Comscore Tracker

Dirut RSUD Klungkung Dikenal Pekerja Keras, Tetap Bertugas Walau Sakit

Dirut RSUD Klungkung meninggal karena kanker lambung

Klungkung, IDN Times - Duka mendalam masih dirasakan oleh segenap keluarga besar Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Klungkung. Direktur RSUD Klungkung, dr I Nyoman Kesuma (58), mengembuskan napas terakhir pada Rabu (10/8/2022). 

Tidak hanya para pegawai di RSUD Klungkung, masyarakat umum, kerabat, dan pejabat di Pemkab Klungkung juga mengunggah ungkapan belasungkawa atas berpulangnya dokter yang dikenal ramah dan bersahaja tersebut.

Nyoman Kesuma meninggal dunia setelah lama menderita kanker lambung. Selama ini ia diketahui masih tetap bertugas sebagai Direktur RSUD Klungkung dan terus berupaya melakukan peningkatan layanan di rumah sakit. Termasuk dengan melakukan pembangunan gedung rawat inap penyakit dalam dan gedung rawat inap bedah.

Baca Juga: Operasional Kacau, Kerugian Negara Rp4,2 Miliar Dalam Kasus LPD Bakas

1. Nyoman Kesuma meninggal dunia setelah lebih dari tiga pekan dirawat di RSUP Prof Ngoerah

Dirut RSUD Klungkung Dikenal Pekerja Keras, Tetap Bertugas Walau SakitDirut RSUD Klungkung, I Nyoman Kesuma. (Facebook/inyomankesuma)

Nyoman Kesuma mengembuskan napas terakhirnya di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Prof Ngoerah (Sanglah), Rabu (10/8/2022), pukul 10.00 Wita. Ia dirawat di RSUP Prof Ngoerah mulai 15 Juli 2022 lalu dan kondisi kesehatannya menurun sejak bulan lalu. 

“Beliau meninggal dunia sekitar pukul 10 pagi, sudah dirawat di RSUP Sanglah (Prof Ngoerah) sekitar tanggal 15 Juli lalu,” ujar Plt Direktur RSUD Klungkung, drg Ratna Dwijayanti.

Ratna Dwijayanti menyampaikan selama beberapa tahun terakhir Nyoman Kesuma berjuang menghadapi kanker lambung dan tahun lalu sudah sempat menjalani operasi. Saat ini jenazah masih dititipkan oleh pihak keluarga di RSUP Prof Ngurah. Rencananya akan dilakukan upacara pengabenan di tanah kelahirannya, di Desa Jungutbatu, Pulau Lembongan, Kecamatan Nusa Penida.

“Informasi terakhir jenazah masih dititip di RSUP Sanglah karena di Desa Jungutbatu masih ada piodalan (upacara). Kami juga masih menunggu informasi pihak keluarga,” ungkap Sekda Klungkung, Gede Putu Winastra, Kamis (11/8/2022).

2. Nyoman Kesuma dikenal sebagai sosok yang ramah dan murah senyum

Dirut RSUD Klungkung Dikenal Pekerja Keras, Tetap Bertugas Walau SakitDirut RSUD Klungkung, I Nyoman Kesuma. (Facebook/inyomankesuma)

Seorang tenaga kesehatan di RSUD Klungkung, Putu Yuni (29), mengungkapkan ia mengenal Nyoman Kesuma sebagai sosok yang ramah dan murah senyum. Walaupun tidak sering berkomunikasi, tapi menurutnya sikap Dirut RSUD Klungkung ke para pegawai sangat baik.

“Saya sangat jarang berkomunikasi dengan beliau. Tapi di mata pegawai, beliau ramah dan murah senyum. Pegawai lain juga merasakan seperti itu,” ungkap Yuni, Kamis (11/8/2022).

Yuni yang sudah 5 tahun bertugas di RSUD Klungkung juga mengatakan dirinya tidak pernah melihat Nyoman Kesuma marah. 

“Sama sekali saya tidak pernah lihat beliau marah. Beliau sangat murah senyum. Semoga jalan beliau dilancarkan dan menyatu dengan Tuhan,” harapnya.

Sekda Klungkung, Gede Putu Winastra, juga mengenal Nyoman Kesuma sebagai sosok pekerja keras dan bertanggung jawab dengan tugas yang diberikan. Winastra mengaku kagum dengan pengabdian sang dokter.

“Jujur saya sangat kagum dengan pengabdian beliau. Bahkan dalam kondisi sakit beliau sempat memutuskan untuk bertugas,” ungkap Winastra.

Karena kondisi kesehatannya yang sudah menurun dan harus dirawat di rumah sakit, pihaknya lalu menunjuk drg Ratna Dwipayanti sebagai Plt Direktur RSUD Klungkung agar pelayanan tetap berjalan dengan baik.

3. Nyoman Kesuma meningkatkan tipe RSUD Klungkung hingga menuju RS Rujukan Regional

Dirut RSUD Klungkung Dikenal Pekerja Keras, Tetap Bertugas Walau SakitDirut RSUD Klungkung, I Nyoman Kesuma. (Facebook/inyomankesuma)

Winastra mengatakan pengabdian Nyoman Kesuma memberikan perkembangan pesat bagi RSUD Klungkung. Nyoman Kesuma mampu meningkatkan tipe RSUD Klungkung dari rumah sakit tipe C menjadi rumah sakit tipe B.

Selain itu, RSUD Klungkung juga dinobatkan sebagai RS Pendidikan, termasuk berhasil memperluas cakupan layanan di RSUD Klungkung. Selama ini Nyoman Kesuma juga sempat menjabat sebagai Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Klungkung.

“Kami sangat merasa kehilangan sosok beliau, semoga beliau Amor Ing Acintya,”ungkap Winastra.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya