Comscore Tracker

Inilah yang Dirasakan Orang Buta Ketika Bermimpi

Kamu pasti gak percaya apa yang mereka mimpikan

Siapa yang tidak pernah bermimpi. Hampir semua orang akan mengingat mimpinya, ada pula yang tidak mengingatnya sama sekali. Namun pernahkan kamu berpikir, bagaimana dengan orang buta dari lahir, apakah mereka bisa bermimpi? Berikut ini penjelasannya.

1. Penelitian ini melibatkan 25 orang buta

Inilah yang Dirasakan Orang Buta Ketika Bermimpiksl.com

Sebuah jurnal yang dipublikasi dalam Sleep Medicine pada tahun 2014, melihat lebih dalam ke "pembentukan mimpi secara sensorik" terhadap para orang buta.

Para peneliti neurosains dari University of Copenhagen mengumpulkan 25 orang buta: 11 di antaranya buta dari lahir, sementara 14 sisanya mengalami kebutaan setelah usia 1 tahun, bersama dengan 25 partisipan lain yang mampu melihat.

Baca Juga: Kenapa Semut Suka Mendatangi Makanan Manis? Nih Penjelasannya

2. Selama empat minggu, para peneliti mewawancarai para partisipan mengenai mimpi mereka

Inilah yang Dirasakan Orang Buta Ketika Bermimpimedicaldaily.com

Mereka diminta untuk mengisi diary mimpi ketika terbangun dari tidur tiap hari. Diary mimpi tersebut berisi segala macam pertanyaan yang membuat kita penasaran: Seperti apa mimpi mereka?

3. Apa yang mereka lihat dalam mimpi? Apakah mereka mengalami mimpi buruk?

Inilah yang Dirasakan Orang Buta Ketika Bermimpibuzzfeed.com

Hasil penelitian menemukan, bahwa partisipan buta melaporkan rasa yang jauh lebih banyak dan bervariasi dalam mimpi mereka, dibandingkan dengan partisipan yang bisa melihat.

Dengan pengukuran yang sama, mereka mengalami sensasi yang lebih jelas mengenai suara, sentuhan, rasa dan bau. Orang yang mampu melihat cenderung mengingat hanya sensasi visual dari mimpinya.

4. Orang yang gak buta dari lahir masih bisa mendapatkan gambaran visual dalam mimpi, dan bisa menjelaskan adegan yang mereka lihat dalam mimpi

Inilah yang Dirasakan Orang Buta Ketika BermimpiPexels/Ivan Obolensky

Baca Juga: Selain Sabung Ayam, 5 Tradisi Leluhur di Bali ini Masih Eksis

Mereka yang mengalami kebutaan bukan bawaan lahir atau pernah melihat sebelumnya, melaporkan adanya beberapa sensasi visual. Penelitian mencatat bahwa kebanyakan dari mereka menjabarkan objek atau adegan secara verbal dengan kosa kata serba visual.

Hal ini membuat peneliti meragukan jika mereka punya kekurangan pada penglihatan. Walau begitu, semakin lama seseorang mengalami kebutaan, semakin sedikit memori mereka, dan semakin gak jelas deskripsi visual yang mereka ungkapkan.

5. Emosi dan 'tema' dari mimpi yang mereka dapatkan kurang lebih serupa dengan orang yang tidak buta

Inilah yang Dirasakan Orang Buta Ketika BermimpiUnsplash.com/Cristian Newman

Gak ada perbedaan yang berarti antara ketiga grup yang diteliti, dan seberapa sering mereka bermimpi indah ataupun buruk. Fakta lain yang lebih penting adalah bahwa mimpi buruk jauh lebih membekas pada orang buta. Contoh umumnya adalah saat tersesat, ditabrak mobil, kehilangan orang-orang tercinta ataupun jatuh dari ketinggian.

https://www.youtube.com/embed/XpUW9pm9wxs

Peneliti gak fokus mendalam ke arah sana. Meski begitu peneliti berspekulasi bahwa mimpi tersebut merupakan penenang dari kecemasan sehari-hari mereka. Ini diakibatkan masalah sehari-hari mereka berkisar pada indera yang masih aktif, makanya mimpi mereka merefleksikan itu.

6. Dalam sebuah video YouTube, Tommy Edison – seorang YouTuber yang buta dan kritikus film menyampaikan pengalaman pribadi tentang apa yang ia lihat dalam mimpinya

https://www.youtube.com/embed/-uXDUIC2FWM

Saya sudah buta sejak lahir, jadi saya gak pernah melihat sama sekali seumur hidup, jadi kondisi di luar kesadaran saya pun gak tahu bagaimana rasanya melihat. Jadi mimpi saya pun seperti apa yang saya rasakan tiap hari: bau, suara, rasa dan sentuhan.

Cobalah kamu menutup mata dan lakukan aktivitas seperti biasanya. Nah, seperti itulah rasanya mimpi sebagai orang buta. Jadi, kamu patut bersyukur jika masih bisa melihat. Bisa kamu bayangkan, bagaimana seramnya ketika mimpi dikejar oleh sesuatu tapi gak bisa melihat? Seperti itulah rasanya.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya