TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Tabanan Akan Bangun Tapal Batas Senilai Rp12 Miliar

Pembangunannya memakai bahu jalan nasional

Jalan di Kabupaten Tabanan (Dok.IDNTimes/Istimewa)

Tabanan, IDN Times - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tabanan segera membangun pintu masuk atau tapal batas di tiga titik masuk Kabupaten Tabanan. Anggarannya telah disiapkan sebesar Rp12 miliar.

Saat ini proses pembangunan sedang masuk ke tahap proses perizinan pembangunan ke Balai Jalan Nasional. Sebab pembangunan tapal batas ini menggunakan bahu jalan nasional.

1. Menunggu rekomendasi dari Balai Jalan Nasional

Kepala Dinas PUPRPKP ( Pekerjaan Umum, Penataan Ruang Perumahan Dan Kawasan Pemukiman) Tabanan, I Made Dedy Darmasaputra, mengatakan proses pembangunan tapal batas kini sedang memasuki proses perizinan di Balai Jalan Nasional. Ini karena tapal batas dibangun di bahu jalan nasional.

"Jadi sedang menunggu tanda tangan dari Balai Jalan Nasional untuk turunnya rekomendasi," ujarnya, Selasa (9/7/2024).

Rekomendasi dari Balai Jalan Nasional ini sangat diperlukan, supaya proyek pembangunannya bisa berkoordinasi dengan stakeholder lainnya seperti Dinas Perhubungan dan kepolisian untuk mekanisme pengerjaan proyeknya.

2. Tidak ada penutupan jalan

Ilustrasi jalan di Tabanan (Dok.IDNTimes/Humas Tabanan)

Dedy melanjutkan, dalam mekanisme pembangunan tapal batas ini nantinya akan dilakukan secara serentak di tiga titik. Selama pembangunan tidak akan dilakukan penutupan jalan atau pengalihan arus lalu lintas. Hal ini karena lokasi proyeknya berada di jalan nasional dan merupakan akses utama mobilitas masyarakat.

"Karena tidak ada mekanisme penutupan jalan atau pengalihan arus lalu lintas, maka proyek hanya akan dikerjakan pada malam hari, sehingga tidak mengganggu mobilitas masyarakat di jalan raya," ujar Dedy.

Berita Terkini Lainnya