Comscore Tracker

5 Dampak Negatif Jika Kamu Sulit Mengontrol Emosi

Coba latih pelan-pelan ya, kamu pasti bisa!

Kecerdasan tidak hanya dapat dinilai dari peringkat selama masa sekolah. Akan tetapi masih banyak hal lain yang membuat seseorang bisa dinyatakan cerdas. Contohnya kecerdasan yang dinilai dari aspek emosi. 

Kemampuan mengelola emosi atau kecerdasan emosional, diyakini juga turut menjadikan seseorang bisa menjalani hidup dengan bahagia. Kemampuan ini dinilai penting karena terkait hubungan dengan lingkungan sekitar. Kecerdasan emosi ini meliputi kemampuan seseorang dalam menerima, menilai, mengelola, dan mengontrol emosi diri sendiri. Apabila kamu mengabaikannya begitu saja, berikut beberapa dampak negatif apabila kamu sulit mengontrol emosi:

Baca Juga: 5 Cara Menemukan Pasangan yang Pas, Dia Selalu Ada saat Suka dan Duka 

1. Sulit berbaur dengan lingkungan sekitar

5 Dampak Negatif Jika Kamu Sulit Mengontrol Emosiilustrasi pria bersama teman (pexels.com/ Helena Lopes)

Ketika tingkat kecerdasan emosional rendah, kamu akan merasakan beberapa hal yang justru dapat merugikan diri sendiri. Contohnya kamu sulit membaur dengan orang lain. Ketika kamu tidak bisa mengelola emosi dengan baik, kamu akan kesulitan berinteraksi dengan orang lain. 

Itulah yang menyebabkan kamu jadi terkesan kaku dan sulit beradaptasi dengan hal baru. Kondisi itulah yang akan kamu hadapi ketika tingkat kecerdasan emosimu rendah. 

2. Tidak memiliki banyak teman

5 Dampak Negatif Jika Kamu Sulit Mengontrol Emosiilustrasi pria sendirian (pexelas.com/Oleksandr Pidvalnyi)

Mungkin sebagian besar orang ingin memiliki banyak teman. Mengapa? Karena dengan teman, akan ada banyak relasi yang kamu dapatkan. Relasi tersebut sangat bermanfaat untuk di kemudian hari, misalnya untuk mencari pengalaman dan sebagainya. 

Akan tetapi jika tingkat kecerdasan emosionalmu rendah, maka kamu akan sulit memiliki teman. Berinteraksi dengan orang lain selain membutuhkan kecerdasan dalam berkomunikasi, kamu juga harus memiliki kecerdasan dalam mengelola emosi.

Apabila kamu orang yang masih belum bisa mengelola emosi, gampang marah, mudah tersinggung, tidak bisa diajak diskusi, maka kamu tidak akan pernah bisa mendapatkan banyak teman. 

3. Sulit diajak bercanda

5 Dampak Negatif Jika Kamu Sulit Mengontrol Emosiilustrasi pria serius (pexels.com/August de Richelieu)

Masih terkait dengan dampak-dampak negatif sebelumnya, seseorang dengan kecerdasan emosional yang rendah sangat kaku terhadap apa yang dia pikirkan dan rasakan. Dia sulit beradaptasi dan menempatkan diri di lingkungan sosial sehingga dia tidak mudah untuk diajak bercanda. 

Dalam kondisi apapun, dia menganggapnya selalu serius. Biasanya mereka yang sulit mengontrol emosi, akan selalu serius dalam melihat segala hal. Tak dapat dipungkiri orang seperti ini sangat dihindari oleh orang-orang di sekitarnya. 

4. Mudah sekali tersinggung

5 Dampak Negatif Jika Kamu Sulit Mengontrol Emosiilustrasi pria memegang kepala (pexels.com/ Timur Weber)

Ketidakmampuan mengelola emosi membuatnya sangat sensitif terhadap semua hal. Apapun yang tidak sesuai dengan kepercayaan dirinya, langsung dinilai sebagai sesuatu yang tidak tepat. Makanya dalam berinteraksi sosial, dia sangat kesulitan untuk berkomunikasi dengan orang lain. 

Ia juga sangat mudah tersinggung. Segala hal langsung dimasukkan ke hati tanpa dipikirkan dan dicerna terlebih dahulu. Apabila terus seperti itu, tentunya juga akan merugikan diri sendiri. 

5. Kurang peka terhadap lingkungan

5 Dampak Negatif Jika Kamu Sulit Mengontrol Emosiilustrasi pria berbaring (pexels.com/Timur Weber)

Sebagai makhluk sosial, seseorang diharapkan untuk bisa menempatkan dirinya saat berada di sebuah lingkungan. Dalam hal ini kemampuan beradaptasi menjadi sangat penting. Mengingat karakter yang akan dihadapi sangat beragam, maka seseorang pun sebaiknya bisa mengelola emosinya.  

Apabila seseorang tidak bisa mengontrol emosinya dan terlalu fokus pada dirinya sendiri, maka dia pun tidak mau melihat keadaan di lingkungannya. Kebiasaan itu juga lama kelamaan akan membuatnya tidak peka dengan lingkungan di sekitar. 

Nah itu beberapa dampak negatif apabila sulit mengontrol emosi. Memang tidak mudah, tapi bisa dilatih pelan-pelan ya. Selamat mencoba!

Maftukhatul Azizah Photo Community Writer Maftukhatul Azizah

Berbagi energi positif melalui tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya