BIN Bali Ditarget 13.600 Orang Selesai Vaksinasi Sampai Akhir Desember

Vaksin selesai, aktivitas bisa pulih kembali

Denpasar, IDN Times – Badan Inteligen Negara (BIN) Daerah Bali gencar melakukan percepatan vaksinasi di Provinsi Bali. Hal ini karena Pemerintah Pusat memberikan tanggung jawab agar BIN Daerah Bali bisa menyasar 13.600 orang tervaksinasi pada bulan Desember 2021.

BIN Bali Ditarget 13.600 Orang Selesai Vaksinasi Sampai Akhir DesemberBIN Daerah Bali selenggarakan vaksinasi massal di Masjid Al-Ihsaan, Sanur pada Sabtu (4/12/2021). (IDN Times/Ayu Afria)

Kepala Badan Inteligen Negara Daerah (Kabinda) Bali, Brigjen Pol Hadi Purnomo, mengatakan kegiatan vaksinasi massal ini termasuk program dari BIN Pusat yang dilaksanakan secara serentak di 34 provinsi, selain juga pelaksanaan vaksinasi door to door yang digelar di beberapa kabupaten/kota Provinsi Bali.

Capaian vaksinasi yang diselenggarakan oleh BIN Daerah Bali masih di kisaran 1.000 orang dari target 13.600 orang yang ditetapkan. Apa sebenarnya kendala yang mereka hadapi?

1. Jadwal vaksinasi massal yang dilaksanakan BIN Bali:

BIN Bali Ditarget 13.600 Orang Selesai Vaksinasi Sampai Akhir DesemberBIN Daerah Bali selenggarakan vaksinasi massal di Masjid Al-Ihsaan, Sanur pada Sabtu (4/12/2021). (IDN Times/Ayu Afria)

Pemerintah Pusat memberikan tanggung jawab kepada BIN Bali untuk memvaksinasi 13.600 sampai bulan Desember 2021, karena berkaca pada sebelumnya, mereka mampu melampaui target di November 2021 lalu. Yakni dari 3.000 orang yang ditarget, berhasil dipenuhi menjadi 3.200 orang. Mereka berasal dari berbagai kalangan masyarakat, baik yang mengantongi Kartu Tanda Penduduk (KTP) Bali maupun luar Bali.

“Kami membantu pemerintah provinsi maupun daerah yang sudah kami laksanakan untuk kegiatan vaksin ini. Ya. Termasuk di wilayah Denpasar dan juga Jembrana. Hampir semua kabupaten sudah kami laksanakan,” jelas Hadi di sela-sela agenda vaksin massal di Masjid Al-Ihsaan Inna Grand Bali Beach Sanur, Sabtu (4/12/2021) pagi

Beberapa jadwal vaksinasi massal yang segera dilaksanakan berikutnya adalah:

  • 8 Desember 2021: wilayah Banjar Monang-Maning, Desa Pemecutan Klod, Kecamatan Denpasar Barat
  • 9 Desember 2021: Kabupaten Karangasem
  • 13 Desember 2021: Kabupaten Tabanan.

Beberapa upaya yang dilakukan BIN Daerah Bali di antaranya:

  • Membuat posko yang bekerja sama dengan Provinsi Bali untuk melaksanakan kegiatan vaksinasi di Wantilan Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bali
  • Menyasar para pendatang yang ada di wilayah Bali bekerja sama dengan para Nahdlatul Ulama (NU) dan Majelis Ulama
  • Bekerja sama dengan pura untuk melaksanakan kegiatan vaksinasi.

2. Banyak masyarakat yang masih termakan hoaks soal vaksinasi

BIN Bali Ditarget 13.600 Orang Selesai Vaksinasi Sampai Akhir DesemberBIN Daerah Bali selenggarakan vaksinasi massal di Masjid Al-Ihsaan, Sanur pada Sabtu (4/12/2021). (IDN Times/Ayu Afria)

Berdasarkan data mereka, masyarakat Bali yang telah vaksinasi sudah melampaui target. Kata Hadi, vaksinasi tahap pertama sudah mencapai hampir 100 persen lebih. Sedangkan vaksinasi tahap kedua sudah hampir 89 persen. Jika dibandingkan dengan provinsi lain, Bali merupakan urutan kedua di Indonesia setelah Jakarta yang hampir mencapai target.

Meskipun capaian jumlah vaksinasi Bali telah banyak, namun BIN Daerah Bali juga mengalami kendala untuk menemukan masyarakat yang belum divaksinasi. Pengalaman ini ia temukan ketika melaksanakan vaksinasi di Kabupaten Jembrana. Petugas harus pontang-panting mencari masyarakat yang belum tervaksinasi karena mendengar informasi hoaks tentang vaksin COVID-19 tersebut.

“Kami mencari untuk masyarakat, untuk penduduk yang belum melaksanakan vaksin. Apalagi saat di Jembrana kemarin, di Desa Ambengan luar biasa. Kami mencari dari rumah ke rumah karena sulit masyarakatnya, di samping tugasnya sebagai nelayan tetapi juga masyarakatnya masih termakan berita-berita hoaks,” katanya.

Selain itu, masyarakat yang belum tervaksinasi banyak ditemukan di perumahan-perumahan kelas ekonomi ke bawah yang merupakan pendatang. Mereka kebanyakan bekerja sebagai pemulung hingga pedagang kaki lima, sehingga tidak sempat melaksanaan vaksinasi ini.

BIN Bali Ditarget 13.600 Orang Selesai Vaksinasi Sampai Akhir DesemberBIN Daerah Bali selenggarakan vaksinasi massal di Masjid Al-Ihsaan, Sanur pada Sabtu (4/12/2021). (IDN Times/Ayu Afria)

Menurutnya pemerintah telah melakukan upaya maksimal untuk percepatan vaksinasi di Provinsi Bali. Namun masih ditemukan masyarakat yang memang belum mendapatkan vaksin maupun tertinggal vaksin. Sehingga untuk mencapai target vaksinasi kedua dari 89% menjadi 100%, pemerintah bahu-membahu melaksanakan kegiatan vaksinasi.

“Kalau kita lihat banyak pendatang-pendatang yang masuk wilayah Bali ini. Ya seperti di Denpasar kemarin juga di Jembrana kemarin juga cukup masiv sekali, banyak sekali ya masyarakat kita yang belum tervaksin atau tertinggal,” ungkapnya.

3. Vaksinasi di Masjid Al-Ihsaan menyasar sekitar 500 orang

BIN Bali Ditarget 13.600 Orang Selesai Vaksinasi Sampai Akhir DesemberKetua Gerakan Pemuda Ansor Provinsi Bali, Yunus Naim bersama Kepala Badan Inteligen Negara Daerah (Kabinda) Bali, Brigjen Pol Hadi Purnomo, dan Takmir Masjid Al-Ihsaan Inna Grand Bali Beach Sanur, Zulkifli. (IDN Times/Ayu Afria)

Sementara itu Ketua Gerakan Pemuda Ansor Provinsi Bali, Yunus Naim, menyampaikan GP Ansor sudah beberapa kali terlibat dalam program vaksinasi di Kota Denpasar, Kabupaten Gianyar, Kabupaten Badung, Kabupaten Jembrana, dan Kabupaten Karangasem. Termasuk dalam pelaksanaan vaksinasi massal di Masjid AL-Ihsaan tersebut, dengan menargetkan 500 orang. Mereka terdiri dari masyarakat umum, mahasiswa, pelajar, hingga lainnya.

“Harapan kami penyebaran COVID-19 teratasi dengan baik dan perekonomian kembali signifikan. Bagi masyarakat yang belum mengikuti vaksin, segeralah mengikuti vaksin dan jangan termakan dengan berita-berita yang tidak jelas sumbernya di media sosial,” ungkap Yunus.

Takmir Masjid Al-Ihsaan Sanur, Zulkifli, menyebutkan pengurus masjid bersyukur karena areanya dijadikan sebagai lokasi vaksinasi massal yang diadakan oleh BIN daerah Bali bekerja sama dengan GP Ansor.

"Sekali lagi kami selaku Takmir Masjid Al-Ihsaan mengucapkan terima kasih. Indonesia sehat, Indonesia sehat,” terangnya.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya