Comscore Tracker

Bentangkan Bendera Merah Putih 77 Meter di Puncak Gunung Agung, Saya Puas!

77 melambangkan usia Kemerdekaan Republik Indonesia

Karangasem, IDN Times - Momen peringatan Hari Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia (RI), pada Rabu (17/8/2022), tidak akan dilupakan oleh I Wayan Ardana. Pemandu pendakian ke Gunung Agung itu, berkesempatan membentangkan Bendera Merah Putih sepanjang 77 meter di puncak Gunung Agung, Kabupaten Karangasem.

Selain rasa bangga dapat mengibarkan Sang Merah putih di puncak Gunung Agung, ia juga merasa sangat senang karena mampu mengantarkan rombongan dengan selamat, mulai dari mendaki, hingga turun dari Gunung Agung.

Baca Juga: Bendera Merah Putih 77 Meter Akan Dikibarkan di Gunung Agung Bali

1. Dipercaya memandu rombongan ekspedisi dari Kodam Siliwangi

Bentangkan Bendera Merah Putih 77 Meter di Puncak Gunung Agung, Saya Puas!Pengibaran bendera merah putih di puncak Gunung Agung(Dok. IDN Times/I Wayan Ardana)

Wayan Ardana yang juga menjadi Ketua Forum Pendakian Gunung Agung jalur Sewarung Gawe Puregai (SGP), Desa Pempatan, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, tidak akan pernah melupakan pengalaman mendaki Gunung Agung saat peringatan Kemerdekaan ke-77 RI, pada Rabu (17/8/2022).

Ia dipercaya memandu rombongan ekspedisi dari Kodam Siliwangi bersama Menwa Ugrasena Bandung dan Bali, yang membentangkan Bendera Merah Putih sepanjang 77 meter di puncak Gunung Agung.

"Kemarin malam kami naik ke puncak sekitar jam 22.30 Wita. Kami start dari camp jalur SGP, Desa Pempatan, Kecamatan Rendang," ujar Ardana.

Rombongan sampai di puncak Gunung Agung pukul 08.30 Wita.

"Sempat ada kaki relawan yang kram," ungkapnya.

2. Bentangkan Bendera Merah Putih tepat pukul 09.00 Wita

Bentangkan Bendera Merah Putih 77 Meter di Puncak Gunung Agung, Saya Puas!Pengibaran bendera merah putih di puncak Gunung Agung(Dok. IDN Times/I Wayan Ardana)

Ardana menuturkan, kondisi puncak Gunung Agung saat itu cukup cerah. Tepat pukul 09.00 Wita, pengibaran bendera sepanjang 77 meter pun dilakukan di puncak Gunung Agung yang memiliki ketinggian 3142 Mdpl.

Dibentangkan bendera 77 meter ini, diinisiasi oleh Kodam Siliwangi bersama Menwa Ugrasena Bandung dan Bali. Angka 77 meter, melambangkan usia Kemerdekaan Republik Indonesia.

"Ada beberapa pendaki lain yang ikut berpatisipasi pada saat dibentangkannya Bendera Merah putih sepanjang 77 meter ini," jelasnya.

Ardana mengaku sangat senang dan bangga bisa memandu di jalur SGP yang dipilih untuk pengibaran bendera tersebut.

3. Tidak menemui kendala bearti karena persiapan yang matang

Bentangkan Bendera Merah Putih 77 Meter di Puncak Gunung Agung, Saya Puas!

Pendaki lainnya, Putu Artawan, juga menyampaikan kebanggaannya bisa ikut mendaki ke Gunung Agung saat perayaan peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia.

"Tidak hanya senang bisa sampai ke puncak, tapi juga bangga bisa ikut membentangkan Bendera Merah Putih di puncak tertinggi Pulau Bali," jelas Putu Artawan, Kamis (18/8/2022).

Ia mengakui tidak ada kendala bearti saat mendaki Gunung Agung. Mengingat dirinya sudah melakukan persiapan jauh-jauh hari sebelum memutuskan untuk mendaki.

"Hanya saja setelah turun itu lelah sekali. Sekarang kaki saya masih sakit. Tapi merasa puas dan bangga. Setelah perjuangan mendaki, lalu bisa kibarkan Bendera Merah Putih di puncak Gunung Agung. Rasanya sangat puas," ungkapnya.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya