Daftar Fasilitas Kesehatan di Nusa Penida

Disave ya jika terjadi apa-apa

Klungkung, IDN Times – Siapa yang tidak goyah mendengar pesona alam Nusa Penida di Kabupaten Klungkung. Tidak diragukan lagi kawasan yang masuk dalam kategori Telur Emas Bali tersebut memiliki daya pikatnya tersendiri soal bentangan alam.

Terlepas dari kegiatan liburan yang menyenangkan, rencana tersebut bisa bubar karena masalah kesehatan yang tiba-tiba menyerang. Atau musibah yang dialami oleh wisatawan pada mengunjungi sejumlah objek wisata di sana.

Nah, melihat areanya yang cukup luas, dan kondisi jaringan internet yang kurang mendukung di beberapa wilayah, maka rasanya perlu mengetahui letak fasilitas kesehatan di Nusa Penida. Sehingga apabila sewaktu-waktu membutuhkan pertolongan dan perawatan, wisatawan akan lebih mudah mendapatkan bantuan.

1. Kecelakaan di destinasi wisata di Nusa Penida karena kelalaian pengunjung

Daftar Fasilitas Kesehatan di Nusa PenidaEvakuasi tim SAR gabungan kepada WN India di kawasan Nusa Penida. (Dok.IDN Times/Basarnas Bali)

Sering terjadi musibah yang dialami wisatawan pada saat berkunjung ke Nusa Penida, mulai celaka yang ringan hingga meninggal dunia. Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Basarnas Bali), Gede Darmada, pernah menjelaskan musibah ini kerap terjadi di beberapa tempat Nusa Penida. Penyebabnya karena kelalaian pengunjung itu sendiri selama menikmati objek wisata hingga berujung musibah.

Nah, jika kamu maupun rekanmu sedang terkena musibah tersebut, segeralah meminta tolong ke warga setempat, pemandu lokal, mapun aparat. Sehingga permintaan pertolongan bisa langsung diteruskan kepada tim search and rescue (SAR).

2. Kecelakaan di objek wisata Nusa Penida bisa meminta bantuan tim rescue

Daftar Fasilitas Kesehatan di Nusa PenidaWN Prancis terseret arus dan terjebak di tebing Pantai Atuh pada Jumat (26/5/2023). (Dok.IDN Times/Basarnas Bali)

Sementara itu untuk meningkatkan respon time, Basarnas Bali juga menempatkan Unit Siaga SAR di Nusa Penida. Terhitung ada 5 personel SAR yang disiagakan di Nusa Penida. Mereka akan bergerak jika ada permintaan pertolongan dan evakuasi dari pemandu lokal, dan aparat setempat.

“Agar (wisatawan) memperhatikan keselamatan dan perhatikan rambu-rambu yang ada. Jangan memaksakan diri untuk melakukan kegiatan fisik jika merasa tidak mampu,” ungkap Kasi Ops dan Siaga Basarnas Bali, I Wayan Suwena, Selasa (4/7/2023) lalu.

3. Ini deretan fasilitas kesehatan di Nusa Penida. Pilih yang terdekat

Daftar Fasilitas Kesehatan di Nusa PenidaiLUSTRASI Tim Basarnas sebelum menuju lokasi lakalaut (Dok. Basarnas Balikpapan)

Sedangkan jika wisatawan mengalami kurang enak badan atau membutuhkan pemeriksaan selama berada di pulau tersebut, maka beberapa pilihan fasilitas kesehatan (faskes) ini bisa menjadi solusinya. Berikut ini daftar fasilitas kesehatan di Kecamatan Nusa Penida berdasarkan catatan Basarnas Bali.

  • RSUD Gema Santi Nusa Penida terletak di Banjar Nyuh, Desa Ped
  • Klinik Nusa Medica
  • Puskesmas Nusa Penida I terletak di Desa Batununggul
  • Puskesmas Nusa Penida II terletak di Jalan Jungutbatu
  • Puskesmas Nusa Penida III di Desa Klumpu.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya