RSJ Bangli Buka Layanan Melukat Untuk Kesehatan Mental

Kalau susah tidur atau mengalami kecemasan, bisa nyobain lho

Bangli, IDN Times- Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Provinsi Bali di Kabupaten Bangli (RSJ Bangli) mulai membuka layanan kesehatan tradisional untuk masyarakat. Layanan ini mencakup pelayanan kesehatan mental dengan kearifan lokal Bali, seperti yoga, hipnoterapi, hingga obat-obatan herbal.

Uniknya, RSJ Bangli juga membuka pelayanan melukat (menyucikan diri dengan air) untuk pasien dengan gangguan kejiwaan ringan hingga sedang, seperti susah tidur ataupun gangguan kecemasan. Saat ini RSJ Bangli tengah menyusun standar operasional untuk melaksanakan layanan kesehatan tradisional ini.

Baca Juga: Makna Melukat yang Dijalani Artis di Bali

1. Layanan yoga hingga melukat untuk kesehatan jiwa

RSJ Bangli Buka Layanan Melukat Untuk Kesehatan MentalLayanan yoga di RSJ Provinsi Bali di Bangli. (Dok.IDN Times/RSJ Provinsi Bali)

Pelayanan kesehatan tradisional ini sebenarnya sudah ada di 12 RS Provinsi Bali. Namun uniknya, RSJ Bangli akan melayani melukat. Pelaksana Tugas (Plt) Direktur RSJ Bangli, dr Dewa Gde Basudewa, mengatakan nantinya pelaksanaan layanan kesehatan tradisional ini menyasar pasien umum. Nantinya pasien ini akan mendapatkan layanan kesehatan tradisional, setelah mendapat persetujuan dari dokter penanggung jawab. Cakupan layanan kesehatan tradisional ini meliputi:

  • Pelayanan yoga kesehatan, yang dilaksanakan oleh tiga terapis/pelatih yoga
  • Pelayanan hipnoterapi, yang dilaksanakan oleh dua terapis bersertifikat
  • Pelayanan akupunktur/akupresur, yang dilaksanakan oleh dua terapis bersertifikat
  • Pelayanan obat-obatan herbal/jamu-jamuan, yang dilaksanakan oleh tenaga perawat terlatih dan apoteker
  • Pelayanan melukat yang dilaksanakan oleh Jro Mangku Pura Tirta Ganapati RSJ Bangli.

“Sebenarnya secara umum, pelayanan kesehatan tradisional di RSJ Provinsi Bali, hampir sama dengan rumah sakit lainnya. Tapi yang membedakan, kami di RSJ Provinsi Bali ada layanan melukat,” ungkap Basudewa, Rabu (9/8/2023).

2. Pengobatan kesehatan tradisional untuk mengatasi susah tidur, hingga gangguan kecemasan

RSJ Bangli Buka Layanan Melukat Untuk Kesehatan MentalLayanan kesehatan tradisional di RSJ Provinsi Bali di Bangli. (Dok.IDNTimes/RSJ Provinsi Bali)

Basudewa menyebutkan, layanan kesehatan tradisional ini juga akan melayani berbagai keluhan gangguan kejiwaan. Misalnya susah tidur, gangguan kecemasan, dan kekhawatiran berlebih. Gejala itu, menurutnya sudah masuk dalam kategori gangguan jiwa. Namun ia menekankan, pelayanan kesehatan tradisional ini tetap ada pengawasan dan persetujuan dari dokter penanggung jawab.

“Sulit tidur ataupun gangguan kecemasan sudah masuk kategori ganggguan jiwa. Walaupun sehari-hari masih bisa beraktivitas seperti bekerja dan lainnya. Jika hendak mendapatkan penanganan, bisa dilayani di layanan kesehatan tradisional,” jelas dia.

3. Masih menyiapkan standar pelayanan operasional

RSJ Bangli Buka Layanan Melukat Untuk Kesehatan MentalPeresmian layanan kesehatan tradisional di RSJ Provinsi Bali di Bangli. (Dok.IDNTimes/RSJ Provinsi Bali)

RSJ Bangli masih dalam tahap menyiapkan kebijakan dan standar prosedur operasional sebelum layanan ini diberlakukan. Kajian juga sudah dilakukan oleh dokter spesialis untuk penerapan pelayanan kesehatan tradisional, khususnya bagi pasien yang sudah mendapatkan perawatan di RSJ Bangli.

Untuk diketahui, sudah ada 12 RS di Bali yang menerapkan pelayanan kesehatan tradisional. Terakhir, RSJ Bangli yang membuka layanan melukat untuk gangguan kejiwaan.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya