Comscore Tracker

5 Fakta Desa Sayan, Lokasi Liburan Dian Sastro di Ubud

Bisa healing spiritual di sini #Bali

Dian Sastrowardoyo bersama suami, Maulana Indraguna Sutowo, meluangkan waktunya untuk liburan ke Bali. Lokasi yang dipilih oleh pemeran Cinta dalam film Ada Apa Dengan Cinta ini adalah Ubud, tempat wisata terbaik di dunia.

Dian Sastro mengunjungi Desa Sayan yang berada di Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar. Seperti apakah Desa Sayan ini? Yuk, cek fakta-fakta tentang desa ini.

Baca Juga: 9 Potret Dian Sastro dan Suami Liburan di Ubud, Tak Lupa Gym

1. Desa Sayan termasuk desa wisata di Kecamatan Ubud

5 Fakta Desa Sayan, Lokasi Liburan Dian Sastro di UbudSalah satu aktifitas di Desa Sayan, Ubud. (facebook.com/Desa Wisata Sayan)

Selain Sayan, beberapa desa di Kecamatan Ubud juga terkenal sebagai tempat tujuan wisata seperti Desa Peliatan, Desa Mas, Desa Lotunduh, Desa Ubud, dan Desa Singakerta.

Desa Sayan termasuk desa wisata di Kabupaten Gianyar. Hal ini Berdasarkan SK Bupati Nomor 762/E-02/HK/2020 Tentang Penetapan Desa Wisata di Kabupaten Gianyar. Sebagai desa wisata, Desa Sayan memiliki beragam aktivitas yang bisa kamu lakukan di sini. Selain itu, Desa Sayan menyajikan pemandangan alamnya yang masih asri dan sangat bagus dijadikan sebagai spot foto.

Baca Juga: Mengenal Desa Tenganan, Bali Aga yang Pertahankan Tradisi Leluhur 

2. Aktivitas melukis di Young Artist Painting

5 Fakta Desa Sayan, Lokasi Liburan Dian Sastro di UbudYoung Artist Painting di Desa Sayan, Ubud. (facebook.com/Desa Wisata Sayan)

Ubud tak hanya indah alamnya, tetapi juga dikenal dengan seni lukisnya. Beragam aliran seni rupa berkembang di Ubud, satu di antaranya aliran Young Artist.

Arie Smit, seorang pelukis asal Belanda yang telah lama tinggal di Ubud, mencetuskan sebuah aliran seni rupa yang ia beri nama Young Artist. Tema yang diangkat biasanya tak jauh dari kehidupan masyarakat sehari-hari, dan pemandangan alam khas Ubud.

Jika mengunjungi Desa Sayan, kamu bisa belajar melukis bersama para maestro Young Artist yang ada di desa ini. Belajar melukis menjadi aktivitas favorit wisatawan pada saat mengunjungi Desa Sayan.

3. Spiritual healer

5 Fakta Desa Sayan, Lokasi Liburan Dian Sastro di UbudJro Made sedang melalukan healing spiritual. (facebook.com/Desa Wisata Sayan)

Ubud juga dikenal sebagai lokasi yang dipilih wisatawan untuk melakukan healing spiritual atau pengobatan atau penyembuhan secara tradisional dengan kekuatan gaib. Desa Sayan terdapat healer yang cukup terkenal di kalangan masyarakat dan wisatawan, yaitu Jro Made Kontenshi.

Banyak masyarakat yang meminta bantuan penyembuhan secara tradisional kepada Jro Made, begitu ia sering disapa. Ia juga bisa membaca berbagai macam aspek kehidupan mulai dari karier, percintaan, rintangan kehidupan, transfer energi untuk mewujudkan jia sejati manusia yang ramah dan ceria.

Jika memiliki gangguan-gangguan dari kekuatan negatif seperti ilmu hitam dan sejenisnya, kamu bisa berkonsultasi dengan Jro Made. Menarik ya, tidak hanya aktivitas wisata, kamu juga bisa konsultasi spiritual di desa ini.

Baca Juga: 6 Fakta Layangan Naga Terbesar dari Sanur, Fenomenal di Bali

4. Melihat pementasan Angklung Gangsa

5 Fakta Desa Sayan, Lokasi Liburan Dian Sastro di UbudAngklung Gangsa di Desa Sayan, Ubud. (facebook.com/Desa Wisata Sayan)

Angklung Gangsa adalah seni budaya yang ada di Desa Sayan. Kata Gangsa memiliki arti bilah daun, sedangkan angklung adalah jenis gambelan atau gamelan.

Angklung Gangsa ada kaitannya dengan sejarah terbentuknya Desa Sayan. Gambelan ini pada zaman dahulu dibawa oleh penduduk Desa Mas, Ubud, di mana daun bilahnya berjumlah 4 lembar. Gambelan ini diwariskan hingga sekarang.

Angklung ini memiliki keunikan, terutama dari bahan pembuatannya. Angklung umumnya terbuat dari bahan bambu. Namun Angklung Gangsa terbuat dari bahan karawang. Kualitas nada dan suaranya khas, serta iramanya lebih tinggi dari angklung pada umumnya. Kamu bisa menemui pertunjukan Angklung Gangsa di beberapa tempat Desa Sayan.

5. Menikmati kuliner di Desa Sayan

5 Fakta Desa Sayan, Lokasi Liburan Dian Sastro di UbudSalah satu kuliner legendaris di Desa Sayan, Warung Mek Juwel. (instagram.com/warungmekjuwel)

Selama mengunjungi suatu tempat wisata, satu hal yang tidak boleh kamu lewatkan adalah mencoba kulinernya. Begitu juga ketika mengunjungi Desa Sayan, kamu wajib mencoba beberapa kuliner yang ada di desa ini.

Kamu bisa menikmati kuliner tradisional hingga modern. Beberapa tempat kuliner yang bisa dicoba adalah Warung D'Teba, Warung Mak Juwel, Warung Bijaku, Nasi Lawar Antos, hingga Warung O'lala Pizza yang khusus menjual beragam menu pizza. Untuk informasi selengkapnya, kamu bisa baca artikel Kuliner Desa Sayan Ubud.

Kamu juga bisa menikmati kuliner di tempat-tempat berkelas, seperti yang dilakukan oleh Dian Sastro dan suami. Kamu tidak perlu khawatir jika mau mencoba kuliner di Desa Sayan.

Selain di atas, masih ada beragam aktivitas lain yang bisa dilakukan seperti bersepeda, water tubbing, trekking, dan sebagainya. Menarik ya desa yang dipilih oleh Dian Sastro dan suami ini.

Jika berminat mengunjungi desa wisata ini, kamu memerlukan waktu sekitar 45 menit berkendara dari Kota Denpasar. Mumpung liburan nih, langsung berangkat yuk!

ari budiadnyana Photo Community Writer ari budiadnyana

Menulis dengan senang hati

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya