Ditemukan Batu Diduga Lingga Yoni di Areal Wisata Kayu Putih

Sebelumnya di areal yang sama ditemukan mangkuk berdengung

Tabanan, IDNTimes- Sekali lagi sebuah objek unik ditemukan di areal wisata Kayu Putih, Banjar Bayan, Desa Tua, Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan. Jika sebelumnya ditemukan mangkuk berdengung,  kali ini ditemukan batu bolong dan batu kecil berbentuk lonjong. 

Batu yang diduga lingga yoni ditemukan saat piodalan di Pura Babakan, Selasa (18/7/2023) yang berlokasi di area wisata Kayu Putih.  Saat ini batu tersebut sudah disucikan dan dilinggihkan di Pura Babakan.

1. Batu ditemukan bertepatan dengan piodalan Pura Babakan

Ditemukan Batu Diduga Lingga Yoni di Areal Wisata Kayu PutihPura Babakan yang berlokasi di banjar Bayan, Desa Tua, Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan (IDNTimes/Wira Sanjiwani)

Ketua Pengelola Wisata Kayu Putih, I Made Kurnia mengatakan batu yang diduga lingga yoni ini ditemukan  bertepatan piodalan di Puta Babakan atau Pura yang ada di areal wisata Kayu Putih pada Selasa (18/7/2023). "Sekitar pukul 13.00 wita, batu ini terlihat tertanam di halaman sebelah timur Pura Babakan tepatnya dibawah akar dari pohon kayu putih.  Saat ditemukan tengah berlangsung upacara pemelaspasan beji Pura Babakan," ujar Kurnia, Kamis (20/7/2023).

Awalnya, pihaknya melihat batu biasa yang bentuknya mirip batu untuk  membuat bumbu.  Namun setelah sedikit digali rupanya benda tersebut berbentuk batu bolong. Bahkan didekat lokasi temuan juga ditemukan batu kecil berbentuk lonjong semacam Yoni. 

2. Telah dilakukan upacara pembersihan

Ditemukan Batu Diduga Lingga Yoni di Areal Wisata Kayu PutihPohon Kayu Putih di Banjar Bayan, Desa Tua, Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan. (IDN Times/Wira Sanjiwani)

Kurnia melanjutkan batu yang ditemukan tertanam sebelah timur Pura Babakan tepatnya dibawah akar pohon kayu putih memiliki  beratnya hampir 7 kilogram. "Batu ini sudah kami letakkan atau linggihkan di Pura Babakan. Sebelumnya sudah dilakukan upacara prayascita (pembersihan)," ujarnya.

Meskipun belum diketahui asal-usul batu yang mirip lingga yoni ini, diharapkan penemuannya bisa  menambah daya tarik dari wisata Kayu Putih.  "Dengan penemuan objek unik ini, diharapkan akan menambah daya tarik wisata di Kayu Putih," ujar Kurnia.

3. Dinas Kebudayan berencana turun memeriksa pada Senin (24/7/2023)

Ditemukan Batu Diduga Lingga Yoni di Areal Wisata Kayu PutihPenemuan batu yang diduga Lingga Yoni di areal wisata Kayu Putih, Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan (Dok.IDNTimes/Istimewa)

Untuk memastikan apakah batu  yang bentuknya mirip dengan  lingga yoni ini benar lingga yoni dan merupakan benda bernilai pusaka, Dinas Kebudayaan Tabanan berencana turun untuk memeriksa pada Senin (24/7/2023). "Untuk memastikannya,  tim dari bidang cagar budaya akan turun pada Senin (24/7/2023)," Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Tabanan, I Made Yudiana.

Penemuan bena sejenis pusaka pernah ditemukan di Kayu Putih sebelumnya. Dimana pada bulan Mei 2023 lalu sebuah objek berbentuk mangkuk berwarna putih yang dilengkapi dengan pemukulnya ditemukan di areal wisata Kayu Putih. Benda ini juga ditemukan di sebelah timur pohon tua yang berusia ratusan tahun. Uniknya, saat diputar benda itu mengeluarkan suara berdengung dan menggema. Mangkuk berdengung ini kemungkinan adalah pusaka Bajera Uter yang masuk ke dalam dugaan cagar budaya berupa benda.

Topik:

  • Silfa Humairah Utami

Berita Terkini Lainnya