Comscore Tracker

Pesona Pantai Watotena Adonara di Flores Timur

Karcis masuknya hanya Rp5 ribu tapi dapat pemandangan cantik

Pulau Adonara, Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (Flotim-NTT), menyimpan sejumlah wisata alam yang masih belum terjamah. Buat kamu yang hobi traveling, tidak ada salahnya menjejakkan kaki di pulau yang terletak di bagian Timur Flores ini.

Banyak wisata alam yang tidak hanya menawan namun juga unik, bisa dijelajahi ketika berada di pulau Adonara. Salah satu objek wisata di Pulau Adonara yang populer dikunjungi yaitu Pantai Watotena.

Berikut keindahan dan keunikan pantai Watotena, Adonara saat IDN Times mengunjunginya, Kamis (13/6).

1. Terkenal dengan sebutan gugusan berbentuk perahu

Pesona Pantai Watotena Adonara di Flores TimurIDN Times/Hisyamudin Keleten Kelin

Sesuai dengan nama Watotena, masyarakat setempat menyebut pantai ini sebagai gugusan berbentuk perahu. Disebut gugusan perahu karena di pantai ini terdapat sebuah batu hitam yang berdiri kokoh menyerupai perahu. Secara harfiah, Watotena berarti batu perahu.

Objek wisata ini semakin memesona dengan hamparan pasir putih di bibir pantai serta kejernihan air laut bergradasi hijau kebiruan. Pecahan-pecahan batu magma yang berdiri kokoh di atas permukaan pasir membuat pantai ini terlihat sangat apik.

2. Banyak spot foto menarik bisa didapatkan di Pantai Watotena

Pesona Pantai Watotena Adonara di Flores TimurIDN Times/Hisyamudin Keleten Kelin

Sahabat traveler yang ingin mengabadikan momennya tak perlu khawatir. Karena di pantai ini menawarkan banyak spot foto menarik. Selama berada di Pantai Watotena, kamu akan disuguhi panorama alam yang indah memesona.

Bagaimana tidak, kamu dapat melihat bukit Pulau Lembata di sebelah timur serta Pulau Solor di sebelah barat daya. Yang tak kalah menarik dan wajib diabadikan yakni panorama Gunung Ile Boleng yang berada tepat di belakang Pantai Watotena.

Di pantai ini, kamu juga bisa menikmati matahari terbenam atau sunset. Saat awan mulai menyelimuti bibir pantai, tersibak hangatnya sinar mentari yang sungguh menakjubkan.

3. Tak perlu menyelam untuk melihat keindahan alam bawah laut

Pesona Pantai Watotena Adonara di Flores TimurIDN Times/Hisyamudin Keleten Kelin

Pantai dengan kejernihan air sebening kristal ini memungkinkan kamu tidak perlu menyelam terlalu dalam untuk melihat terumbu karang yang masih alami. Bahkan keindahan alam bawah laut bisa disaksikan dari atas bebatuan.

Tak heran panorama yang indah ini membuat banyak pengunjung memilih menghabiskan waktu libur dengan bermandi atau sekadar bersantai menunggu sunset di pantai ini.

Namun kamu yang ingin mandi atau sekadar bermain air di pantai ini, disarankan perlu berhati-hati karena kondisi ombak di Pantai Watotena pada waktu tertentu cukup besar. Kendati demikian, deburan ombak hingga terhempas pecah pada dinding bebatuan di bibir pantai ini bisa menjadi spot foto yang sangat menarik untuk tidak dilewatkan.

Di sekeliling pantai juga disuguhi oleh pemandangan dan pepohonan rimbun yang banyak dihuni spesies hewan seperti monyet. Sekitar satu kilometer di sebelah timur pantai ini juga terdapat sebuah pantai yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Yakni Pantai Ena Burak. Kamu bisa beranjak ke sana ketika sudah puas mengeksplor Pantai Watotena. Dapat dua pemandangan sekaligus ya ternyata.

4. Pengunjung Pantai Watotena hanya dikenakan biaya karcis Rp5 Ribu

Pesona Pantai Watotena Adonara di Flores TimurIDN Times/Hisyamudin Keleten Kelin

Pantai Watotena terletak di Desa Nelerereng, Kecamatan Ile Boleng Adonara Timur, Flotim. Kamu membutuhkan waktu kurang lebih dua jam dari Kota Larantuka yakni pusat Kota Kabupaten Flotim, untuk menuju Pantai Watotena.

Dari Larantuka menuju Pulau Adonara, kamu hanya bisa menggunakan perahu motor. Karena Larantuka dan Adonara merupakan dua pulau terpisah lautan. Biaya tiket perahu motor pun cukup murah, hanya Rp25 ribu per orang.

setelah tiba di Pelabuhan Waiwerang yakni pusat kota Pulau Adonara, kamu bisa langsung menuju ke Pantai Watotena dengan menyewa sepeda motor atau menggunakan kendaraan umum.

Selama perjalanan dari Larantuka menuju Watotena di Pulau Adonara, kamu akan terpesona melihat pemandangan indah yang sangat memikat. Untuk biaya masuk ke pantai ini, pengunjung hanya dikenakan biaya karcis Rp5 Ribu. Sangat murah kan? Yuk segera rencanakan traveling ke Adonara!

Baca Juga: Awas, 5 Sambal Khas Bali ini Bikin Kamu Ketagihan

Topic:

  • Irma Yudistirani
  • Septi Riyani

Just For You