TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Wisata Danau Beratan Bakalan Ngadain Tari Kecak di Atas Air

Wah, bakalan keren nih

Suasana di DTW Ulun Danu Beratan (IDN Times/Wira Sanjiwani)

Tabanan, IDN Times - Untuk meningkatkan kunjungan dan menambah daya tarik agar tidak monoton, objek wisata Danau Beratan merencanakan beberapa terobosan baru. Satu di antaranya akan mempersembahkan penampilan Tari Kecak di atas air. Tarian ini diharapkan menjadi ikon baru di objek wisata daerah Kabupaten tabanan ini, selain pemandangan Danau dan Pura Ulun Danu Beratan.

Terobosan-terobosan ini sekaligus untuk mengimbangi kenaikan harga tiket, yang rencananya mulai diterapkan pada 2024 mendatang.

Baca Juga: Harga Tiket Masuk Tanah Lot Naik, Ini Daftarnya

Baca Juga: Tarif Speed Boat DTW Ulun Danu Beratan Naik Jadi Rp200 Ribu

1. Tari Kecak di atas air rencananya tampil 2-3 tahun mendatang

foto hanya ilustrasi (IDN Times/Vanny El Rahman)

Manajer Objek Wisata Danau Beratan, I Wayan Mustika, mengatakan penampilan Tari Kecak ini masih dalam rangka persiapan. Baru sekitar 2-3 tahun akan dipentaskan. Sebab pihaknya harus membuat panggung di atas air, yang anggarannya diperkirakan mencapai Rp200 juta-Rp300 juta. Selain itu, juga harus menyiapkan dan membina sanggar yang akan menampilkan Tari Kecak di atas air.

"Kami harus memilih betul-betul para penarinya. Diutamakan yang sudah settle, dan tidak akan pergi karena alasan belajar atau menikah kemudian pindah ke tempat lain," ujar Mustika dalam acara Kopi Pewarta, Rabu (6/9/2023).

Tari Kecak ini nantinya akan menampilkan kisah sejarah Dewi Danu, sesuai dengan  maskot dari objek wisata Danau Beratan. Penampilannya digelar siang hari dan pada momen-momen khusus.

2. Danau Beratan membangun Taman Dinosaurus

Taman Dinosaurus di Objek Wisata Danau Beratan (Dok.IDNTimes/Istimewa)

Selain mementaskan Tari Kecak di atas air, pihaknya juga telah membangun Taman Dinosaurus sebagai daya tarik baru untuk pengunjung yang datang ke objek eisata Danau Beratan. Saat ini Taman Dinosaurus masih dalam tahap pembangunan. Pengunjung baru bisa menikmatinya pada Januari 2024 mendatang.

Taman Dinosaurus ini dibangun di atas lahan seluas 5 are. Sesuai namanya, akan ada patung dinosaurus setinggi lima meter dan panjang delapan meter.

"Pengerjaan taman ini sudah mencapai 70 persen dan ditargetkan mulai dibuka pada Januari 2024," kata Mustika.

Patung dinosaurusnya juga ada taman kaktus yang berisi 25 jenis. Jadi pengunjung bisa masuk ke dalam mulut patung dinosaurus, dan melihat koleksi kaktus tersebut, lalu keluar lewat ekornya.

Berita Terkini Lainnya