Kendaraan Listrik Akan Bersliweran di Nusa Dua Mulai Besok

Ingat ya, kawasan Nusa Dua dan sekitarnya akan ramai besok

Badung, IDN Times - Warga di kawasan Nusa Dua, Kabupaten Badung, dan sekitarnya bakalan kembali melihat banyak kendaraan listrik yang bersliweran di jalan raya, mulai besok (10/9/2023). Kendaraan ini akan menjadi akomodasi utama rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Archipelagic and Island States (AIS) Forum yang digelar mulai 10-11 Oktober 2023 di Nusa Dua. Total ada 430 kendaraan listrik telah disiapkan oleh Pemerintah Indonesia.

Ratusan unit tersebut terdiri atas empat merek yang akan melayani delegasi mulai dari Very Very Important Person (VVIP) hingga Very Important Person (VIP).

Baca Juga: Warga Diajak Tak Main Layang-Layang Selama KTT AISF di Bali

1. Disiapkan empat merek kendaraan listrik

Kendaraan Listrik Akan Bersliweran di Nusa Dua Mulai BesokBMW i7 (dok. BMW)

Kepala Bagian Kendaraan, Biro Umum Kementerian Sekretaris Negara (Kemensetneg), Masduki, dalam rilis yang diterima Sabtu (7/10/2023), mengatakan kendaraan ramah lingkungan terdiri atas empat merek, yakni:

  • BMW tipe i7: 28 unit 
  • Hyundai, totalnya 236 unit: tipe Ioniq 6 sebanyak 38 unit, dan Ioniq 5 sebanyak 198 unit
  • Toyota tipe bZ4X: 66 unit
  • Wuling Air Ev: 100 unit.

Penggunaan BMW i7 akan dipergunakan sebagai kendaraan VVIP untuk melayani tamu kepala negara. Sedangkan Hyundai Ioniq 6 disiapkan sebagai kendaraan VIP seperti menteri dan level di bawahnya. Para delegasi yang hadir mendampingi kepala negara atau menteri disiapkan kendaraan Toyota bZ4X.

“Rangkaian ini tidak terlepaskan dan hanya dapat digunakan Bandara-Hotel-Venue,” kata Masduki.

2. Disiapkan shuttle bus gratis bagi para jurnalis

Kendaraan Listrik Akan Bersliweran di Nusa Dua Mulai BesokIlustrasi pers (IDN TImes/Arief Rahmat)

Masduki melanjutkan, selain VVIP dan VIP, pemerintah juga menyiapkan tiga unit mobil Wuling Air EV untuk operasional masing-masing negara. Penggunaan Wuling Air EV ini diserahkan kepada masing masing naradamping atau Liaison Officer (LO), yang serah terimanya telah dilakukan oleh Kemensetneg ke Kementerian Luar Negeri.

Panitia penyelenggara KTT AIS Forum juga telah menyiapkan shuttle bus gratis bagi para jurnalis dari beberapa titik keberangkatan menuju Media Center di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC) di Nusa Dua. Pengadaan shuttle bus ini untuk memudahkan pergerakan jurnalis peliput KTT AIS Forum menuju dan meninggalkan Media Center. Ada dua titik keberangkatan dengan tiga rute. Jurnalis agar memanfaatkan layanan ini untuk menuju Media Center.

3. Penggunaan kendaraan listrik sebagai komitmen keberlanjutan lingkungan

Kendaraan Listrik Akan Bersliweran di Nusa Dua Mulai BesokKTT AIS Forum 2023 untuk pertama kalinya digelar di Bali, 10-11 Oktober 2023. (IDN Times/Umi Kalsum)

Sekretaris Daerah Provinsi Bali, Dewa Made Indra, saat keterangan pers, Jumat (6/10/2023) sebelumnya, menyatakan pemanfaatan kendaraan listrik adalah komitmen untuk mendukung keberlanjutan lingkungan dalam KTT AIS Forum 2023.

"Pemanfaatan kendaraan listrik juga telah dipakai petugas kepolisian saat melakukan patroli dan pengawalan untuk KTT AIS Forum. Kendaraan-kendaraan di venue juga rata-rata sudah kendaraan listrik," ujar Indra.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya