Comscore Tracker

5 Cara Mengatasi Mual Secara Alami, Gak Perlu Minum Obat

Kamu cuma perlu bergerak aja guys

Rasa mual memang sangat mengganggu dan membuat tidak nyaman ya. Kalau kamu dalam kondisi seperti itu, kira-kira apa yang akan dilakukan? Umumnya penyebab mual-mual karena salah mengonsumsi makanan, meskipun ada faktor lainnya.

Nah, jika hal itu terjadi pada kamu, jangan panik dulu ya. Kamu bisa mengatasinya dengan sederhana. Berikut lima cara alami untuk mengatasi rasa mual yang bisa kamu coba sendiri di rumah:

Baca Juga: Minum Air Putih Ketika Perut Lagi Kosong Bisa Bikin Langsing Lho

1. Gunakanlah aromaterapi lemon hingga peppermint

5 Cara Mengatasi Mual Secara Alami, Gak Perlu Minum ObatPexels/Mareefe

Selama ini aromaterapi diyakini dapat mengurangi rasa mual. Beberapa minyak aromaterapi yang direkomendasikan adalah lemon, lavender, chamomile, cengkih, dan peppermint.

Aromaterapi berbasis alkohol isopropil terbukti efektif mengurangi mual. Hal itu sesuai dengan hasil laporan berjudul Aromatherapy for treatment of postoperative nausea and vomiting dalam jurnal Cochrane Database of Systematic Reviews tahun 2012.

Hanya saja efektivitas aromaterapi dalam mengatasi mual masih lebih rendah dibandingkan obat anti-emetik, yakni obat-obatan yang dikonsumsi untuk mengatasi mual dan muntah.

2. Coba alihkan fokus pikiran kamu

5 Cara Mengatasi Mual Secara Alami, Gak Perlu Minum Obatilustrasi pikiran tenang (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Mengalihkan fokus pikiran diyakini dapat mengusir rasa mual. Semakin dipikirkan, biasanya rasa mual itu justru akan semakin terasa. Kamu bisa melakukan aktivitas lain seperti menonton televisi, membaca buku, bermain dengan hewan peliharaan, atau aktivitas lainnya yang dapat membuat kamu bahagia.

3. Aturlah pernapasan dengan meditasi

5 Cara Mengatasi Mual Secara Alami, Gak Perlu Minum Obatilustrasi meditasi (pexels.com/Prasanth Inturi)

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa menarik napas dalam-dalam dengan kecepatan yang lambat dan stabil dapat membantu meredakan rasa mual, sebagaimana dilansir dari Medical News Today. Terutama untuk meditasi yang fokus pada teknik pernapasan terkontrol.

Meditasi dipercaya dapat membantu mengatasi mual, terutama yang disebabkan oleh stres dan rasa cemas. Caranya, dengan menarik napas perlahan melalui hidung, menahan napas selama tiga detik, lalu embuskan napas secara perlahan. Langkah itu bisa dilakukan beberapa kali sampai rasa mual itu perlahan menghilang.

4. Kompres bagian belakang leher

5 Cara Mengatasi Mual Secara Alami, Gak Perlu Minum Obatilustrasi kompres di leher untuk mengobati migrain (everydayhealth.com)

Suhu tubuh kamu akan meningkat setiap kali merasa mual. Dengan mengompres bagian belakang leher selama beberapa menit, kamu dapat menenangkan tubuh, serta menurunkan suhu tubuh. Rasa mual itu pun perlahan akan mulai mereda.

5. Mencari udara segar

5 Cara Mengatasi Mual Secara Alami, Gak Perlu Minum Obatunsplash.com/Fernando Brasil

Ketika mabuk perjalanan, biasanya kamu disarankan untuk mencari udara segar supaya rasa tak nyaman itu segera menghilang. Menghirup udara segar biasanya dapat menghilangkan rasa mual.

Cara inilah yang paling sederhana dan mudah. Apabila sedang di rumah, kamu bisa langsung membuka jendela kamar atau ke halaman belakang untuk mencari udara terbuka. 

Selain lima cara alami di atas, kamu juga bisa mencari cara lainnya di sini untuk mengatasi rasa mual. Semoga bermanfaat ya.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani
  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya