TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Tiket Masuk Gunung Abang, Puncak Tertinggi Ketiga di Bali

Jalurnya teduh karena banyak pepohonan rindang

Puncak Gunung Abang yang teduh (Dok.Pribadi/Natalia Indah)

Gunung Abang merupakan gunung di Bali yang aman untuk aktivitas pendakian. Dengan ketinggian sekitar 2.151 mdpl, gunung berapi ini sudah tidak aktif lagi. Pendakiannya membutuhkan waktu sekitar 3 hingga 4 jam untuk sampai di puncak. Buat kamu yang ingin mendaki Gunung Abang di Bali, simak ulasan lengkapnya di bawah ini ya!

Baca Juga: 5 Tips Memilih Asuransi Perjalanan Sebelum Traveling

Baca Juga: 5 Gunung yang Terlihat Jika Naik Pesawat Jakarta-Bali

1. Lokasi Gunung Abang

Kawasan pura yang ada di puncak Gunung Abang (Dok.Pribadi/Natalia Indah)

Gunung Abang berada di Desa Abangsongan, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli. Pendakian di gunung ini bisa dimulai dari Desa Suter di area Kintamani. Perjalanan menuju titik awal pendakian ditempuh sekitar 2 jam dari Kota Denpasar.

Kamu bisa mengarahkan kendaraanmu menuju Kintamani dengan melewati Museum Geopark Batur, lalu ambil belokan ke kanan melewati hutan dengan jalan yang cukup sempit. Nanti kamu akan menemukan Pura Munggu, dan ini merupakan tempat batas akhir untuk parkir kendaraan sebelum melanjutkan pendakian.

2. Syarat pendakian yang harus diperhatikan

Syarat mendaki Gunung Abang Bali (Instagram.com/@gunung_abang_2151.mdpl)

Sebelumnya, pendakian Gunung Abang sempat ditutup karena ada upacara keagamaan, dan sekarang sudah dibuka kembali. Karena termasuk dalam kawasan suci di Bali, ada beberapa syarat yang harus kamu patuhi selama mendaki Gunung Abang.

Syarat-syarat tersebut di antaranya berpakaian sopan dan layak, perempuan yang sedang datang bulan dilarang memasuki tempat suci, tidak dalam pengaruh alkohol atau zat adiktif, menjaga lisan, meminta izin dari petugas setempat, tidak duduk di tempat pemujaan, menjaga kebersihan, menghormati dan mematuhi aturan yang berlaku.

3. Harga tiket masuk Gunung Abang

Jalur pendakian menuju puncak Gunung Abang (Dok.Pribadi/Natalia Indah)

Harga tiket masuk mendaki Gunung Abang sebesar Rp24.000 per orang. Kamu bisa menyewa jasa pemandu maupun mendaki sendiri. Terdapat dua pos pendakian sebelum sampai puncak. Pos-pos di Gunung Abang ini, ditandai dengan bangunan pura dan bisa digunakan sebagai tempat istirahat.

Sepanjang jalan menuju ke puncak gunung pun sudah ada papan petunjuk yang jelas. Hanya saja kalau mendaki tanpa tour guide, kamu harus membawa peta pendakian atau memanfaatkan peta digital untuk berjaga-jaga.

Verified Writer

Natalia Indah Kartikaningrum

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya