Comscore Tracker

5 Hal yang Memicu Tujuan Hidupmu Tidak Tercapai

Sebagian besar hambatan itu datangnya dari diri sendiri

Setiap orang pasti memiliki tujuan yang ingin dicapai dalam hidupnya. Namun, memiliki tujuan saja tidak cukup. Perlu adanya aksi nyata untuk mencapai tujuan tersebut. Tetapi dalam perjalanan mencapai tujuan juga pasti tidak mudah. Akan ada hambatan dan rintangan yang menghalangimu untuk mencapai tujuan. Sebagian besar hambatan itu datangnya dari diri sendiri.

Perilaku buruk dari diri sendiri sering menghalangimu untuk mencapai tujuan. Inilah lima pemicu tujuan hidup kamu tidak tercapai. Pastikan simak sampai akhir, ya.

Baca Juga: 5 Cara Menyikapi Pribadi Pasangan yang Tak Sesuai Harapan

1. Menunggu waktu yang sempurna

5 Hal yang Memicu Tujuan Hidupmu Tidak Tercapaiilustrasi wanita sedang berpikir (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Hal pertama yang harus dihindari bila ingin tujuanmu tercapai adalah menunggu waktu sempurna. Percayalah, kalau menunggu waktu yang sempurna untuk memulai sesuatu, kamu pasti tidak akan pernah memulai. Akan selalu ada alasan menunda-nunda untuk mengerjakan rencanamu.

Mulailah dari hal termudah yang bisa kamu lakukan. Karena punya goal yang besar saja tidak cukup. Kamu perlu memecahnya menjadi langkah-langkah kecil, yang bisa mendekatkan dirimu dengan tujuan. Lakukan sekarang juga, sebelum kamu menyesal di kemudian hari.

Baca Juga: 5 Cara Hentikan Ucapan Negatif pada Diri Sendiri, Aku Hebat!

2. Menyalahkan orang lain atas kesalahan kamu

5 Hal yang Memicu Tujuan Hidupmu Tidak Tercapaiilustrasi menyalahkan orang lain (pexels.com/Liza Summer)

Setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan dalam hidupnya. Alih-alih menyalahkan orang lain atas kesalahan yang kamu lakukan, lebih baik kamu fokus pada diri sendiri. Apa yang harus diperbaiki agar kelak tidak melakukan kesalahan sama di masa depan.

Misalnya ketika kamu mengalami kegagalan dalam bisnis. Daripada menyalahkan karyawanmu karena bekerja kurang baik, lebih baik refleksi dirimu sendiri. Apakah kamu sudah menerapkan strategi marketing yang baik dalam bisnis dan apa yang perlu diperbaiki ke depannya. Belajarlah dari kesalahan yang kamu lakukan. Supaya kamu tidak melakukan kesalahan yang sama di kemudian hari.

3. Memuaskan semua orang

5 Hal yang Memicu Tujuan Hidupmu Tidak Tercapaiilustrasi orang sedang bekerja (pexels.com/Christina Morillo)

Dalam perjalanan meraih tujuan, pasti akan ada orang tidak suka dengan keputusan yang kamu ambil. Pasti akan ada orang yang mengkritik dan meragukanmu. Ketika percaya apa yang kamu lakukan itu benar dan keputusan yang diambil adalah tepat serta tidak merugikan orang lain, maka pertahankanlah hal itu.

Misalnya ketika kamu memutuskan untuk resign dari pekerjaan dengan gaji yang besar demi membuka bisnis. Pasti akan ada orang yang akan menentang keputusan kamu. Tapi kalau kamu yakin keputusan itu adalah yang terbaik, maka hiraukan saja orang lain dan fokus melakukan apa yang sudah menjadi pilihanmu.

4. Overthinking terhadap sesuatu yang belum terjadi

5 Hal yang Memicu Tujuan Hidupmu Tidak Tercapaiilustrasi wanita sedang overthinking (pexels.com/EKATERINA BOLOVTSOVA)

Terlalu sering overthinking hanya akan membuang waktumu. Alih-alih mengkhawatirkan sesuatu yang belum terjadi, lebih baik kamu fokus pada hal yang bisa dikontrol. Waktu yang kamu habiskan untuk overthinking, lebih baik digunakan untuk hal bermanfaat.

Yaitu melakukan langkah-langkah kecil untuk mencapai tujuanmu. Jadi, mulai sekarang kurang-kurangilah overthinking dan fokus pada tujuanmu.

5. Terlalu cepat menyerah

5 Hal yang Memicu Tujuan Hidupmu Tidak Tercapaiilustrasi terlalu cepat menyerah (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Satu ciri orang sukses adalah ia tidak mudah menyerah ketika mengalami kesulitan. Mereka mampu bangkit ketika mengalami kegagalan. Jika ingin mencapai tujuan, kamu tidak boleh terlalu cepat menyerah. Kamu harus mampu bangkit meskipun gagal berkali-kali.

Usaha dulu semaksimal mungkin, yakinlah suatu saat kamu pasti akan berhasil mencapai tujuan. Karena ketika memutuskan untuk menyerah, bisa jadi kamu sebenarnya perlu selangkah lagi menuju kesuksesan.

Mencapai tujuan itu tidaklah mudah, kamu perlu melakukan usaha yang keras. Pastikan kamu tidak melakukan lima hal di atas bila ingin tujuanmu tercapai. Semoga kamu bisa mencapai tujuanmu, ya. Semangat!

Selvi Hidayah Photo Community Writer Selvi Hidayah

One Step Closer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya