Comscore Tracker

6 Tips Mengatasi Kulit Wajah Pria yang Mengelupas, Mudah Kok

Wajah jadi mulus lagi, deh!

Kulit wajah yang mengelupas dapat sangat mengganggu, selain terasa perih, kulit kamu juga jadi terlihat bersisik. Wajah mengelupas biasanya karena terbakar sinar matahari, udara yang dingin, hingga terlalu lama di dalam air.

Bagi pria yang sedang mengalami masalah kulit seperti ini, kamu dapat mengikuti enam tips agar wajah kembali mulus dan sehat. Simak sampai bawah, ya!

Baca Juga: Deretan Pertanyaan Nyeleneh Pasien ke Dokter Kandungan

1. Pakai sabun atau pembersih wajah yang tepat

6 Tips Mengatasi Kulit Wajah Pria yang Mengelupas, Mudah Kokilustrasi pria yang sedang memakai pembersih wajah (pexels.com/cottonbro)

Penggunaan sabun wajah yang salah dapat mengakibatkan iritasi kulit. Untuk menghindari hal itu, kamu harus menjauhi sabun dengan kandungan parfum, alkohol, hingga deterjen.

Pilihlah sabun wajah yang lembut, lalu aplikasikan setiap dua kali sehari pada pagi dan malam hari untuk hasil yang maksimal.

2. Oleskan pelembap

6 Tips Mengatasi Kulit Wajah Pria yang Mengelupas, Mudah Kokilustrasi pria memakai pelembap wajah (pexels.com/RonLach)

Pelembap menjadi salah satu produk dari rangkaian skincare yang wajib kamu gunakan secara rutin, terlebih saat kulit wajah kamu sedang mengelupas.

Kamu bisa menggunakan pelembap yang punya salah satu komposisi dari glycerin, hyaluronic acid, ceramide, hingga lidah buaya untuk melembapkan kulit wajah kamu.

Baca Juga: Bolehkah Berhubungan Seks saat Menstruasi? Ini Penjelasan Ahli

3. Mengeringkan wajah dengan lembut

6 Tips Mengatasi Kulit Wajah Pria yang Mengelupas, Mudah Kokilustrasi pria yang sedang mengeringkan wajah (pexels.com/JuliaLarson)

Cara ini kesannya simpel, tapi sering dilupakan. Kamu perlu memerhatikan ketika mengeringkan wajah yang basah atau berkeringat.

Pakai handuk yang lembut dan cukup diusap-usap secara perlahan di permukaan wajah supaya tidak menambah pengelupasan kulit yang parah.

4. Gunakan sunscreen

6 Tips Mengatasi Kulit Wajah Pria yang Mengelupas, Mudah Kokilustrasu pria memakai sunscreen (pexels.com/KindelMedia)

Kamu bisa memakai sunscreen setiap menjalani aktivitas sehari-hari. Menggunakan produk ini akan membuat kulit kamu terhindar dari paparan matahari secara langsung yang membuat kulit jadi rusak.

Oleskan sunscreen dengan SPF 30 dan re-apply kurang dari delapan jam dari pemakaian pertama. Jangan lupa untuk memakai sunscreen secukupnya, yakni sebanyak dua ruas jari.

5. Perhatikan asupan untuk tetap terhidrasi

6 Tips Mengatasi Kulit Wajah Pria yang Mengelupas, Mudah Kokilustrasi pria minum air untuk tetap terhidrasi (pexels.com/MaurícioMascaro)

Satu cara agar selalu terhidrasi adalah minum air sesuai kebutuhan tubuh. Hal itu membuat tubuhmu jadi sehat dan kulit lembap, serta terhindar dari kerusakan kulit seperti mengelupas.

Kamu juga bisa mengonsumsi buah stroberi, anggur, dan semangka. Hindari minuman bersoda yang justru akan membuat kamu dehidrasi.

6. Hindari mencuci wajah dengan air panas

6 Tips Mengatasi Kulit Wajah Pria yang Mengelupas, Mudah Kokilustrasi pria mencuci wajah (pexels.com/RonLach)

Mencuci wajah dengan air panas justru akan merusak lapisan pelindung kulit yang menyebabkan hilangnya kelembapan. Terlebih bagi kamu yang mengalami kulit wajah mengelupas, sebaiknya dihindari melakukan hal tersebut.

Dari enam tips mengatasi kulit wajah yang mengelupas di atas, cukup mudah untuk diaplikasikan, kan? Selamat mencoba, bro!

Resti Salsabila Photo Community Writer Resti Salsabila

To love oneself is the beginning of a lifelong romance

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya