Comscore Tracker

Spot Savana Menarik di Curah Macan Bondowoso Jatim, Pas Buat Traveller

Bisa jadi rekomendasi liburan bareng temen nih

Tak perlu keluar negeri, para traveller bisa menemukan tempat yang ciamik untuk dikunjungi dan berswafoto cukup dengan menjelajah ke Kabupaten Bondowoso,  Jawa Timur, tepatnya di Dusun Curah Macan, Desa Kali Anyar, Kecamatan Sempol.

Seorang traveller Dodik Andinata merekomendasikan lokasi ini. Menurutnya, tempat ini dipenuhi dengan perbukitan savana yang indah. Jika kalian para traveller tertarik mengunjunginya, biasanya akan ada guide lokal yang membantu anda menuju spot cantik ini. Intip yuk foto-foto indahnya di bawah ini!

1. Kawah Wurung dikenal dengan savananya

Spot Savana Menarik di Curah Macan Bondowoso Jatim, Pas Buat TravellerPotret Kawah Wurung di Kabupaten Bondowoso (Dok.IDN Times/Dodik Andinata)

Menurut Dodik, tempat yang dipenuhi dengan perbukitan savana dan terkenal di kalangan traveller adalah Kawah Wurung. Untuk berkunjung hanya ke Kawah Wurung biasanya dikenakan biaya Rp20 ribu per orang dengan menggunakan satu sepeda motor. Apabila memakai mobil biaya Rp 30 ribu untuk empat penumpangnya.

2. Ladang Gembala Kawah Wurung juga menggoda

Spot Savana Menarik di Curah Macan Bondowoso Jatim, Pas Buat TravellerPotret LAdang Gembala Kawah Wurung di Kabupaten Bondowoso (Dok.IDN Times/Dodik Andinata)

Lalu cobalah berkunjung ke ladang gembala Kawah Wurung. Di sana kalian biasanya akan dipandu dengan guide lokal. Dengan rerumputan yang sedikit berwarna cokelat, bakal mempercantik foto kalian.

“Jadi di ladang gembala itu, kita turun ke lembah untuk melihat sapi gembala yang memang dibiarkan setiap hari di sana,” jelasnya pada Senin (14/9/2020).

3. Jika beruntung akan ketemu Ladang Sawi Jampit

Spot Savana Menarik di Curah Macan Bondowoso Jatim, Pas Buat TravellerPotret Ladang Sawi di Kabupaten Bondowoso (Dok.IDN Times/istimewa)

Menurut Dodik, apabila beruntung kalian akan menemukan ladang sawi saat musim tanam tiba. Spot ini sangat menarik kala tanaman sawi mulai berbunga kuning. Namun jika tidak, kalian juga bisa bergeser ke spot lainnya.

4. Bukit Jabal Kirmit, tepat untuk pemandangan landscape

Spot Savana Menarik di Curah Macan Bondowoso Jatim, Pas Buat TravellerPotret Bukit Jabal Kirmit di Kabupaten Bondowoso (Dok.IDN Times/istimewa)

Ingin melihat pemandangan landscape atau bentangan alam yang lebih luas, para traveller disarankan mengunjungi Bukit Jabal Kirmit.

5. Guest house jampit, cukup untuk dua belas orang

Spot Savana Menarik di Curah Macan Bondowoso Jatim, Pas Buat TravellerPotret guest house jampitdi Kabupaten Bondowoso (Dok.IDN Times/Dodik Andinata)

Jika kalian ingin berlama-lama di lokasi ini, tak perlu khawatir. Karena kalian bisa menginap di guest house. Menurut info dari Dodik, harga guest house Rp2,4 jutaan per malam dengan kapasitas 12 orang.

Disarankan mengunjungi lokasi ini pada bulan Januari-Juni karena rumputnya akan berwarna hijau dan Agustus-Desember rumputnya berwarna kuning. Untuk datang ke sini, kalian bisa melewati Kabupaten Banyuwangi atau Bondowoso. Lokasinya terletak kurang lebih 3 km dari Paltuding (Parkiran Kawah Ijen). Selain spot-spot di atas kalian juga bisa mengunjungi puncak Darmar Wulan, Kawah Ilalang, dan kawasan Batu Purba.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya