TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Pelabuhan Padangbai Landai Menjelang H-2 MotoGP Mandalika

Mungkin ramainya pas H-1 kali ya

Suasana di pintu masuk Pelabuhan Padangbai, Rabu (11/10/2023). (Dok.IDNTimes/istimewa)

Karangasem, IDN Times - Gelaran MotoGP Mandalika akan dimulai pada 13-15 Oktober 2023 mendatang. Sempat diprediksi akan terjadi lonjakan yang siginfikan terhadap penyeberangan di Pelabuhan Padangbai, Kabupaten Karangasem, tujuan Pelabuhan Lembar, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Hingga Rabu (11/10/2023) pagi, arus penumpang ke Pelabuhan Padangbai masih normal. Meskipun demikian, pihak Pelabuhan Padangbai tetap melakukan upaya antisipasi jika sewaktu-waktu terjadi lonjakan penumpang ke Pelabuhan Lembar.

1. Penyeberangan di Padangbai masih normal

Layanan penyeberangan di Lintasan Padangbai (Bali)-Lembar (Lombok, Nusa Tenggara Barat/NTB) selama perhelatan MotoGP Mandalika 2022. (dok. ASDP Indonesia Ferry)

Koordinator Satuan Pelayanan Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XIII Pelabuhan Padangbai, I Nyoman Sastrawan, mengatakan lonjakan penumpang kemungkinan mulai terjadi, Rabu (12/10/2023).

"Kalau pagi ini sebenarnya masih normal (penumpang). Cuma ada angkutan bus ke Lembar mulai tadi malam. Pagi ini juga masih ada bus kosongan ke Lembar," kata Sastrawan, Rabu (11/102023).

Pihaknya mengaku tidak dapat memprediksi apakah akan ada lonjakan penumpang di Pelabuhan Padangbai menjelang MotoGP Mandalika. Namun antisipasi tetap dilakukan untuk mengontrol membeludaknya penumpang.

2. Bongkar muat dipercepat sebagai langkah antisipasi jika penumpang membeludak

Suasana arus balik di Pelabuhan Padangbai, Karangasem, Kamis (27/4/2023). Dok. IDN Times/Istimewa)

Sastrawan menyebutkan, ada skema yang akan diterapkan jika penumpang membeludak menjelang MotoGP Mandalika. Misalnya dengan mempercepat aktivitas bongkar muat barang di Pelabuhan Padangbai. Jika normalnya aktivitas bongkar muat di Pelabuhan Padangbai selama 90 menit, akan dipercepat menjadi 60 menit.

Skema ini akan diterapkan fluktuatif menyesuaikan lonjakan penumpang. Kapal penyeberangan ke Pelabuhan Lembar akan ditambah jika terjadi lonjakan penumpang yang signifikan.

"Terkait antisipasi ya tetap perubahan pola muatan dipercepat, dan ada penambahan jumlah kapal yang kita operasikan kalau itu terjadi lonjakan sesuai hasil rapat di Lembar beberapa waktu lalu," jelas Sastrawan.

Berita Terkini Lainnya