Comscore Tracker

5 Cara Efektif Meredam Emosi, Jangan Rugikan Diri Sendiri  

Amarah hanya akan menguras energimu

Tak dapat dipungkiri ketika sedang lelah, terutama karena banyaknya aktivitas, membuat seseorang menjadi lebih mudah sensitif. Apabila rasa letih itu tidak segera diistirahatkan, akan berdampak pada emosi negatif.

Seseorang yang waktu istirahatnya tidak cukup, akan sangat rentan merasa marah. Tanpa sadar, amarah yang ke luar dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain. Lalu bagaimana caranya untuk meredam emosi sehingga tidak meledak-ledak dan merugikan diri sendiri?

Baca Juga: 5 Tips Berkomunikasi dengan Orang yang Mudah Emosi

1. Cari tahu penyebab kemarahan kamu

5 Cara Efektif Meredam Emosi, Jangan Rugikan Diri Sendiri  ilustrasi berpikir (unsplash.com/Chalis007)

Cara meredam amarah yang pertama yaitu coba cari tahu apa yang membuatmu marah. Apakah karena dipicu orang lain sehingga kamu menjadi marah atau karena kamu kelelahan saja setelah melewati aktivitas yang panjang?

Dengan mengetahui alasan dan penyebab di balik kemarahan itu, maka akan lebih mudah untuk mencoba meredakannya. Baik yang dipicu oleh faktor internal maupun eksternal.

2. Coba hindari hal yang membuatmu marah

5 Cara Efektif Meredam Emosi, Jangan Rugikan Diri Sendiri  ilustrasi ketenangan (unsplash.com/Anthony Tran)

Setelah mengetahui apa yang membuatmu marah, misalkan karena faktor orang lain, coba untuk menghindarinya dan tidak menghabiskan waktumu di sana. Beri waktu sejenak untuk dirimu menenangkan diri, menjauh dari pemicunya. 

Menepilah ke tempat-tempat yang menenangkan, seperti tempat yang sejuk dan hening. Di sana kamu bisa merileksasikan dirimu sebelum berkutat kembali bersama orang tersebut dengan hati yang lebih tenang dan pikiran yang jernih. 

3. Jangan terus-menerus menuruti amarahmu

5 Cara Efektif Meredam Emosi, Jangan Rugikan Diri Sendiri  ilustrasi merenung (unsplash.com/Nik Shuliahin)

Ingatlah, hal-hal yang negatif jangan diikuti. Apabila kamu menurutinya, pasti akan berdampak negatif dan memberikan pengaruh buruk. Jika kamu menanam duri, pasti yang akan kamu tuai nantinya juga duri yang bisa melukai diri sendiri.

Demi kesehatan mental diri sendiri, kamu sebaiknya mengubah emosi negatif menjadi positif. Cara seperti ini akan sangat bermanfaat untuk ketenangan dan kedamaian pikiran. 

4. Sadarkan diri bahwa marah hanya akan membuatmu semakin lelah

5 Cara Efektif Meredam Emosi, Jangan Rugikan Diri Sendiri  ilustrasi lelah (unsplash.com/Adrian Swancar)

Marah akan sangat menguras energi kamu lho. Baik fisik maupun mentalmu, akan terkuras habis jika menuruti amarah itu. Kamu akan merasa sangat kelelahan.  

Nyatanya ketika marah, biasanya kamu tak sadar bahwa sebenarnya sedang melukai diri sendiri dengan membuang-buang energi. Akibatnya dirimu akan lelah dan akhirnya kamu memerlukan banyak waktu untuk memulihkannya kembali.

5. Duduklah dengan tenang dan minum air putih

5 Cara Efektif Meredam Emosi, Jangan Rugikan Diri Sendiri  ilustrasi minum air (unsplash.com/Engin akyurt)

Jika kamu tak sempat pergi ke luar untuk mencari udara segar agar amarahmu reda, cara sederhana yang bisa kamu lakukan adalah duduk dan minum segelas air putih.
Cara ini disinyalir bisa meredam amarah. Duduk dan menenangkan diri, kemudian minum air putih segar sambil menikmati setiap tegukannya.

Nah beberapa cara di atas bisa kamu coba saat dirimu diliputi amarah ya. Jangan turuti amarahmu agar kamu bisa lebih tenang. Semoga bermanfaat ya. 

Maftukhatul Azizah Photo Community Writer Maftukhatul Azizah

Berbagi energi positif melalui tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya