Comscore Tracker

Pedagang di Pasar Tradisional Tabanan Wajib Pakai Face Shield

Biar gak terjadi transmisi lokal

Tabanan, IDN Times - Untuk mencegah terjadinya transmisi lokal COVID-19 di pasar tradisional, selain mewajibkan pedagang memakai masker, mereka juga diwajibkan untuk memakai face shield.

Kebijakan ini sesuai keputusan rapat Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan (GTPP) COVID-19 Tabanan, Minggu (21/6) lalu. Seperti Pasar Pupuan sudah menerapkan kewajiban memakai face shield. Namun ada juga pedagang yang belum memakai face shield seperti di Pasar Pesiapan.

Baca Juga: Cara Membuat Face Shield Sendiri, Bahannya Gampang Dicari

1. Pembelian face shiled untuk pedagang dikoordinasikan oleh kepala pasar

Pedagang di Pasar Tradisional Tabanan Wajib Pakai Face ShieldPenjualan face shield di Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Kabid Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tabanan, Ni Wayan Primayani, mengatakan surat terkait penggunaan masker dan face shield  sudah disebar ke seluruh pasar. Aturan ini sesuai dengan arahan GTPP COVID-19 Tabanan pada rapat Minggu (21/6) lalu, yang mewajibkan pedagang memakai masker dan face shield.

Ia melanjutkan, latar belakang kebijakan ini adalah untuk mencegah adanya transmisi lokal COVID-19 di pasar tradisional. Pembelian face shield sendiri juga diserahkan kepada masing-masing pedagang untuk membeli secara mandiri.

"Nanti ada kepala pasar yang mengkoordinasikan jika pedagang tidak tahu di mana belinya. Tetapi untuk penyediaan face shield dilakukan mandiri," jelas Primayani, Jumat (26/6).

Belum ada sanksi apabila ada pedagang yang belum memakai face shield.

"Tidak ada ketentuan yang mengatur sanksi. Jadi bagi pedagang yang tidak memakai face shield meski saat ini diwajibkan, hanya dilakukan pemantauan dan diingatkan untuk memakai," ujar Primayani.

Baca Juga: Rapid Test di Tabanan Gratis Khusus Pelaku Perjalanan, Ini Syaratnya

2. Pasar Pupuan sudah menerapkan wajib pakai face shield

Pedagang di Pasar Tradisional Tabanan Wajib Pakai Face ShieldPedagang di pasar Pupuan memakai face shield (Dok.IDN Times/Istimewa)

Satu pasar yang sudah menerapkan pemakaian face shield adalah Pasar Pupuan. Camat Pupuan, Putu Agus Hendra Manik, menjelaskan para pedagang mulai menerapkan face shield sejak Senin (22/6) lalu. Bahkan ada pula pedagang yang menggunakan plastik pembatas. Para pedagang ini, membeli face shield  secara mandiri.

"Mereka belinya mandiri, karena sadar akan situasi pandemik,” katanya.

Baca Juga: Hari Pertama PPDB Online SMP Tabanan, Ada Berkas yang Ditolak

3. Pedagang di Pasar Pesiapan mengaku belum ada imbauan wajib pakai face shield

Pedagang di Pasar Tradisional Tabanan Wajib Pakai Face ShieldPedagang di Pasar Pesiapan, Tabanan (IDN Times/Wira Sanjiwani)

Sementara itu pedagang di Pasar Pesiapan, pada Jumat (26/6) lalum belum ada yang memakai face shield. Mereka hanya memakai masker saja. Seorang pedagang Pasar Pesiapan, Putu Suri, mengaku belum mendapatkan imbauan untuk memakai face shield.

"Belum ada imbauan untuk pakai. Tapi saya dengar di pasar lain seperti di Pasar Kediri sudah pada pakai," ujarnya.

Ia mengaku akan siap memakai face shield jika sudah ada imbauan.

"Palingan tidak pakai face shield yang nutup muka itu. Saya mau beli kacamata yang bening itu," ungkapnya.

Topic:

  • Ni Ketut Wira Sanjiwani
  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya