Comscore Tracker

Passionate Menjalaninya! 5 Tanda Pekerjaan Cocok untuk Kamu

Mendapat pekerjaan yang cocok tentu sangat menyenangkan

Setiap orang tentu harus bekerja untuk bisa menghasilkan uang dan memenuhi kebutuhan hidupnya. Karenanya, sangat penting bagi kita untuk tahu pekerjaan mana yang paling cocok agar yakin untuk menekuninya dalam jangka waktu yang panjang ke depannya. 

Lalu bagaimana caranya untuk tahu apakah suatu pekerjaan cocok untukmu atau tidak? Sebenarnya bisa dilihat dari seberapa antusias kamu dalam mengerjakannya. Apakah kamu berkembang atau tidak, apakah kamu nyaman atau tidak? Nah berikut beberapa tanda apabila pekerjaan cocok untuk kamu:

Baca Juga: Tips Memulai Karier sebagai Investor Pemula, yuk Mulai!

1. Semakin lama dikerjakan malah membuatmu semakin passionate

Passionate Menjalaninya! 5 Tanda Pekerjaan Cocok untuk Kamuilustrasi kerja (pexels.com/Fauxels)

Tanda yang pertama bahwa suatu pekerjaan cocok untukmu ialah ketika semakin lama mengerjakannya dirimu malah semakin passionate. Kamu menjiwai pekerjaan itu karena semakin menguasainya. 

Pekerjaan tersebut memengaruhi karaktermu secara positif. Misalnya kamu konsisten membela keadilan dan kebenaran sejak bekerja menjadi polisi. Selain itu kamu Ketika mengerjakan tugas itu pun sangat bersemangat.

2. Menemukan hal yang dicintai dan disukai

Passionate Menjalaninya! 5 Tanda Pekerjaan Cocok untuk Kamuilustrasi kerja (pexels.com/RODNAE Productions)

Tanda yang kedua apabila pekerjaan cocok untukmu ialah kamu menemukan hal yang dicintai dan disukai dari pekerjaan itu. Seiring berjalannya waktu, kamu menemukan bahwa ternyata pekerjaan itu menyenangkan untuk dijalani. 

Walaupun mustahil ada pekerjaan yang seratus persen menyenangkan, akan tetapi kamu menemukan hal-hal berharga di dalamnya. Misalnya, kamu suka ketika menyusun data perusahaan, meneliti hal baru, atau bahkan suka ketika berinteraksi dengan anak-anak saat menjadi guru. 

3. Memacumu untuk terus berkembang

Passionate Menjalaninya! 5 Tanda Pekerjaan Cocok untuk Kamuilustrasi kerja (pexels.com/Edmond Dantes)

Jika pekerjaanmu saat ini memacu dirimu untuk terus berkembang, maka besar kemungkinan bahwa pekerjaan itu cocok untukmu. Ketika menjalani sesuatu yang cocok dengan kita, tentu ada keinginan untuk menjadi lebih baik dan ahli di bidang itu. 

Jadi kalau dalam menjalaninya kamu semakin berambisi untuk berkembang dan menguasainya, maka itu pertanda baik. Kamu gak perlu ragu lagi untuk menekuninya karena pekerjaan itu memberi pengaruh positif untuk kemajuanmu. 

4. Menjadi semangat baru dalam hidupmu

Passionate Menjalaninya! 5 Tanda Pekerjaan Cocok untuk Kamuilustrasi pria kerja (pexels.com/Edmond Dantes)

Tanda keempat ialah apabila pekerjaanmu saat ini memberi semangat baru dalam hidupmu. Mungkin dulu kamu malas atau kurang berambisi dalam hidup. Jadi kamu punya tujuan ketika menjalani suatu pekerjaan. 

Dengan begitu, hidupmu akan penuh dengan tantangan dan gak sia-sia. Jenis pekerjaan itu cocok untuk kamu tekuni karena membuat hidupmu terasa lebih berarti. 

5. Pekerjaan itu tidak terlalu memberatkan

Passionate Menjalaninya! 5 Tanda Pekerjaan Cocok untuk Kamuilustrasi wanita (pexels.com/Mikhail Nilov)

Tanda kelima bahwa suatu pekerjaan cocok untuk dirimu ialah ketika pekerjaan dan kehidupan pribadimu dapat dijalani dengan seimbang. Pekerjaan itu tidak membuat hidupmu jadi berantakan dan sangat berat. 

Hal itu terkait dengan jam kerja, jadwal kerja, dan tanggung jawab. Beban di dalamnya dapat kamu atasi tanpa memberatkan kehidupanmu. Mental dan perasaanmu pun aman selama menjalaninya. 

Apabila kamu menekuni suatu pekerjaan, maka jalanilah yang cocok untuk dirimu. Tujuannya tentu supaya kamu nyaman dan dapat bergerak maju selama menjalaninya dalam jangka waktu panjang. Semoga bermanfaat ya untuk kamu!

afifah hanim Photo Community Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya