Bakal Kunjungi Pasar Baturiti, Jokowi Dihidangkan Pia Khas

Pasar di Tabanan ini sedang berbenah. Jalannya juga ditambal

Tabanan, IDN Times - Presiden Republik Indonesia (RI), Joko "Jokowi" Widodo, melakukan kunjungan kerja ke Bali. Ia bersama rombongannya tiba di Bali, Rabu (1/2/2023) sore. Satu lokasi kunjungan kerjanya adalah Pasar Baturiti di Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, pada Kamis (2/2/2023).

Berbagai persiapan telah dilakukan, mulai dari menyiapkan personel pengamanan, tes swab kepada para pedagang di Pasar Baturiti, hingga penambalan lubang di pelataran parkirnya.

Baca Juga: Tabanan Masih Ada Kasus Kusta Setiap Tahun

1. Pedagang di Pasar Baturiti menjalani tes swab

Bakal Kunjungi Pasar Baturiti, Jokowi Dihidangkan Pia KhasPedagang Baturiti menjalani tes swab Rabu (1/2/2023) (Dok.IDN Times/Istimewa)

Danramil 1619-07/Baturiti, Kapten Inf Nyoman Arya Kepakisan, mengatakan para pedagang di Pasar Baturiti telah menjalani tes swab, Rabu (1/2/2023). Penyedianya adalah pihak Puskesmas Baturiti I sebanyak 200 alat rapid test.

"Hasilnya semua yang dites negatif COVID-19," ujarnya, Rabu (1/2/2023).

Seorang pedagang di Pasar Baturiti, Made Asti, mengaku diminta untuk stand by di kios masing-masing pada pukul 07.00 Wita.

"Iya ada arahan untuk besok menggunakan pakaian adat dan tadi juga sudah mengikuti swab. Hasilnya saya sehat, jadi boleh jualan besok," jelas pedagang buah asal Bedugul ini.

Pasar Baturiti sendiri memiliki 183 unit los, 87 unit kios, dan jumlah pedagang yang menggunakan mobil sebanyak 17 unit. Sedangkan aktivitas pasar malam (pasar senggol) sebanyak 20 unit lapak pedagang.

2. Jokowi akan dihidangkan pia khas Baturiti

Bakal Kunjungi Pasar Baturiti, Jokowi Dihidangkan Pia KhasPenambalan lubang di Pasar Baturiti, Rabu (1/2/2023). (Dok.IDN Times/Istimewa)

Bupati Tabanan, I Komang Gede Sanjaya, menyebutkan Jokowi hanya 20 menit berada di Pasar Baturiti. Meski demikian, ia sudah melakukan berbagai persiapan terkait kunjungan singkat ini. Satu di antaranya akan menghidangkan pia khas Baturiti.

"Mudah-mudahan Pia Baturiti ini bisa go national," harapnya.

Sementara itu dari pantauan di Pasar Baturiti, sejumlah pekerjaan nampak dilakukan. Yaitu menambal jalan yang berlubang di pelataran parkiran untuk mengindari adanya kubangan air jika turun hujan. Dalam kunjungannya nanti, Jokowi akan menyerahkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) pada 100 pedagang.

3. Pedagang antusias menunggu kedatangan Jokowi

Bakal Kunjungi Pasar Baturiti, Jokowi Dihidangkan Pia KhasPemantauan persiapan pedagang di Pasar Baturiti, Rabu (1/2/2023). (Dok.IDN Times/Istimewa)

Kepala Pasar Baturiti, Ketut Suardana, berujar aktivitas di lokasi akan berjalan normal seperti biasa selama kunjungan itu. Pedagang rencananya memakai pakaian adat madya.

"Saya bersyukur Presiden Jokowi berkunjung ke Pasar Baturiti. Pedagang  sudah siap menyambut Jokowi," katanya.

Seorang pedagang, Ni Ketut Sulastri (56), mengaku senang akan melihat Jokowi yang mengunjungi Pasar Baturiti. Ia biasanya melihat Presiden di televisi (TV) dan menunggu kesempatan bisa bertemu langsung.

"Ini pertama kali Pak Presiden  berkunjung ke Pasar Baturiti. Besok harus semangat. Siapa tahu bisa dapat salaman," terangnya.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya