Comscore Tracker

Sering Dikira Jago Bahasa Inggris, Ini Penyebab Orang Jadi Cadel

Meski susah ngomong R, toh tetap percaya diri kok. Setuju?

Ada yang punya teman atau justru kamu sendiri yang kesulitan mengucapkan kata dengan huruf konsonan "R"? Kondisi ini biasanya dinamakan sebagai cadel. Tak sedikit orang-orang yang masih cadel begitu ia menginjak dewasa. Selain "R", cadel biasanya kesulitan melafalkan huruf konsonan D, L, N, S, T, atau Z.

Meski menginjak dewasa, mereka tetap percaya diri meski cadel. Apa sih penyebab cadel? Berikut ulasannya, dilansir dari berbagai sumber:

Baca Juga: Cara Meredakan Nyeri Gigi Secara Alami, Coba Dulu Sebelum ke Dokter

1. Penyebab cadel. Ada hubungannya ketika ia masih kecil

Sering Dikira Jago Bahasa Inggris, Ini Penyebab Orang Jadi CadelPexels.com/rawpixel.com

Menurut laman alodokter.com, Ada beberapa hal penyebab cadel seperti:

  • Pemakaian dot atau empeng
    Penyebab pertama adalah kebiasaan mengisap dot semasa kecil. Dot membuat lidahnya terbiasa untuk terdorong ke depan dan berada di antara gigi. Hal itu membuat dia tidak bisa melafalkan huruf
  • Tongue-tie
    Kondisi ini disebut ankyloglossia, terjadi ketika jaringan ikat yang menempel di bawah lidah, hingga bagian bawah rongga mulut yang ukurannya terlalu pendek.
  • Lidah berukuran besar atau terlalu menjorok ke luar gigi
    Kondisi ini dikenal sebagai macroglossia. Lidah berukuran besar dapat menyebabkan seseorang menjadi cadel. Biasanya juga dikenal dengan sebutan cadel antargigi (interdental), dan kerap dialami oleh penderita sindrom down.

Sedangkan menurut halodoc.com, cadel yang terbawa sampai dewasa terjadi akibat bentuk lidah atau kemampuan untuk mengendalikan otot-otot lidahnya kurang sempurna. Sehingga kata-kata yang dikeluarkannya terdengar tidak jelas.

2. Cara mengatasi cadel pada anak. Satu contohnya adalah membiasakan dia minum pakai sedotan

Sering Dikira Jago Bahasa Inggris, Ini Penyebab Orang Jadi Cadelinstagram.com/eco_kade

Alodokter punya saran untuk mengatasi cadel pada anak, di antaranya:

  • Orangtua harus membiasakan anaknya minum menggunakan sedotan. Gerakan mengisap pakai sedotan dapat melatih kekuatan motorik mulutnya
  • Latih posisi lidah dan mulut anak ketika mengucapkan huruf-huruf yang sulit ia ucapkan dengan benar. Ajak dia latihan di depan cermin agar anak terus mengingat caranya melafalkannya
  • Ajak anak untuk melatih kekuatan motorik mulutnya. Contohnya meniup terompet, atau meniup gelembung air sabun
  • Biasakan anak mau mencoba untuk mengucapkan keinginannya secara jelas, sebelum menurutinya
  • Ajari terus-menerus untuk mengucapkan kata-kata yang tidak bisa ia ucapkan secara jelas.

3. Lalu, bagaimana cara menghilangkan kebiasaan cadel pada orang dewasa?

Sering Dikira Jago Bahasa Inggris, Ini Penyebab Orang Jadi CadelInstagram.com/claurakiehl

Cadel pada anak di bawah lima tahun bisa disembuhkan asalkan orangtua terus melatih dia untuk melafalkan huruf secara sempurna. Selain itu, usahakan seminim mungkin untuk tidak memakai dot atau empeng ketika anak menginjak usia 18 bulan. Boleh-boleh saja memakainya ketika sang anak hendak tidur, dan melepasnya ketika sudah terlelap.

Tetapi kalau anak berusia lebih dari 5 tahun, pengobatannya tidak sesederhana itu. Selain melatih untuk melafalkan satu huruf secara benar, cadel yang terbawa sampai dia dewasa harus mendapatkan penanganan dari ahli terapi bicara.

Ya, kalau orang dewasa percaya diri dengan kondisi cadel, rasanya tidak perlu terapi sih. Beberapa artis Indonesia saja juga ada yang cadel. Ambil contoh Cinta Laura, Dinda Hauw, Mario Lawata, Zaky Zimah, Mischa Chandrawinata, dan masih banyak lagi.

Toh, cadel juga bukan penentu rejeki seseorang. Mereka tetap cemerlang. Karena kesuksesan seseorang sudah ada yang mengaturnya. Setuju?

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya