Vaksinasi Rabies di Denpasar 72 Persen, Warga Banjar Diminta Terlibat

Pemkot Denpasar menggandeng masyarakat banjar

Denpasar, IDN Times – Pemerintah Kota Denpasar mengungkapkan capaian vaksinasi rabies mencapai 72 persen per 6 September 2023. Kepala Dinas Pertanian Denpasar, AA Gde Bayu Brahmasta pun ingin makin melibatkan masyarakat banjar dalam menekan kasus rabies.

Selain itu, Dinas Pertanian Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan memaksimalkan edukasi terkait pengetahuan rabies di kalangan masyarakat.

Baca Juga: Bali Terima Hibah 200 Ribu Vaksin Rabies dari Australia

1. Populasi hewan penular rabies di Kota Denpasar mencapai 82.195 ekor

Vaksinasi Rabies di Denpasar 72 Persen, Warga Banjar Diminta Terlibatilustrasi vaksinasi rabies (freepik.com/mdjaff)

Gde Bayu Brahmasta mengungkapkan, estimasi populasi hewan penular rabies di Kota Denpasar yang berjumlah 82.195 ekor. Dari jumlah tersebut, sebanyak 59.264 ekor atau 72 persen telah mendapatkan vaksinasi. Upaya vaksinasi ini akan terus digenjot, dan diperluas dengan menggandeng beragam stakeholder.

“Kami terus berkomitmen dalam mencegah kasus rabies," kata Gde Bayu Brahmasta.

2. Pendataan populasi anjing dengan pemilik serta anjir liar menjadi salah satu kunci

Vaksinasi Rabies di Denpasar 72 Persen, Warga Banjar Diminta TerlibatInstagram.com/bawabali_official

Di samping itu, Gde Bayu Brahmasta juga menjelaskan bahwa pelaksanaan vaksinasi rabies sesuai jadwal dengan memperhatikan wilayah zona prioritas, terutama beberapa lokasi munculnya kasus gigitan anjing.

Pihaknya juga melakukan langkah-langkah kontrol populasi hewan penular rabies hingga pengawasan lalu lintas hewan untuk pengendalian. Ia menekankan pendataan populasi anjing dan hewan penular rabies llainya akan terus dilaksanakan dengan melibatkan tim siaga rabies di tingkat desa atau kelurahan.

"Dari pendataan ini akan memperoleh data populasi dari kepemilikan masyarakat hingga keberadaan anjing liar, sehingga penyebaran rabies dapat ditekan," ujarnya.

3. Masyarakat banjar dilibatkan dalam pelaporan hewan penular rabies dan gigitannya

Vaksinasi Rabies di Denpasar 72 Persen, Warga Banjar Diminta Terlibatilustrasi anjing rabies (freepik.com/freepik)

Masyarakat Kota Denpasar diminta memperhatikan cara merawat anjing yang benar, terutama masyarakat banjar sebagai garda terdepan turut dilibatkan untuk memberikan informasi terkait adanya hewan penular rabies dan kasus gigitan anjing.

Tak hanya itu, beberapa kegiatan edukasi dari Dinas Pertanian Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan akan tetap dimaksimalkan seperti kegiatan komunikasi, informasi dan edukasi tentang bahaya penyakit rabies dan resiko yang ditimbulkan; kegiatan monitoring dan surveilens; kegiatan selektif euthanasi; kegiatan kontrol populasi dan pengawasan hewan penular rabies. 

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya