TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Seperti Inilah Prosedur Pengecekan Pesawat Sebelum Terbang

Beredar video AC maskapai tujuan Bali-Jakarta mati

Suasana Terminal Keberangkatan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali pada Rabu, 16 Februari 2022. (IDN Times / Ayu Afria)

Denpasar, IDN Times - Keselamatan penerbangan selalu menjadi prioritas semua pihak. Untuk memastikan penerbangan aman dan lancar, pihak maskapai diharuskan melakukan pengecekan sebelum pesawat lepas landas. Namun tak jarang setelah dinyatakan layak terbang, dalam perjalanannya mengalami sejumlah kendala teknis. Risikonya adalah terjadi insiden yang mengancam keselamatan penumpang.

Direktur Utama Super Air Jet, Ari Azhari, mengatakan maskapai penerbangan memiliki berbagai kebijakan, dan prosedur keselamatan yang ketat.

“Standar keselamatan sebelum penerbangan diimplementasikan melalui pengecekan pesawat sebelum keberangkatan yang bagian penting dari prosedur penerbangan untuk memastikan bahwa pesawat dalam kondisi terbaik dan aman untuk terbang,” kata Ari dalam rilis yang diterima oleh IDN Times, Kamis (23/3/2023).

Berikut ini deretan prosedur pengecekan pesawat sebelum terbang.

Baca Juga: Ada Shower Room di Bandara Ngurah Rai Bali, Bisa Mandi

1. Pre-flight check

Ilustrasi pesawat (IDN Times/Arief Rahmat)

Ari Azhari menyebutkan, proses pengecekan ini melibatkan beberapa tahapan sebelum pesawat diizinkan untuk terbang. Kru pesawat melakukan pemeriksaan pra-terbang atau pre-flight check. Pemeriksaan ini meliputi pengecekan seluruh sistem pesawat.

2. Servicing and refueling

ilustrasi pesawat (IDN Times/Mela Hapsari)

Pengecekan berikutnya adalah bahan bakar. Pengisian bahan bakar ini menyesuaikan perhitungan yang tepat untuk memastikan pesawat dapat terbang dengan aman dan tanpa masalah.

Berita Terkini Lainnya