TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Jadwal Hari Raya Hindu Agustus 2024, Ada Tumpek Bubuh

Setiap bulan selalu ada rahinan atau hari raya di Bali

Upacara Tumpek Wariga. (instagram.com/saida_areta)

Umat Hindu, khususnya di Bali, selalu merayakan hari suci (hari raya) atau rahinan dalam setiap bulan seperti Purnama, Tilem, dan Kajeng Kliwon. Ada juga yang jatuhnya setiap 210 hari sekali dan setiap setahun sekali. Untuk kamu yang sedang mencari jadwal hari raya Hindu Agustus 2024, berikut ini daftarnya. Langsung dibaca ya, guys!

1. Tilem

Pada Agustus 2024, rahinan Tilem jatuh, pada Minggu (4/8/2024), Redite Pon, wuku Kulantir. Tilem pada Agustus 2024 merupakan Tilem Kasa atau tilem bulan pertama dalam kalender Bali. Tilem sering juga disebut dengan bulan mati, karena saat rahinan ini, bulan tidak terlihat.

Menurut Lontar Sundarigama, rahinan Tilem adalah waktunya (hari) Dewa Surya beryoga. Persembahan sederhananya adalah menghaturkan canang dan segehan. Umat Hindu melakukan persembahyangan untuk memohon anugerah dari Sang Pencipta.

2. Purnama

Rahina Purnama dilaksanakan, Senin (19/8/2024), Soma Pon, wuku Warigadean. Purnama pada Agustus 2024 ini merupakan Purnama Karo atau Purnama bulan kedua dalam kalender Bali. Purnama disebut sebagai hari bulan penuh, karena saat Purnama bulan terlihat penuh dan bersinar terang.

Menurut Lontar Sundarigama, Purnama adalah harinya Dewa Chandra beryoga. Setiap umat Hindu melakukan penyucian diri dan persembahyangan agar selalu mendapat berkah beserta sinar terang dari Ida Sang Hyang Widhi Wasa. Rahinan Purnama juga sering menjadi hari baik untuk melukat atau mandi suci.

Saat Purnama, umat Hindu menghaturkan sarana upacara berupa daksina/pejati, segehan, banten ajengan/sodan, canang, serta beberapa sarana lainnya sesuai dengan tradisi dan adat istiadat desa setempat.

3. Kajeng Kliwon Uwudan atau Buda Kliwon Gumbreg

Kajeng Kliwon merupakan rahinan jatuh setiap 15 hari sekali. Kajeng Kliwon dilaksanakan saat pertemuan Triwara (nama-nama hari dalam Kalender Bali yang terdidi dari Pasah, Beteng, dan Kajeng) Kajeng, dan Pancawara (nama-nama hari dalam Kalender Bali yang terdidi dari Pon, Wage, Umanis, Paing, dan Kliwon) Kliwon.

Dalam kalender Bali terdapat tiga jenis Kajeng Kliwon yaitu Kajeng Kliwon Uwudan (Kajeng Kliwon yang jatuh setelah Hari Purnama), Kajeng Kliwon Enyitan (Kajeng Kliwon yang jatuh setelah Hari Tilem), dan Buda Kliwon Gumbreg (Kajeng Kliwon bertepatan dengan hari Rabu atau Buda dan wuku Gumbreg).

Kajeng Kliwon jatuh pada Rabu (21/8/2024), Buda Kliwon, wuku Gumbreg. Kajeng Kliwon ini merupakan Kajeng Kliwon Uwudan karena jatuhnya setelah Hari Purnama. Selain itu, Kajeng Kliwon ini juga merupakan Buda Kliwon Gumbreg karena jatuh pada hari Rabu (Buda) dan wuku Gumbreg. Buda Kliwon Gumbreg ini jatuh setiap 210 hari sekali. Tiga puluh lima hari (satu bulan kalender Bali) setelah rahinan ini adalah Hari Raya Galungan. Saat Kajeng Kliwon, umat Hindu menghaturkan sarana upacara canang, tipat dampulan, dan segehan.

Verified Writer

Ari Budiadnyana

Menyenangi hal-hal baru. Menulis salah satu hobi sejak jaman blog. Menulis apa saja yang ada di hati.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya