Comscore Tracker

Cara Mengatasi Bopeng Jerawat di Wajah, Harus Tahan Godaan

Tag temanmu yang gemar mencet jerawat

Bopeng di wajah sangat tidak menyenangkan ya. Sebab bikin tidak percaya diri ketika berada di depan publik. Untuk menyamarkan bopeng biasanya menggunakan makeup. Tetapi hal ini sangat merepotkan. Pengennya sih tampil apa adanya, namun pandangan dan penilaian buruk orang bikin kamu semakin ingin membenamkan wajah ke bumi. 

Ini ada beberapa cara untuk mengatasi bopeng. Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin DNI Skin Center Denpasar, DR dr IGN Darmaputra SpKK, menjelaskan seputar bopeng di kulit wajah.

Baca Juga: 8 Kelebihan Main Balance Bike, Sepeda Tanpa Pedal Untuk Anak

1. Penyebab bopeng bisa muncul di wajah

Cara Mengatasi Bopeng Jerawat di Wajah, Harus Tahan GodaanFoto ilustrasi wajah yang bopeng [Pexels.com/cottonbro]

Bopeng di wajah paling sering terjadi karena bekas jerawat. Bopeng muncul karena sering memencet jerawat. Terutama pada jerawat memerah dan meradang, sehingga kerusakannya sampai ke bagian kulit dalam atau dermis. Dari sinilah awal mula cekungan di kulit atau bopeng tersebut muncul.

Baca Juga: Ciri-ciri ODGJ dan Cara Mengobati Menurut Lontar Usada Bali

2. Cara menghilangkannya harus kombinasi sesuai kondisi bopeng

Cara Mengatasi Bopeng Jerawat di Wajah, Harus Tahan GodaanFoto hanya ilustrasi (Pexels.com/Kelly Lacy)

Bopeng bekas jerawat sangat bervariasi jenisnya. Ada yang ice pick scar (Lubang kecil dan dalam), rolling (Cekungan landai), dan box scar (Cekungan yang tepinya kotak). Terapinya pun harus kombinasi seperti chemical peeling untuk menghaluskan permukaan, dermaroller atau dermapen atau laser fractitional CO2 untuk menghaluskan dan mengecilkan pori-pori, subsisi untuk cekungan yang rolling scar, hingga cross TCA dengan bahan kimia khusus untuk cekungan kecil dan dalam ice pick scar.

4. Faktanya, menghilangkan bopeng secara total sampai mulus cukuplah sulit

Cara Mengatasi Bopeng Jerawat di Wajah, Harus Tahan GodaanIlustrasi mencuci muka (Unsplash/Praveen kumar Mathivanan)

Untuk menghilangkan bopeng secara total sampai mulus tentu saja cukup sulit. Hasil treatment saja hanya membuat bopeng terlihat lebih halus dan samar. Itu pun tidak dilakukan hanya 1-2 kali terapi. Tetapi membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk hasil maksimal.

5. Obat atau krim yang dibutuhkan untuk perawatan bopeng

Cara Mengatasi Bopeng Jerawat di Wajah, Harus Tahan GodaanIlustrasi pria memakai masker wajah (unsplash.com/No Revisions)

Krim untuk bopeng belum ada yang efektif. Namun krim yang baik setidaknya ada dua jenis. Yaitu krim pagi atau sunblock, dan krim malam yang mengandung derivat vitamin A (tretinoin).

6. Hal yang mesti dihindari agar kulit wajah tidak bopen

Cara Mengatasi Bopeng Jerawat di Wajah, Harus Tahan GodaanFoto hanya ilustrasi. (unsplah.com/Megan bagshaw)

Sebenarnya sangat mudah untuk menghindari bopeng pada wajah. Yaitu tidak memencet, memecahkan, maupun memegang jerawat, terutama yang meradang. Semoga kamu terhindari dari godaan untuk memencet jerawat ya.

Balidailynews Photo Community Writer Balidailynews

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya