Australia Sumbang Turis Terbanyak ke Bali

Pulau Bali dianggap sebagai rumah kedua bagi turis Australia

Badung, IDN Times – Sebanyak 48.000 Warga Negara Asing (WNA) asal Australia tercatat melakukan perjalanan ke Pulau Bali pada Mei 2022. Angka tersebut menempatkan Australia sebagai penyumbang turis tertinggi di Pulau Bali.

Kemudian disusul oleh Britannia Raya sebanyak 15.341 orang dan India sebanyak 14.932 orang. Data tersebut diungkap saat penyambutan maskapai asal Australia yakni Virgin Australia yang kembali beroperasi menuju Bali pada Rabu (15/6/2022) malam.

Baca Juga: Pariwisata Pulih! Bali Terima Hampir 6 Ribu Turis Asing dalam Sehari 

1. Sudah ada 3 maskapai dari Australia yang terbang ke Bali

Australia Sumbang Turis Terbanyak ke BaliVirgin Australia kembali beroperasi ke Bali pada Rabu (15/6/2022). (Dok.IDN Times/Humas INGR)

General Manager Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Handy Heryudhitiawan, mengungkapkan dengan beroperasinya kembali Virgin Australia pada Rabu (15/6/2022) pukul 22.50 Wita ke Bali, diharapkan menjadi sinyal positif bagi kebangkitan sektor pariwisata Bali. Langkah ini diharapkan dapat memantik maskapai-maskapai lain untuk kembali mulai beroperasi.

“Sebelumnya kami telah melayani dua maskapai asal Australia yaitu Jet Star Airways dan Qantas dengan rute ke berbagai kota di Australia. Dengan kembalinya Virgin Australia, diharapkan dapat semakin meningkatkan lalu lintas udara antara Australia dan Indonesia,” ungkapnya pada Kamis (16/6/2022).

2. Virgin Australia membawa penumpang lebih dari seratus orang

Australia Sumbang Turis Terbanyak ke BaliVirgin Australia kembali beroperasi ke Bali pada Rabu (15/6/2022). (Dok.IDN Times/Humas INGR)

Virgin Australia beroperasi setiap hari di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai dan melayani rute penerbangan menuju Sydney, Brisbane, dan Melbourne. Maskapai dengan nomor penerbangan VA063 itu mendarat di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Kabupaten Badung, pukul 22.50 Wita, dengan mengangkut 155 penumpang.

Setelah mendarat di Bali, pesawat tersebut lalu kembali terbang menuju Sydney pada pukul 23.50 Wita dengan mengangkut 120 penumpang.

3. Australia memiliki pengaruh besar terhadap sektor pariwisata di Pulau Dewata

Australia Sumbang Turis Terbanyak ke BaliVirgin Australia kembali beroperasi ke Bali pada Rabu (15/6/2022). (Dok.IDN Times/Humas INGR)

Dengan beroperasinya kembali Virgin Australia, Gubernur Provinsi Bali, I Wayan Koster mengakui bahwa Australia merupakan negara yang memiliki pengaruh besar terhadap sektor pariwisata di Pulau Dewata.

Australia termasuk negara yang memiliki rute internasional terbanyak di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai. Hingga saat ini, terdapat 9 rute menuju Australia yang dilayani oleh beberapa maskapai, termasuk Jet Star Airways dan Qantas. Rute tersebut menuju ke enam kota besar di Australia yaitu Sydney, Melbourne, Brisbane, Darwin, Perth, dan Cairns.

“Jumlah WNA tertinggi di Pulau Bali saat ini didominasi oleh warga negara Australia. Untuk itu, sangat penting menjaga konektivitas antara Pulau Bali dan Australia karena Pulau Bali sudah menjadi rumah kedua bagi warga Australia,” ungkap Koster. 

Topik:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya