Comscore Tracker

15 Ribu KK Miskin Tabanan Diusulkan Dapat Bantuan STB

Kamu udah beralih ke STB belum?

Tabanan, IDN Times - Pemerintah secara bertahap akan menghapus siaran TV analog dan beralih ke siaran TV digital. Supaya bisa menangkap siaran TV digital di TV analog, maka memerlukan bantuan set top box (STB). Harga alat ini sebesar Rp200 ribu per unit di pasaran. Harga tersebut, bagi keluarga miskin, tidak terjangkau.

Untuk tetap memberikan informasi dan hiburan bagi keluarga miskin di tengah peralihan siaran TV analog ke digital, Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Tabanan memberikan bantuan kepada Kepala Keluarga (KK) miskin di Tabanan berupa bantuan STB.

Baca Juga: Viral! Turis Asing Duduk di Pelinggih Pura Teratai Bang Tabanan

1. Ada 15.102 KK penerima bantuan

15 Ribu KK Miskin Tabanan Diusulkan Dapat Bantuan STBunsplash.com/ZachVessels

Kabid Pengelolaan Informasi dan Saluran Komunikasi Publik Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Tabanan, I Made Andi Suryawan, mengatakan ada 15.102 KK di Kabupaten Tabanan yang akan mendapatkan bantuan STB, yaitu alat untuk menangkap siaran TV digital.

"Bantuan ini diberikan dalam rangka penerapan kebijakan pemerintah yang akan menghapus siaran TV analog. Sudah diusulkan ke Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bulan lalu," ujarnya, Senin (3/10/2022).

Suryawan melanjutkan, KK yang diusulkan merupakan kategori keluarga miskin berdasarkan data Pensasaran, Percepatan, Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE) dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Tabanan.

Baca Juga: Minim Anggaran, Layanan Tera Ulang di Tabanan Tidak Maksimal

2. Kecamatan Selemadeg Barat dan Kecamatan Penebel sudah mendapatkan bantuan STB lebih dulu

15 Ribu KK Miskin Tabanan Diusulkan Dapat Bantuan STBSelamat JalanTV Analog

Suryawan menjelaskan, STB adalah alat konversi sinyal digital menjadi gambar dan suara yang dapat ditampilkan ke TV analog biasa. Sementara TV digital atau layar datar tidak memerlukan STB.

Sebenarnya, lanjut Suryawan, KK miskin di wilayah Kecamatan Selemadeg Barat dan Kecamatan Penebel sudah mendapatkan bantuan STB lebih dulu dari lembaga swasta.

"Hanya saja tidak semuanya dapat. Masing-masing kecamatan ini baru sekitar 500 KK yang menerima bantuan STB ini," jelasnya.

3. KK miskin akan tetap mendapatkan informasi dan hiburan dari siaran TV

15 Ribu KK Miskin Tabanan Diusulkan Dapat Bantuan STBSeorang warga mencoba melakukan pemasangan Set Top Box (STB) saat uji coba survei kesiapan masyarakat beralih ke siaran TV Digital. (Dok. Kominfo)

Bantuan STB diharapkan agar KK miskin ini tetap mendapatkan informasi dan hiburan siaran TV. STB ini mudah ditemukan di pasaran, namun harganya sekitar Rp200 ribu per unit. Ia mengharapkan bantuan STB dari Kominfo bisa segera disalurkan. Pihaknya baru berkoordindasi dengan Kominfo untuk mengatasi daerah yang mengalami blank spot meskipun STB sudah dipasang.

"Jika bantuan diterima, maka akan langsung dibagikan ke penerima melalui desa," jelasnya.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya