Comscore Tracker

8 Potret Baksos Motor Besar Indonesia Wilayah Bali, Berbagi Bersama  

Semoga semeton terbantu ya

Badung, IDN Times – Motor Besar Indonesia (MBI) Wilayah Bali menggelar bakti sosial serempak pada Sabtu (28/8/2021). Klub motor gede (moge) ini memberikan bibit ikan lele hingga menggelar sunatan massal.

“Pembina kami dari Komandan Denpom. Jadi idenya dari beliau. Pemrakarsa untuk kegiatannya. Jadi dalam satu hari itu, sebenarnya seharusnya paginya riding untuk kegiatan baksos di seluruh Bali, sorenya baru di sini,” ungkapnya.

Mulanya acara tersebut akan digelar pada 7 Agustus 2021, namun terpaksa diundur. “Karena PPKM, jadi baksosnya tetap dilangsungkan ditanggal 7 (Agustus 2021). Tapi untuk kegiatan di discovery-nya diundur. Karena di discovery sunatan massal, donor darah, sama screening katarak gratis. Nah itu disupport dari Denpom dan Kesdam,” ungkap Ketua MBI Bali, I Gede Agus Mahartika yang kerap disapa Gde Maha.

Acara itu diikuti oleh perwakilan 28 klub moge di Bali dan dihadiri oleh Pembina Kehormatan Motor Besar Indonesia Wilayah Bali, Letkol CPM Yudhi Efrima Surya. Seperti apa keseruan acara tersebut? Berikut beberapa potret bakti sosial oleh MBI Wilayah Bali:

Baca Juga: Nusa Lembongan Dapat Hibah Alat Pengubah Air Laut Jadi Air Tawar

1. Berikan bibit lele untuk masyarakat di dua kabupaten di Bali

8 Potret Baksos Motor Besar Indonesia Wilayah Bali, Berbagi Bersama  MBI wilayah Bali melakukan bakti sosial pemberian bibit ikan lele (Dok.IDN Times/MBI Bali)

MBI wilayah Bali juga mendukung warga di dua kabupaten yaitu Buleleng dan Jembrana dengan memberikan bibit ikan lele. Ada sebanyak 3.000 bibit lele dan 100 ekor bibit ayam yang disumbangkan di Kabupaten Buleleng. Selain itu, sebanyak 12.500 bibit lele diberikan kepada masyarakat Jembrana.

“Bibit semuanya. Kami support dari awal itu membuat baksi sosial berkesinambungan. Karena kan biasanya bakti sosial ini apa yang kita berikan biasanya hanya bisa bertahan satu minggu saja,” jelas Gde Maha.

2. Bantuan untuk musisi jalanan tuna netra di Kabupaten Gianyar

8 Potret Baksos Motor Besar Indonesia Wilayah Bali, Berbagi Bersama  MBI wilayah Bali melakukan bakti sosial (Dok.IDN Times/MBI Bali)

Bantuan juga diberikan untuk 10 orang musisi tuna netra di Kabupaten Gianyar. “Jadi musisi jalanan tuna netra. Karena kan pandemik ini efeknya keras bagi mereka. Istilahnya, teman-teman tuna netra ini kan (musisi) melakukan aktivitas bekerja kan karena ada event. Sedangkan selama pandemik kan tidak ada event,” jelas Gde Maha didampingi Wakil Ketua MBI Bali, Eddy Sosiawan Thaif.

3. Bantuan sembako untuk 1.000 orang

8 Potret Baksos Motor Besar Indonesia Wilayah Bali, Berbagi Bersama  MBI wilayah Bali melakukan bakti sosial (Dok.IDN Times/MBI Bali)

Bantuan sembako diberikan kepada beberapa masyarakat di 8 kabupaten dan 1 kota madya di wilayah Provinsi Bali. Dana yang terkumpul mencapai Rp88.661.000. Bantuan sembako ini menyasar sekitar 1.000 orang lebih di wilayah Bali. Diperkirakan bantuan tersebut cukup untuk digunakan hingga 10 hari.

“Sembako ya. Ya bahan pokok. Ada berasnya, ada telur, yang bisa untuk panganlah,” ungkap Gde Maha.

Selain itu, rider-rider moge ini juga memiliki agenda membagikan nasi bungkus di beberapa wilayah di Kota Denpasar. Dalam satu jam, diperkirakan 1.000 bungkus nasi telah diberikan kepada masyarakat.

4. Sunatan massal menyasar berbagai kalangan

8 Potret Baksos Motor Besar Indonesia Wilayah Bali, Berbagi Bersama  Sunatan massal yang digelar oleh klub MBI wilayah Bali (Dok.IDN Times/MBI Bali)

Agenda sunatan massal diikuti oleh setidaknya 25 anak dari berbagai kalangan.  Acara yang diselenggarakan atas kerja sama dengan Kesdam IX/Udayana tersebut berlangsung mulai pukul 10.30 Wita. 

“Kami buka umum. Ada panitia,” jelas Gde Maha. Dalam pelaksanaannya, anak laki-laki yang disunat ini juga didampingi oleh orangtua mereka.

5. Donor darah diikuti oleh puluhan orang

8 Potret Baksos Motor Besar Indonesia Wilayah Bali, Berbagi Bersama  Donor darah yang digelar oleh klub MBI wilayah Bali (Dok.IDN Times/MBI Bali)

Sedangkan kegiatan donor darah dilakukan mulai pukul 14.00 Wita yang diikuti oleh lebih dari 26 orang.

“Teman-teman biker yang supporting pada kegiatan baksos sebelumnya, kalau ada yang mau donor darah dipersilakan," ucap Gde Maha. 

6. Screening katarak merupakan support dari Kesdam IX/Udayana

8 Potret Baksos Motor Besar Indonesia Wilayah Bali, Berbagi Bersama  Baksos yang digelar oleh klub MBI wilayah Bali (Dok.IDN Times/MBI Bali)

Pelaksanaan screening katarak juga terselenggara atas dukungan dari Kesdam IX/Udayana dan terbuka untuk umum. Mereka yang memerlukan operasi, difasilitasi oleh pihak Kesdam tanpa dipungut biaya.

“Jadi di sini screening-nya. Jadi kalau memang bisa diobati, akan diobati. Diberikan obat. Tapi kalau dioperasi, harus dioperasi di Kesdam IX/Udayana. Itu gratis,” jelasnya.

7. Support untuk UMKM milik warga Kuta

8 Potret Baksos Motor Besar Indonesia Wilayah Bali, Berbagi Bersama  MBI wilayah Bali melakukan bakti sosial (Dok.IDN Times/MBI Bali)

Gde Maha mengungkapkan bahwa pelaksanaan baksos tersebut guna mendorong ekonomi kerakyatan, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dan pariwisata. Terlebih saat masa pandemik ini, di mana kegiatan pariwisata di Bali mati.

“Yang lebih banyak melakukan kegiatan bergerak adalah sosial dari teman-teman biker sebenarnya,” katanya. UMKM yang disupport oleh pihak MBI merupakan UMKM milik warga Kuta, Kabupaten Badung.

8. Danpom IX/3 Udayana mengharapkan baksos terus dilakukan bersama

8 Potret Baksos Motor Besar Indonesia Wilayah Bali, Berbagi Bersama  MBI wilayah Bali melakukan bakti sosial (Dok.IDN Times/MBI Bali)

Sementara itu, Pembina MBI Wilayah Bali, Komandan Denpom IX/3 Denpasar, Letkol CPM Yudhi Efrima Surya, menyampaikan bahwa kegiatan ini bagian dari menyatukan rekan-rekan yang memiliki klub motor dengan melakukan aksi bersama membantu masyarakat yang terdampak.

“Kalau kegiatannya sendiri dan hasilnya juga kecil. Namun kalau berbanyak, tentu hasilnya besar dan juga tidak terasa. Karena semuanya berpartisipasi dalam berbagi,” ungkapnya.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya