Comscore Tracker

5 Pemicu Sepeda Motor Terbakar Tiba-Tiba dan Cara Mencegah

Sering banget nemuin kejadian kayak gini

Beberapa waktu lalu viral sebuah video yang memperlihatkan sepeda motor tiba-tiba terbakar dengan sendirinya. Kejadiannya ada di seputaran Jalan Sulawesi, Kota Denpasar, Provinsi Bali. Sepeda motor bebek tersebut dalam keadaan terbakar dan apinya cukup besar.

Peristiwa tentu saja bukan sengaja dibakar ya, melainkan ada masalah di sepeda motor tersebut. Kira-kira apa pemicu sepeda motor terbakar tiba-tiba? Berikut penjelasannya, mengutip dari Astra-honda.com.

Baca Juga: 5 Motor Listrik Yamaha, Segera Hadir di Indonesia

Baca Juga: 10 Motor Listrik Honda Mulai 7 Jutaan, Ada Motorcross

1. Bahan bakar mengalami kebocoran

5 Pemicu Sepeda Motor Terbakar Tiba-Tiba dan Cara MencegahIlustrasi saluran bahan bakar. (pixabay.com/ChopyWorks)

Kebocoran bahan bakar bisa disebabkan oleh tangki yang keropos, selang-selang saluran bahan bakar yang sudah berumur, dan sambungan selang atau klem yang rusak.

Kebocoran ini akan mengakibatkan bahan bakar menetes atau merembes. Jika tetesan atau rembesan tersebut terkena percikan api dari sistem pengapian, maka akan menimbulkan kebakaran.

Tetesan atau rembesan bahan bakar ini juga bisa mengenai mesin dalam kondisi yang sangat panas, sehingga memicu munculnya api. Api ini akan sangat mudah menjalar ke seluruh bagian motor, apalagi jumlah bahan bakar di tangkai penyimpanan masih banyak.

2. Modifikasi motor yang berlebihan

5 Pemicu Sepeda Motor Terbakar Tiba-Tiba dan Cara MencegahIlustrasi mesin motor. (unsplash.com/Wolfgang Rottmann)

Modifikasi ini terkait elektrik atau bagian yang menggunakan listrik seperti modifikasi lampu, sound system, dan lainnya. Jika modifikasi ini dilakukan oleh orang yang tidak berpengalaman, maka kemungkinan besar akan menyebabkan konsleting listrik.

Selama proses modifikasi elektrik ini, bagian kabel-kabel harus terlindungi dengan baik dan pastikan tidak ada kabel yang terkelupas. Jika kabel arus positif dan kabel bodi ini bersentuhan tanpa pengaman yang baik, maka lambat laun akan memicu kebakaran.

Selain kabel, satu hal yang perlu diperhatikan adalah jumlah alat atau spare part modifikasi yang akan digunakan. Jangan sampai beban listrik dari alat-alat tersebut melebihi kemampuan dari sepeda motor. Pastikan juga menggunakan spare part yang sudah teruji dan berkualitas baik.

3. Gigitan tikus

5 Pemicu Sepeda Motor Terbakar Tiba-Tiba dan Cara Mencegahhewan tikus. (unsplash.com/Joshua J. Cotten)

Berdasarkan pengalaman penulis, gigitan tikus ini sering menyebabkan kerusakan di bagian sistem elektrik motor. Kerusakan itu membuat sepeda motor tidak mau hidup hingga konsleting listrik.

Masih untung jika kabel yang digigit tersebut langsung putus. Sehingga lebih mudah untuk mencari lokasi putusnya dan bisa diperbaiki. Kalau kabel yang digigit tikus itu tidak sampai terputus, hanya terkelupas di bagian kulitnya saja, maka bisa memicu kebakaran. Karena kabel yang terkelupas rawan bersentuhan langsung dengan kabel lainnya.

Lebih berbahaya lagi jika kabel yang terkelupas itu memiliki arus positif. Kabel positif ini mudah bersentuhan dengan bodi kendaraan. Hal ini bisa menyebabkan kabel panas, dan lama kelamaan bisa memunculkan api yang akan membakar seluruh sepeda motor.

4. Mesin panas atau overheat

5 Pemicu Sepeda Motor Terbakar Tiba-Tiba dan Cara MencegahIlustrasi motor terbakar. (pixabay.com/djm24)

Kondisi mesin yang terlalu panas sangat berbahaya. Kebakaran bisa terjadi jika mesin yang terlalu panas ini terkena percikan oli maupun bahan bakar yang merembes. Mesin juga berisiko mudah terbakar jika terlalu panas.

Selain itu ada faktor eksternal, seperti ada benda yang menempel di bagian mesin atau knalpot yang panas. Benda ini dapat menghambat terjadinya pelepasan panas ke udara. Bagian yang tertutup benda ini akan menjadi lebih panas, dan memicu terjadinya titik awal kebakaran atau sumber api.

5. Cara mencegah sepeda motor tidak terbakar tiba-tiba

5 Pemicu Sepeda Motor Terbakar Tiba-Tiba dan Cara MencegahIlustrasi perawatan motor. (unsplash.com/Kat Sazonova)

Berikut ini cara mencegah sepeda motor terbakar tiba-tiba, sesuai penyebab-penyab yang disebutkan di atas:

  • Merawat sepeda motor secara berkala. Pastikan montir yang melakukan perawatan mengecek seluruh bagian motor, terutama ada atau tidaknya rembesan oli atau bahan bakar
  • Mengganti oli secara berkala sehingga terhindar terjadinya overheat atau panas yang berlebihan di bagian mesin motor
  • Memastikan kabel-kabel maupun spare part yang digunakan terpasang secara baik dan benar. Gunakan spare part orisinil dan berkualitas
  • Menyemprotkan cairan pengusir tikus atau rat repellent yang banya dijual di pasaran. Hal ini untuk mencegah tikus bersarang di sepeda motor
  • Pastikan sepeda motor kamu dirawat atau dimodifikasi oleh orang-orang yang ahli dan berpengalaman
  • Gunakan alat pemadam kebakaran jika sepeda motor kamu terbakar. Hindari menggunakan air. Terkadang penggunaan air tidak banyak membantu, dan justru membuat apinya semakin besar.

Itulah pemicu sepeda motor terbakar tiba-tiba dan cara mencegahnya. Jadi sayangi dan rawat kendaraanmu secara berkala. Semoga artikel ini membantu ya.

Ari Budiadnyana Photo Community Writer Ari Budiadnyana

Menulis dengan senang hati

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya