Comscore Tracker

5 Ucapan Positif untuk Diri Sendiri, Penting untuk Kesehatan Mental

Sederhana tapi sering diabaikan lho!

Kapan kamu terakhir kali mengucapkan terima kasih kepada diri sendiri? Sesuatu yang sederhana, tetapi seringkali diabaikan. Begitu pula dengan kata-kata positif yang ditujukan kepada diri. Bisa jadi orang-orang justru lebih sering mengucapkan kata-kata negatif sehingga tanpa disadari justru dapat merusak mental. 

Nah berikut lima ucapan positif kepada diri sendiri yang sangat penting untuk kesehatan mental, namun sering kali diabaikan. Simak dulu yuk!

Baca Juga: Pengin Langgeng? 6 Tanda Hubungan akan Bertahan Lama

1. Maaf dan memaafkan

5 Ucapan Positif untuk Diri Sendiri, Penting untuk Kesehatan MentalIlustrasi kata maaf (pexels.com/BrettJordan)

Manusia tidak pernah lepas dari kesalahan, baik yang disengaja maupun tidak disengaja. Katakanlah maaf pada dirimu sendiri atas semua kesalahan yang telah terjadi atau kamu perbuat dalam hidupmu. 

Bukan hanya maaf untuk diri kita sendiri, memberikan maaf untuk semua orang yang telah menyakiti batin kamu juga. Ketika kita memaafkan orang lain atas kesalahan mereka, maka luka di batin perlahan juga akan menghilang. Jadi yang lalu biarlah berlalu.

2. Terima kasih

5 Ucapan Positif untuk Diri Sendiri, Penting untuk Kesehatan MentalIlustrasi kata terima kasih (pexels.com/alleksana)

Mengucapkan terima kasih tidak hanya bisa diucapkan kepada orang lain, namun juga bisa kita ucapkan pada diri sendiri. Ucapkanlah terima kasih untuk segala hal yang sudah kita lakukan, baik itu untuk kerja keras, perjuangan, atau bahkan air mata yang sudah kita lalui.

Dengan mengucapkan terima kasih, batin kita menjadi lebih tenang dan dapat menerima dari sisi positif semua hal yang terjadi dalam hidup kita.

3. Semua akan baik-baik saja

5 Ucapan Positif untuk Diri Sendiri, Penting untuk Kesehatan MentalIlustrasi wanita menikmati minuman (pexels.com/AndreaPiacquadio)

Ketakutan akan apa yang terjadi di masa lalu, masa sekarang, atau bahkan di masa yang akan datang, membuat diri kita menjadi tidak tenang dan tentram dalam menjalani hari-hari.

Cobalah melawan hal-hal negatif dalam diri dengan mengatakan ucapan positif pada diri sendiri yaitu semua akan baik-baik saja. Dengan mengucapkannya dan menanamkan dalam diri, maka kita akan bisa menghadapi segala hal yang terjadi dalam hidup dengan mental dan batin yang baik-baik saja juga.

4. Kamu hebat!

5 Ucapan Positif untuk Diri Sendiri, Penting untuk Kesehatan MentalIlustrasi wanita merayakan kelulusan (pexels.com/RODNAEProductions)

Rendah diri atau tidak percaya pada kemampuan diri sering menjadi penghambat dalam proses pengembangan diri. Merasa bahwa orang lain lebih hebat atau merasa kemampuan diri tidak hebat, tentu akan membuat mental kita jatuh dan menjadi tidak sehat.

Katakanlah pada diri sendiri bahwa kamu hebat! Untuk semua proses kerja keras dan perjuangan yang telah kita lakukan secara maksimal, pastinya kamu merupakan seseorang yang hebat, bukan? 

5. Kamu pasti bisa!

5 Ucapan Positif untuk Diri Sendiri, Penting untuk Kesehatan MentalIlustrasi laki-laki mengangkat tangan (pexels.com/AndreaPiacquadio)

Kalah sebelum berperang menjadi pepatah yang tepat untuk pribadi yang belum mencoba namun sudah berpikir atau berkata tidak bisa atau tidak mampu.

Ketika perasaan dan pikiran tidak bisa itu muncul, katakanlah pada diri sendiri bahwa kamu bisa! Kamu bisa menghadapinya, menjalaninya, dan melaluinya. Hidup adalah sebuah proses. Ketika kamu berjuang keras dalam proses yang terjadi, tentu hasilnya juga akan sepadan.

Mengucapkan kata-kata positif akan menjadikan kamu pribadi yang positif juga. Pribadi yang positif akan membawa dampak pada kesehatan mental yang lebih baik dan menjadi kuat. Maka pada akhirnya batin kita akan menjadi tenang dan tentram dalam menjalani segala proses hidup yang sedang dan akan dilalui. 

Cicilia Rahmawati Photo Community Writer Cicilia Rahmawati

Mohon maaf apabila ada kesalahan pada artikel, semoga bermanfaat, ya.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya