Comscore Tracker

Nelayan Asal Karangasem yang Hilang Ditemukan Selamat di Nusa Penida

Diselamatkan oleh nelayan Jungut Batu

Karangasem, IDN Times – Nelayan asal Banjar Dinas Bunutan, Desa Abang, Karangasem bernama Nyoman Cenik (45) akhirnya ditemukan dalam keadaan selamat pada Jumat (10/7/2020). Korban sempat dikabarkan hilang setelah jukungnya terbalik di Perairan Utara Bunutan pada Kamis (9/7/2020). Korban selamat setelah berhasil ditolong oleh nelayan lain. 

1. Korban sempat menitipkan handphone dan celananya kepada saksi pertama

Nelayan Asal Karangasem yang Hilang Ditemukan Selamat di Nusa PenidaIDN Times/Lia Hutasoit

Menurut keterangan dari Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Basarnas Bali) Gede Darmada, ketika kejadian saksi pertama sempat melihat korban. Saat itu korban menitipkan handphone dan celananya kepada saksi.

Oleh saksi, korban diajak untuk naik ke jukungnya, namun tawaran tersebut ditolak lantaran korban memilih untuk menyelamatkan jukungnya yang terbalik. Ternyata saksi juga menolak menolong korban untuk menyelamatkan jukung korban saat itu. Hingga akhirnya saksi kembali ke daratan dan mengabarkan kejadian tersebut ke petugas SAR (Search and Rescue).

"Saksi mata pertama saat itu memang melihat jukung korban terbalik dan ia (korban) masih bertahan di atas jukung serta menitipkan HP serta celananya," jelas Darmada.

Baca Juga: Jukung Nelayan di Desa Abang Karangasem Terbalik, Korban Tak Ditemukan

2. Korban yang berusaha bertahan di jukungnya diselamatkan oleh nelayan Jungut Batu

Nelayan Asal Karangasem yang Hilang Ditemukan Selamat di Nusa PenidaIlustrasi nelayan melaut ( ANTARA FOTO/Adeng Bustomi)

Korban yang berjibaku sendirian untuk menyelamatkan jukungnya tersebut kemudian bertemu dengan nelayan (saksi kedua) asal Kusamba, Klungkung pukul 05.30 Wita di hari kejadian. Kemudian korban dibawa ke perairan Pantai Jungut Batu, Nusa Penida, Klungkung pada Jumat (10/7/2020). Jukung korban pun sudah dalam kondisi rusak parah.

“Tim SAR yang berada di pos (Nusa Penida) sana yang mengabarkan bahwa korban sudah ditemukan dalam kondisi selamat oleh nelayan lainnya,” jelasnya.

Baca Juga: Hati-hati Semeton! Satu Warga Desa Canggu Terseret Arus Pantai Berawa

3. Korban dievakuasi menuju Pantai Kusamba oleh Tim SAR Gabungan

Nelayan Asal Karangasem yang Hilang Ditemukan Selamat di Nusa PenidaProses pencarian dan evakuasi nelayan yang jukungnya terbalik. (Dok.IDN Times/Humas Basarnas Bali)

Usai dikabarkan selamat dan pencarian resmi dihentikan, pada Jumat (10/7/2020) sekitar pukul 08.30 Wita Tim SAR Gabungan mengevakuasi korban di Pantai Kusamba, Klungkung.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, korban berangkat melaut pada Kamis (9/7/2020) pukul 04.30 Wita dari Pantai Bunutan. Seorang nelayan menemukan korban dan jukungnya terbalik di Perairan Utara Bunutan.

Sebanyak tujuh orang personel Pos SAR Karangasem menuju lokasi dan langsung melakukan pencarian. Dengan menggunakan RIB (Rigid Inflatable Boat) tim gabungan menyisir di area penemuan jukung. Namun keberadaan korban saat itu belum diketahui.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya