Comscore Tracker

5 Seni Budaya Bali yang Harus Dilestarikan Millennials dan Gen Z

Karena seni budaya inilah Bali sangat terkenal

Provinsi yang biasa disebut Pulau Dewata ini sudah tidak diragukan lagi keindahannya. Maka tak salah bila selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun asing. Mengapa Pulau Seribu Pura ini ramai dikunjungi wisatawan? Sebab keragaman seni budayanya membuat wisatawan seakan enggan meninggalkan Pulau Bali.

Berikut adalah lima seni budaya populer dan terkenal di Bali. Dengan informasi ini, anak muda generasi millennials dapat memahami dan melestarikan budaya negeri sendiri.

1. Tari Pendet

5 Seni Budaya Bali yang Harus Dilestarikan Millennials dan Gen Zindonesiakaya.com

Tarian ini pernah diklaim oleh negara tetangga kita, Malaysia. Inilah tari pendet. Tari ini merupakan tari berkelompok yang biasanya ditarikan oleh perempuan. Di beberapa daerah, tarian ini ditarikan oleh pria. Fungsi tari pendet adalah untuk menyambut Dewa atau Tuhan turun ke bumi, saat dilaksanakan upacara keagamaan.

Selain itu, tari pendet juga berfungsi sebagai tari menyambut tamu. Kepopuleran tari pendet jangan diragukan. Buktinya, negara tetangga seperti Malaysia mengklaim tarian ini sebagai budayanya. Tentu tidak ingin jika kekayaan budaya kamu dirampas oleh negara lain, kan? Karena itu, jaga dan lestarikan tari pendet.

2. Ogoh-ogoh

5 Seni Budaya Bali yang Harus Dilestarikan Millennials dan Gen ZFoto hanya ilustrasi. (IDN Times/Irma Yudistirani)

Satu karya seni rupa yang populer di kalangan remaja Bali adalah ogoh-ogoh. Hampir seluruh organisasi pemuda membuat ogoh-ogoh menjelang Hari Raya Nyepi. Ogoh-ogoh merupakan sebuah patung boneka yang dibuat dari anyaman bambu, kayu, kertas koran, dan lainnya.

Wujud ogoh-ogoh memang terlihat menyeramkan. Hal ini karena ogoh-ogoh merupakan simbol dari keburukan bhuta kala. Setelah diarak keliling desa atau kota, ogoh-ogoh harus dibakar untuk menghilangkan pengaruh buruk bhuta kala di muka bumi. Saat ini karya seni ogoh-ogoh semakin menarik dan luar biasa.

3. Drama Gong

5 Seni Budaya Bali yang Harus Dilestarikan Millennials dan Gen Zbaliaround.com

Merebaknya film sinetron membuat generasi millennial lupa dengan drama tradisional yang diwariskan secara turun-temurun oleh leluhur. Di Bali, ada kesenian drama tradisional yang populer yaitu drama gong. Drama gong merupakan drama tradisional yang sering dipentaskan di panggung atau tempat lain.

Cerita yang dibawakan berasal dari cerita lama zaman kerajaan. Tokoh-tokoh yang ditampilkan bukan hanya tokoh utamanya saja,. Mlainkan tokoh-tokoh lucu seperti Dolar, Petruk, Cedil, dan Dadab.

4. Wayang kulit

5 Seni Budaya Bali yang Harus Dilestarikan Millennials dan Gen Ztravelfoodfashion.com

Anak zaman sekarang tentu sudah melupakan wayang kulit. Hal ini karena pengaruh sinetron yang  membuat wayang kulit ditinggalkan begitu saja. Di Bali, wayang kulit sering dipentaskan baik dalam upacara keagamaan maupun hiburan. Saat ini wayang kulit populer di Bali adalah wayang cenk blonk.

Wayang dengan dalang, I Wayan Nardayana ini sering pentas dan videonya sering tersebar di media sosial. Selain itu, ada wayang joblar ABG, pas sekali untukmu generasi millennials.

5. Kidung dan kekawin

5 Seni Budaya Bali yang Harus Dilestarikan Millennials dan Gen Zwww.kidungbali.org

Anak muda generasi millennials pasti suka lagu, kan? Tapi tentu lagu yang disukai adalah lagu barat, dangdut, rock, atau lainnya. Sekali-kali sukailah lagu-lagu suci yang bisa membuatmu damai dan tenteram begitu mendengarkanya.

Di Bali, juga ada lagu suci yang dinyanyikan saat upacara tertentu. Lagu tersebut dinamakan kidung dan kekawin. Cerita dari lagu tersebut berasal dari cerita lama dan jalan kebaikan. Jika mendengarkannya, hati kamu akan tenteram sekaligus mendapat pengetahuan.

Kidung dan kekawin dapat dinyanyikan oleh siapa saja baik pria maupun perempuan. Suaranya pun tidak akan kalah merdu dengan lagu kekinian yang sering kamu dengar.

Itulah lima seni budaya populer di Bali. Sebagai generasi millennial, sudah sepatutnya melestarikan seni budaya negeri sendiri. Jangan baru diklaim oleh negara lain kamu protes. Seperti halnya pacar. Bila kamu jaga dengan baik, pacarmu pun tidak akan direbut orang. Iya gak?

I Putu Yoga Sadhu Photo Community Writer I Putu Yoga Sadhu

Lulusan Pendidikan.Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Just For You