Pelayanan dan Penegakan Hukum Polda Bali Dimonitor Kompolnas

Dilakukan saat kunjungan kerja ke Polda Bali

Denpasar, IDN Times - Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) melakukan kunjungan kerja ke Kepolisian Daerah Polda Bali, pada Rabu (30/11/2022). Kunjungan kerja ini disambut oleh Kapolda Bali, Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra, dengan didampingi pejabat utama Polda Bali di Gedung Rupatama.

Dalam kesempatan tersebut diungkapkan bahwa wilayah hukum Polda Bali saat ini aman dan kondusif. Benarkah?

Baca Juga: Para Pencetak Anjing Pelacak di Polda Bali, Harus Jalin Chemistry

1. Polisi harus mengedepankan tugas preemtif, preventif, dan antisipasi

Pelayanan dan Penegakan Hukum Polda Bali Dimonitor KompolnasKomisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) mengunjungi Polda Bali. (Dok.IDN Times/Polda Bali)

Kunjungan Tim Kompolnas yang dipimpin langsung oleh Drs. Pudji Hartanto Iskandar tersebut dalam rangka memonitoring kinerja dalam hal pelayanan kepada masyarakat dan langkah-langkah penegakan hukum yang dilaksanakan di Polda Bali.

Ia menekankan bahwa polisi harus mengedepankan tugas preemtif, preventif, dan antisipasi. Ia mewanti-wanti agar jangan sampai muncul hal-hal yang negatif, yang dapat membuat citra Polri menjadi jelek di mata masyarakat.

“Masalah strategi-strategi trobosan kreatif yang sudah dilakukan Polda Bali agar dimanfaatkan betul untuk memelihara keamanan Kamtibmas di Bali,” ungkapnya.

2. Polda Bali dan jajaran lakukan inovasi dan program unggulan

Pelayanan dan Penegakan Hukum Polda Bali Dimonitor KompolnasKomisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) mengunjungi Polda Bali. (Dok.IDN Times/Polda Bali)

Kapolda Bali mengungkapkan bahwa hingga saat ini situati Kamtibmas di wilayah Bali relatif aman dan kondusif, tidak ada konflik sosial maupun sara. Begitu pula untuk ketahanan pangan serta harga kebutuhan pokok masih tetap stabil.

“Di Bali, setiap tahunnya selalu menghadapi event nasional maupun internasional seperti rangkaian hingga puncak KTT G20 yang digelar beberapa waktu lalu. Dalam waktu dekat ini di Bali juga akan diselenggarakan event Bali Democracy Forum (BDF) 2022,” ujar Kapolda Bali.

Polda Bali dan jajaran juga melakukan inovasi dan program unggulan untuk memudahkan masyarakat mendapatkan pelayanan. Program itu di antaranya Si Jalak Bali, Wayan Polairud, Satpas SIM  Polres Karangasem, Orti Polres Gianyar, Polisi Bersemi, Patroli Tangkal Presisi, dan SIM Booster Polres Jembrana.

3. Polda Bali mengedepankan Restorative Justice

Pelayanan dan Penegakan Hukum Polda Bali Dimonitor KompolnasPolda Bali (IDN Times/Ayu Afria)

Putu Jayan Danu menerangkan bahwa kasus kriminal di wilayah hukum Polda Bali selama periode bulan Januari sampai dengan Oktober 2022 sebanyak 3.445 kasus. Dalam penanganan sejumlah kasus tersebut, Polda Bali mengedepankan Restorative Justice.

“Di Bali kami bersinergi dengan stakeholder terkait membentuk Sipandu Beradat. Perlu diketahui Sipandu Beradat merupakan perpanjangan tangan Polri dalam menjaga dan keamanan di lingkungan sekitar,” ungkapnya.

Topik:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya