Bisa Cepat Melapor ke Satgas COVID-19Apel Satpam pengawas Peduli Lindungi di Bali. (IDN Times/Ayu Afria)

Putu Jayan Danu juga menyebutkan sejauh ini satpam telah melakukan tugasnya melakukan pengamanan di tempat kerjanya masing-masing. Baik tugas preventif (pencegahan) maupun represif secara terbatas yang diartikan sesuai dengan kewenangannya.

“Satpam sudah tegas sesuai dengan fungsi dan tugasnya. Melaksanakan tugas-tugas keamanan di lingkungan kerjanya masing-masing,” jelas Putu Jayan Danu.

Topik:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya