Pertumbuhan Travel Pulih Hingga 70 Persen Tahun Ini

Astungkara semakin melejit

Badung, IDN Times - Di tengah momentum kebangkitan pariwisata nasional, penyelenggaraan travel fair diharapkan dapat mengoptimalkan trafik penumpang. Namun diharapkan juga dapat mendorong komitmen berkelanjutan dalam mendorong pertumbuhan ekonomi daerah khususnya pasca pandemik saat ini.

Disampaikan oleh Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra bahwa perjalanan udara pasca pandemik untuk kebutuhan travelling terus bergerak dinamis, khususnya di tengah berbagai kebijakan pendukung yang diterapkan pemerintah.

Baca Juga: 7 Potret Mandapa Reserve, Tempat Syahrini Liburan di Bali

Baca Juga: 5 Produk Selai Homemade dari Bali, Bisa untuk Oleh-Oleh

1. Dalam seminggu ada 150 flight Garuda Indonesia ke Bali

Pertumbuhan Travel Pulih Hingga 70 Persen Tahun IniFreepik

Direktur Niaga dan Layanan Garuda Indonesia, Ade R. Susardi mengatakan saat ini trafik penerbangan maskapai Garuda Indonesia ke Bali mencapai 150 flight per minggunya. Baik dari rute domestik maupun internasional. Pihaknya mengakui bahwa saat ini daerah yang paling siap untuk wisatawan di Indonesia adalah Bali.

"Dalam sehari penerbangan dari Jakarta ke Bali menggunakan pesawat Garuda mencapai 7 hingga 9 kali. Ini belum termasuk rute luar negeri," jelasnya.

2. Pertumbuhan travel meningkat 10 persen dibandingkan tahun sebelum pandemik

Pertumbuhan Travel Pulih Hingga 70 Persen Tahun Inipxhere.com

Kondisi travel Indonesia diungkap SEVP Micro & Consumer Finance Bank Mandiri, Josephus K. Triprakoso bahwa saat pandemik COVID-19 merupakan kondisi paling drop. Jika dibandingkan tahun 2022 dan 2023, saat ini pertumbuhan travel sangat cepat.

"Saat ini jadi pertumbuhannya bisa kami bilang meningkat 70 persen semester I dibandingin tahun 2022. Dan baiknya lagi adalah ternyata lebih tinggi 10 persen sebelum masa pandemik. Artinya travel itu sudah mulai pulih," jelasnya.

Beberapa tambahan benefit bagi nasabahnya yang ingin bepergian di dalam dan luar negeri menggunakan Garuda Indonesia. Yaitu diskon hingga Rp2 juta dengan mandiri debit dan kredit, flash sale dan kemudahan pembayaran cicilan hingga 12 bulan. Selain itu, Bank Mandiri juga memberikan kemudahan bagi nasabah yang lupa PIN atau kehilangan kartu kreditnya dalam perjalanan dapat menggunakan fitur ubah PIN dan blokir kartu sementara di aplikasi Livin' by Mandiri.

3. Peningkatan transaksi capai 60 persen saat travel pair

Pertumbuhan Travel Pulih Hingga 70 Persen Tahun IniPexels/Fabrizio Verrecchia

Disebutkan CEO of Transport Traveloka, Iko Putera bahwa antusiasme terlihat dengan peningkatan transaksi hingga 60% selama periode promo berlangsung di kesempatan travel fair yang sebelumnya dibandingkan dengan periode biasa.

"Memasuki pertengahan tahun, kami sangat antusias melihat kondisi sektor pariwisata yang semakin positif dan terus tumbuh," jelasnya.

Selain antusiasme masyarakat yang semakin positif, hal ini didukung pula oleh beberapa faktor mulai dari momentum hari libur keagamaan dan libur sekolah, ajang turnamen atau olahraga, hingga fenomena festival musik dan konser di berbagai negara.

Topik:

  • Silfa Humairah Utami

Berita Terkini Lainnya