Comscore Tracker

ODGJ Ubrak-abrik Warung di Buleleng, Masuk saat Dini Hari  

Kasus ini sudah diselesaikan oleh Sipandu Beradat

Buleleng, IDN Times – Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ), bernama Ledeh (25), asal Dusun Buluh Winangun, Desa Tianyar, Kabupaten Karangasem, membuat geger pemilik warung di Desa Sambirenteng, bernama I Gede Wijaya (55).

Ledeh mengubrak-abrik tempat persembahyangan di warung tersebut pada Kamis (22/9/2022), pukul 03.00 Wita. 

Baca Juga: Polda Bali Tangkap Pelaku Sanggama di Mobil, Video Viral di Twitter

1. Warung milik korban menyala sehingga memancing kecurigaan

ODGJ Ubrak-abrik Warung di Buleleng, Masuk saat Dini Hari  Pertemuan di ruang SPKT Polsek Tejakula antara pemilik warung dan ODGJ. (Dok.IDN Times/Polsek Tejakula)

Kapolsek Tejakula, AKP Ida Bagus Astawa, mengungkapkan pemilik warung saat itu curiga lampu warungnya dalam kondisi menyala. Saat dilakukan pengecekan, didapati ODGJ tersebut masuk ke dalam warung dan langsung menyalakan lampu warung.

"Saat dilakukan pengecekan warung, melihat lampu warung menyala dan diketahui saudara Ledeh sudah ada di dalam warung sambil minum kopi sehingga membuat pemilik warung merasa terganggu," jelasnya.

2. Selain ngopi, ODGJ tersebut mengubrak-abrik tempat persembahyangan

ODGJ Ubrak-abrik Warung di Buleleng, Masuk saat Dini Hari  Foto hanya ilustrasi. (IDN Times/Imam Rosidin)

Ledeh diketahui juga mengubrak-abrik tempat persembahyangan (pelangkiran) yang ada di dalam warung. Karena merasa terganggu dan ketakutan, pemilik warung kemudian melapor kepada Kasi Trantib Satuan Polisi Pamong Praja, I Ketut Mastrika. Aduan ini lalu diteruskan kepada Bhabinkamtibmas Desa Sambirenteng.

Pada Kamis (22/9/2022), pukul 09.00 Wita, dilakukan pertemuan di ruang SPKT Polsek Tejakula. Dari pertemuan tersebut baru diketahui bahwa saudara Ledeh mengalami gangguan jiwa. Hal tersebut disampaikan oleh pihak keluarganya yang bernama Ketut Karpa.

"Komponen yang ada dalam Sipandu Beradat melakukan pertemuan untuk dapat menyelesaikan permasalahan tersebut," jelas AKP Ida Bagus Astawa.

3. Ledeh diserahkan kepada pihak keluarga

ODGJ Ubrak-abrik Warung di Buleleng, Masuk saat Dini Hari  Foto hanya ilustrasi. (pexels.com)

Setelah diketahui bahwa Ledeh merupakan ODGJ, akhirnya pemilik warung tidak mempermasalahkannya. Korban meminta agar masalah tersebut dapat diselesaikan melalui forum Sipandu Beradat.

Ledeh lalu diantar oleh Bhabinkamtibmas Aiptu Wayan Darmawan dengan Brigadir Gede Herry kepada pihak keluarganya di Dusun Buluh Winangun, Desa Tianyar, Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem.

"Diterima langsung pamannya yang bernama Nyoman Mangku Sari. Polsek Tejakula mengantarkan dan mengembalikannya kepada pihak keluarga untuk dapat dilakukan pengawasan dan penanganan selanjutnya oleh pihak keluarga," ucapnya.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya