Pesawat Lion Air dari Bali Tujuan Jakarta Bermasalah, Penumpang Panik

Otoritas Bandara sebut terjadi gangguan teknis

Badung, IDN Times – Mesin pesawat Lion Air tujuan Denpasar-Jakarta-Medan disebut tiba-tiba mati ketika hendak terbang, pada Jumat (22/10/2021). Kejadian itu membuat para penumpang panik.

Peristiwa tersebut terekam dalam sebuah video yang viral di media sosial (Medsos) Instagram. Kepala Otoritas Bandara Wilayah IV, Putu Eka Cahyadi, membenarkan bahwa pesawat Lion Air rute Denpasar-Jakarta-Medan sempat bermasalah. Berikut ini penjelasannya:

Baca Juga: Syarat Terbaru Keluar Masuk Bali Melalui Bandara Ngurah Rai

1. Dalam video terekam kepanikan penumpang pesawat Lion Air

Pesawat Lion Air dari Bali Tujuan Jakarta Bermasalah, Penumpang PanikInstagram.com/infopublic.id

Dalam video berdurasi 14 detik tersebut terekam para penumpang yang panik semuanya langsung berdiri. Selain itu juga terdengar suara tangisan. Pada video itu terdapat keterangan yang bertuliskan:

“Pesawat Lion Air mati mendadak saat mau flight penerbangan Denpasar-Jakarta-Medan. Semua penumpang minta ganti pesawat karena ketakutan tapi pihak Lion Air masih memaksa tetap di pesawat ini.” 

Dikonfirmasi terkiat hal ini, Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro, belum memberikan respons hingga berita ini diterbitkan.

2. Pesawat Lion Air tersebut sudah tiba dengan selamat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta

Pesawat Lion Air dari Bali Tujuan Jakarta Bermasalah, Penumpang PanikInstagram.com/infopublic.id

Kepala Otoritas Bandara Wilayah IV, Putu Eka Cahyadi, saat dikonfirmasi membenarkan bahwa peristiwa tersebut terjadi hari ini. Namun saat ini pesawat sudah sampai di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (CGK) dalam kondisi selamat.

“Aman. Betul (kejadian tersebut hari ini). Tapi aman. Pesawat juga sudah sampai di Cengkareng dengan selamat. Seluruhnya dilakukan sesuai prosedur,” jawabnya pada Jumat (22/10/2021), pukul 18.00 Wita.

3. Pesawat sempat mengalami gangguan teknis dan sudah dilakukan penanganan lebih lanjut

Pesawat Lion Air dari Bali Tujuan Jakarta Bermasalah, Penumpang PanikIlustrasi Pesawat Lion Air. (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Menurut Putu Eka Cahyadi, pesawat Lion Air tersebut terbang dari Denpasar menuju Jakarta. Namun kemungkinan yang merekam kondisi di dalam pesawat saat itu merupakan penumpang tujuan Medan.

Ia menegaskan, kadang cerita versi penumpang berbeda dengan kenyataan teknisnya. Namun sejauh ini, menurutnya, kondisi masih bisa diatasi dan dinyatakan aman. Semuanya dilaksanakan sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku.

“Intinya ada gangguan teknis dan sesuai prosedur dilakukan penanganan lebih lanjut, sehingga pesawat dinyatakan laik terbang dan beroperasi kembali,” jelasnya.

Topik:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya