TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Tali Lift Ayuterra Resort Hanya Satu, Polisi Akan Panggil Kemenaker

Polisi ingin mendalami standar keselamatan kerja

Foto perbandingan kondisi lift di Ayuterra Resort 4 tahun lalu, dan 4 bulan lalu. (Dok.IDNTimes/istimewa)

Gianyar, IDNTimes - Satreskrim Polres Gianyar akan memanggil perwakilan dari Kementerian Tenaga Kerja (kemenaker) untuk mendalami kasus jatuhnya lift di Ayuterra Resort Ubud yang menewaskan 5 pegawai.

Salah satu yang menjadi sorotan adalah lift yang hanya memakai 1 tali seling (wire rope). Padahal foto yang beredar 4 tahun lalu, lift di Ayuterra Resort masih menggunakan 3 tali seling.

Satreskrim Polres Gianyar juga tengah menunggu hasil Labfor Polda Bali, setelah melakukan oleh TKP, beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Lift Resort di Ubud Terjun ke Jurang 100 Meter, 5 Karyawan Tewas

1. Keterangan Kemenaker berguna untuk mendalami soal keselamatan tenaga kerja

Polisi melakukan olah TKP di lokasi lift jatuh di Gianyar.(Dok.IDNTimes/istimewa)

Kasat Reskrim Polres Klungkung AKP Ario Seno Wimoko mengatakan, pihaknya sudah meminta keterangan banyak saksi dari persitiwa tersebut.

Tidak hanya untuk mengungkap secara teknis dari penyebab lift putus, namun polisi juga ingin mendalami apakah resort tersebut sudah memenuhi standar terkait keselamatan kerja atau tidak.

Apalagi merupakan fakta, saat kejadian itu, lift hanya ditarik dengan 1 tali sling. Sementara tabung lift dinaiki oleh 5 orang pekerja. 

"Terkait dibolehkan memakai 1 tali sling (wire rop) atau tidak, kami akan tanyakan kepada saksi ahli dari Kementrian Tenaga Kerja untuk kelayakannya," ujar Ario Seno Wimoko, Kamis (7/9/2023).

2. Tali sling (wire rop) lift sengaja dikurangi pada Maret 2023

Polisi melakukan olah TKP di lokasi lift jatuh di Gianyar.(Dok.IDNTimes/istimewa)

Ario Seno Wimoko tidak menampik, ada indikasi kesengajaan bahwa tali sling lift di Terraayu Resort dikurangi menjadi hanya 1 tali sling. Padahal jika ada lebih dari 1 tali, hal ini bisa mengurangi risiko kecelakaan jika ada tali sling lift yang putus.

"Betul (Ada permintaan pengurangan tali sling lift). Sekira bulan Maret 2023 (tali sling lift dikurangi)," ungkap Ario Seno Wimoko.

Pertimbangan dikurangi jumlah tali sling lift ini, agar perawatannya lebih mudah. Polisi juga masih mendalami pengurangan tali sling lift ini. 

"Walaupun tali sling baja itu mungkin kuat angkat beban sampai 500 kilogram, 1 ton, tetap namanya cuma 1 tali. Kalau 1 tali putus kan tidak ada backup yang lain. Itu menurut saya," jelas Ario Seno.

Baca Juga: Polisi Telusuri Tali hingga Rem Darurat Lift Ayuterra Resort

Berita Terkini Lainnya