Tabanan Dapat Tambahan Kouta Gas LPG 3 Kg

Tambahan kouta untuk antisipasi kebutuhan hari raya Kuningan

Tabanan, IDN Times - Untuk menjaga keamanan stok gas 3 kilogram (kg) di Kabupaten Tabanan jelang hari raya Kuningan, masing-masing agen di Tabanan mendapatkan tambahan kouta.

Sejauh ini, ketersediaan liquefied petroleum gas (LPG) 3 kg di Tabanan terpantau normal dan belum ada laporan kelangkaan. Meski ada beberapa masyarakat yang mengaku sempat susah mencari elpiji 3 kg ini.

Baca Juga: Bali Stop Impor Benih Bunga, Gemitir Bali Sudamala Gantinya

1. Agen mendapatkan kouta tambahan dengan jumlah yang berbeda-beda

Tabanan Dapat Tambahan Kouta Gas LPG 3 KgTabung gas elpiji 3 kilogram (kg). (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Koordinator Agen LPG di wilayah Tabanan, Gusti Ngurah Siwa Genta mengatakan, hari raya Kuningan yang jatuh pada 12 Agustus 2023. Untuk antisipasi hari raya ini, masing-masing agen LPG di Tabanan mendapatkan tambahan kouta. "Masing-masing agen berbeda kouta tambahannya," ujarnya, Jumat (4/8/2023).

Siwa Genta mencontohkan tambahan kouta di salah satu agen LPG di Tabanan, yaitu PT Gadarata, dimana agen ini mendapatkan tambahan 2 LO. Sebagai informasi, 1 LO sama dengan 560 tabung.

"Tambahan jatah kouta ini cuma sekali saja. Agen mengutamakan distribusinya ke daerah yang kebutuhan penggunaan LPG nya meningkat sesuai wilayah agen masing-masing," ujarnya.

2. Belum ada laporan kelangkaan LPG 3 kg di Tabanan

Tabanan Dapat Tambahan Kouta Gas LPG 3 KgIlustrasi penambahan kuota gas elpiji 3 kilogram. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Hingga saat ini, kata Siwa Genta, belum ada laporan adanya kelangkaan LPG 3 kg di Kabupaten Tabanan. "Sampai saat ini masih aman," ujarnya.

Siwa Genta yang juga memiliki agen LPG, yaitu PT Gadarata. "Kuota normal di agen saya itu 2 LO per hari. Harga juga masih tetap dari agen ke pangkalan Rp16.000 per tabung. Kalo harga di pangkalan masih sesuai HET, yaitu Rp18.000 per tabung," ujarnya.

3. Masyarakat sempat susah mendapatkan gas 3 kg

Tabanan Dapat Tambahan Kouta Gas LPG 3 KgGas LPG. (dok. PT Pertamina Pesero)

Meski stok gas LPG dikatakan aman, namun masyarakat di Tabanan ada yang sempat kesulitan mendapatkan LPG 3 kg. Salah satunya warga yang membuka warung makan lalapan di desa Dauh Peken, Kecamatan Tabanan, Iin Wati (48).

"Sempat susah, terutama saat hari raya Galungan tiga hari lalu. Cari kemana-mana warung yang jual kosong. Dapat sih tapi lumayan jauh. Harganya Rp22.000 per tabung kalo di warung," ujar Iin.

Saat mendekati hari raya Kuningan, stok LPG 3 kg masih aman di warung-warung langganannya. "Kalau sekarang sih lancar. Di warung langganan sudah mulai ada," ujarnya.

Seorang pengusaha warung makanan di Desa Delod Peken, Kecamatan Tabanan, Ari Restu juga mengaku hal serupa. 

"Sudah punya langganan. Tetapi saat hari raya Galungan lalu sempat mandek pengiriman. Biasanya diantarkan dua hari sekali. Tetapi sudah lewat tiga hari belum dikirim. Saat ditelpon katanya stok kosong. Kalau sekarang sudah lancar lagi," ujarnya.

Meski demikian, harga LPG 3 kg di langganannya kini naik, menjadi Rp20.000 per tabung. "Naik seribu sih, tetapi masih lebih murah dari harga di warung," ujarnya.

Baca Juga: Gempa M 5,5 di Laut Jawa Terasa Hingga Bali, BMKG Imbau Masyarakat

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya