Comscore Tracker

6 Girl Group Besutan SM Entertainment, Aespa Jadi yang Terbaru

Ada yang bubar dan masih bertahan #HypeIDN

SM Entertainment merupakan perusahaan entertainment terbesar di Korea Selatan. Setiap meluncurkan grup baru, seluruh penggemar KPop menunggu dan penasaran konsep yang akan mereka bawakan. Sebab SM Entertainment terkenal mengusung konsep yang unik dan berbeda. Hari ini, Senin (26/10/2020), SM Entertainment secara resmi mengumumkan peluncurkan girl group baru yang dinamai Aespa.

Sebelum Aespa, SM Entertainment sukses mendebutkan lima girl group. Siapa saja mereka? Yuk kita simak:

Baca Juga: 5 Kejutan Taeyong Selama Live di Vlive, Ajak Main Among Us

1. S.E.S (Sea Eugene Shoo)

6 Girl Group Besutan SM Entertainment, Aespa Jadi yang Terbarufamousfix.com

S.E.S (Sea Eugene Shoo) adalah girl group generasi pertama yang diluncurkan oleh SM Entertainment pada tahun 1997. Tiga member yang terdiri dari Bada, Eugene dan Shoo  S.E.S ini mengeluarkan album I'm Your Girl. Album tersebut langsung terjual 650 ribu kopi dan menjadi penjualan album kedua terbaik untuk girl group di Korea Selatan pada masa itu.

Meski menuai kesuksesan, S.E.S resmi bubar pada Desember 2002. Karena permasalahan negosiasi perpanjangan kontrak yang tidak sukses untuk Bada dan Eugene, yang kemudian memutuskan keluar dari SM Entertainment. Sementara Shoo tetap di bawah naungan SM Entertainment sampai tahun 2006. Album terakhir S.E.S adalah Beautiful Songs di pertengahan tahun 2003.

Baca Juga: 9 Postingan Taeyong di Medsos yang Mood Booster Banget

2. CSJH The Grace

6 Girl Group Besutan SM Entertainment, Aespa Jadi yang Terbarukprofiles.com

CSJH The Grace dibentukpada tahun  2005 dengan empat member yaitu Lina, Dana, Sunday dan Stephanie. Mereka debut dengan single Too Good. Grup ini pernah tampil di Korea serta Jepang dengan total tiga album studio.

Pada tahun 2011, Dana dan Sunday membentuk sub unit dari grup yang dinamai The Grace Dana & Sunday. Semenjak itu, grup tersebut hiatus dan lebih memilih solo.

Pada Mei 2016, Stephanie meninggalkan SM Entertainment setelah kontraknya habis. Sementara Dana memilih untuk meninggalkan SM Entertainment pada Juni 2020 dengan alasan yang sama.

3. Girls Generation

6 Girl Group Besutan SM Entertainment, Aespa Jadi yang Terbaruen.m.wikipedia.org

Girls Generation atau juga dikenal dengan SNSD dibentuk oleh SM Entertainment pada Agustus 2007. Member terdiri dari Taeyeon, Sunny, Tiffany, Hyoyeon, Yuri, Sooyoung, Yoona, Seohyun dan Jesica.

Album debut mereka, Into the New World, cukup sukses di pasaran. Grup ini mulai menanjak popularitasnya pada tahun 2009 dengan single Gee. Kesuksesan Girls Generation menyebabkan mereka dijuluki sebagai "The Nation's Girl Group" di Korea Selatan.

Tidak hanya sukses di Korea, Girls Generation juga sukses menembus pasar musik Jepang. Pada September 2014, member Jesica keluar dari grup, memilih untuk berpindah agensi dan solo karier. Sehingga menyisakan delapan member.

Pada Oktober 2017, SM Entertainment mengumumkan jika member Tiffany, Sooyoung, dan Seohyun memutuskan untuk tidak memperpanjang kontrak, namun tidak keluar dari Girls Generation. Saat ini member dari Girls Generation sibuk bersolo karier.

4. f(x)

6 Girl Group Besutan SM Entertainment, Aespa Jadi yang TerbaruPinterest.com/ Because, Why not?

f(x) debut pada September 2009 dengan single La Cha Ta. Member terdiri dari Victoria, Amber, Luna,  Krystal dan Sulli. f(x) secara bertahap mulai kehilangan membernya. Member pertama yang memutuskan keluar adalah Sulli pada Agustus 2015.

f(x) kemudian comeback dengan empat member pada Oktober 2015 dengan album Four Walls. Itu menjadi penampilan terakhir keempat member setelah merilis single All Mine pada Juli 2016.

f(x) resmi bubar pada tahun 2019 ketika para member (Victoria, Amber dan Luna) memutuskan untuk tidak lagi melanjutkan kontrak dengan SM Entertainment. Krystal menyusul meninggalkan SM Entertainment pada tahun 2020.

5. Red Velvet

6 Girl Group Besutan SM Entertainment, Aespa Jadi yang TerbaruInstagram.com/redvelvet.smtown

Red Velvet debut pada Agustus 2014. Awalnya terdiri dari empat member yaitu Irene, Seulgi, Wendy dan  Joy. Yeri lalu datang melengkapi grup menjadi lima member pada Maret 2015, dengan lagu Ice Cream Cake.

Red Velvet sampai sekarang masih aktif dan sukses. Album terakhir mereka adalah The ReVe Festival: Finale yang rilis pada Desember 2019 dengan main title Psycho.

6. Aespa

6 Girl Group Besutan SM Entertainment, Aespa Jadi yang Terbarutwitter.com/SMTOWNGLOBAL

Setelah enam tahun debut Red Velvet, SM Entertainment akhirnya meluncurkan girl group baru dengan nama Aespa, yang debut pada November 2020. Belum ada info detail jumlah dan siapa yang bakalan menjadi member Aespa. Jadi gak sabar ya.

Topic:

  • Ni Ketut Wira Sanjiwani
  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya