Lift Resort di Ubud Terjun ke Jurang 100 Meter, 5 Karyawan Tewas

Polisi mendalami dugaan kelalaian dalam kasus ini

Gianyar, IDNTimes - Sebuah lift di salah satu resort di Desa Kedewatan, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar terjun ke dasar jurang sedalam sekitar 100 meter, Jumat (1/9/2023). Akibatnya 5 pekerja meninggal dunia. 

Kelima karyawan itu berada di dalam lift yang jatuh tersebut. Polisi pun mendalami kasus ini.

1. Para korban memanfaatkan fasilitas lift tersebut saat bekerja

Lift Resort di Ubud Terjun ke Jurang 100 Meter, 5 Karyawan TewasMusibah putusnya lift resort di Ubud). (Dok. IDN Times/Polsek Ubud )

Lift tersebut memiliki lintasan vertikal, dengan kemiringan sekitar 90 derajat dan ketinggian 100 meter. Awalnya kelima karyawan itu, hendak naik ke atas resort dengan menaiki tabung lift sekitar pukul 14.00 Wita.

Namun tiba-tiba terdengar suara keras, yang ternyata tali seling baja dari lift tersebut putus. Ini membuat kelima karyawan dan tabung lift tersebut meluncur ke dasar.

"Saksi bernama Ketut Suwiarta, mendengar ada suara teriakan dan suara yang sangat keras seperti ada benda terjatuh dan terbentur. Dicari sumber suara, dilihatnya tali seling yang terbuat dari baja putus dan tabung lift beserta penumpang 5 orang korban berada di dasar lift," ujar Kapolsek Ubud Kompol I Made Uder, Jumat (1/9/2023).

2. Lima korban meninggal dunia, semua korban masih usia remaja

Lift Resort di Ubud Terjun ke Jurang 100 Meter, 5 Karyawan TewasMusibah putusnya lift resort di Ubud). (Dok. IDN Times/Polsek Ubud )

Kelima karyawan resort tersebut terkapar di dasar lift. Beberapa karyawan lainnya langsung menuju ke bawah, dengan menuruni anak tangga. Saat itu mereka melihat hal yang mengerikan, para korban terkapar dengan luka yang parah.

Diketahui dua korban sudah meninggal dunia, yakni Sang Putu Bayu Adi Krisna (19) asal Desa Kedewatan, Ubud. Serta Kadek Hardiyanti (24) asal Taman Bali, Bangli. Keduanya mengalami cedera kepala berat. 

Sementara tiga korban lainnya, Ni Luh Supernigsih (20) asal Desa Melinggih Kelod, I Wayan Aries Setiawan (23) asal Desa Lod Tunduh, Kadek Yanti Pradewi (19) asal Desa Munduk, Buleleng sempat dilarikan ke RS Payangan. Namun sayang nyawa ketiganya tidak bisa diselamatkan.

"Korban meninggal ada 5 orang, semuanya karyawan di resort tersebut," jelas Made Uder.

3. Diduga ada faktor kelalaian dan kurangnya pengaman lift

Lift Resort di Ubud Terjun ke Jurang 100 Meter, 5 Karyawan TewasMusibah putusnya lift resort di Ubud). (Dok. IDN Times/Polsek Ubud )

Peristiwa ini masih didalami kepolisian dari Polsek Ubud. Namun dari keterangan saksi, tabung lift sebenarnya sudah akan sampai di titik pemberhentian lift atau hampir sampai atas. Namun tiba-tina tali seling yang terbuat dari baja untuk menarik tabung lift tersebut, terputus.

"Diperkirakan tali seling baja tersebut tidak kuat menarik beban ke atas yang cukup berat dan safety pengganjal atau rem tidak berfungsi sehingga lift meluncur dengan kecepatan tinggi ke bawah," jelas Made Urip.

Kepolisian juga masih mendalami apakah ada unsur kelalaian dari pihak management resort, maupun dari teknisi karena tidak memeriksa secara teliti kondisi lift tersebut.

Serta tidak melakukan perawatan secara keberlanjutan terhadap lift dan kurangnya safety dengan kondisi TKP yang sangat curam.

Baca Juga: 5 Fakta Monkey Forest, Hutan Suci di Ubud

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya